Tips Menggemukan Ayam dengan Mudah

tips menggemukan ayam

Bagi para peternak ayam, melihat peliharaannya gemuk dan sehat tentunya akan sangat menyenangkan. Tapi karena tidak mengetahui tips menggemukan yang tepat, tetap saja ayam peliharaannya kurus dan kurang berdaging. Sebenarnya hal ini mudah untuk diatasi, jika penanganannya tepat hanya dibutuhkan waktu seminggu sampai Ayam peliharaan tersebut jadi gemuk.

Berikut adalah tips menggemukan ayam, termasuk juga bagi ayam bangkok yang bisa teman-teman coba.

Tips menggemukan Ayam Usia dibawah 5 bulan

Untuk ayam yang usianya dibawah 5 bulan, caranya cukup mudah. Yang perlu dilakukan adalah sejak ayam menetas sampai umurnya 5 bulan, jangan pernah memisahkan anak-anak ayam tersebut dengan anak satu tetasannya, karena jika anak-anak ayam tersebut tetap bersama dengan saudara satu tetasannya, anak-anak ayam tersebut akan selalu terpacu untuk terus berebut makanan dengan saudara satu tetasannya, sehingga otomatis anak ayam tersebut akan gemuk dan cepat besar.

Tips menggemukan Ayam Usia diatas 5 bulan

Dan ketika umur ayam tersebut sudah sampai lima bulan, kita sebaliknya harus memisahkan anak-anak ayam tersebut ke dalam kandang sendiri-sendiri. Ini karena di usia, ayam jantan sudah menunjukan dominasinya dan tidak segan menyakiti ayam lain ketika berebut makanan. Ayam jantan tidak akan segan-segan untuk mematuk dan mengejar ayam lainnya, jika dibiarkan maka anakan ayam peliharaan yang lainnya tidak akan bisa berkembang dengan baik karena terluka secara fisik maupun mentalnya.

Baca Juga  Kiat Praktis Merintis Bisnis Peternakan Ayam yang Keuntungannya Besar

Jika tetap saja kurus meski sudah dipisiahkan maka kita bisa menambahkan tips dibawah ini. Yang pertama mandikan dan jemurlah ayam sampai bulu-bulunya kering, lalu masukkanlah ayam tersebut ke dalam kandang box. Berikan obat cacing pada ayam, waktu pemberian obat cacing ayam yang tepat adalah pada pagi hari ketika tembolok ayam masih kosong belum terisi apa-apa.

perawatan ayam aduan
perawatan ayam aduan

Yang perlu diingat setelah ayam diberi obat cacing, adalah jangan memberikannya makan minimal satu jam. Ini bertujuan agar obat cacing tersebut dapat diserap oleh usus dan pencernaan ayam dengan maksimal. Lalu untuk pakannya, berilah pakan Pur 594 pada waktu pagi sore dan malam hari dengan porsi yang sekenyang-kenyangnya.

Sebagai suplemen penambah, berikan minyak ikan dua butir sehari setelah ayam makan di waktu malam hari sebelum ayam tidur. Yang tidak kalah pentingnya adalah pastikan selalu terdapat air minum yang cukup di dalam kandang. AKita bisa menambahkan gula putih atau gula merah kedalam satu liter air minumnya tersebut.

Baca Juga  Tips Mengatasi Nafsu Makan Berkurang Pada Ayam Bangkok Aduan

Jika tips ini dilakukan dengan benar dan rutin selama seminggu penuh, bobot ayam bisa dipastikan akan bertambah antara sekitar 1kg sampai 1,5kg. Ayam yang gemuk akan sangat menguntungkan untuk dijual, selain itu juga sehat sehingga lebih menyenangkanuntuk dilihat jika pada ayam aduan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *