Manfaat Gigi Palsu dan Tips Cara Membersihkannya

senyum gigi palsu
pexels.com

Gigi palsu tidak hanya bermanfaat secara estetik karena mampu meningkatkan penampilan dengan senyum yang lebih indah. Lebih dari itu, gigi palsu dapat membantu kita bisa bicara dengan lebih jelas karena menopang struktur di sekitar pipi dan bibir. Gigi palsu juga memungkinkan kita untuk bisa mengunyah makanan sehingga bisa mendapat nutrisi yang dibutuhkan.

Dan yang seringkali dialami adalah gigi palsu merupakan solusi yang tepat untuk menggantikan gigi yang menyebabkan rasa sakit yang serius dan masalah kesehatan mulut. Gigi yang sakit dicabut, dan kemudian gigi palsu menggantikannya dengan lebih kuat dan juga terlihat bagus. Gigi palsu biasanya terbuat dari akrilik (plastik) atau logam. Gigi palsu saat ini semakin terlihat alami mendekati tampilan gigi asli sehingga sulit dibedakan jika terlihat secara sepintas.

Mengenal Gigi Palsu

Ada dua jenis gigi palsu berdasarkan bentuknya, yakni Gigi palsu ‘lengkap‘, ini adalah gigi palsu yang menggantikan semua gigi asli baik di rahang atas juga rahang bawah. Dan bentuk lainnya adalah gigi palsu ‘sebagian‘, ini biasanya mengisi celah yang ditinggalkan oleh gigi yang copot. Gigi palsu sebagian menempel dengan cara diikat ke gigi asli dengan penjepit logam atau ‘perekat’.

Baca Juga  Hari Kesehatan Mental Sedunia, Sejarah Tema dan Maknanya

Dan yang terkini adalah implan gigi. Implan gigi adalah gigi palsu permanen yang dipasangkan ke tulang rahang dan dapat digunakan untuk mengganti sejumlah gigi. Bagian-bagiannya terdiri dari implan itu sendiri, batang logam (biasanya titanium), dan bagian gigi palsunya. Prosedur ini lebih umum untuk dilakukan pada gigi rahang bawah karena rahang atas memiliki pemasangan yang lebih rumit, walaupun tentunya ada juga yang memasang pada keduanya.

Tips dalam Merawat gigi palsu

tips dalam merawat gigi palsu
pexels.com

Sebagaimana layaknya gigi asli, gigi palsu juga perlu untuk dirawat sehingga dapat dipakai lebih awet dan tetap terlihat bersih. Karena meskipun gigi palsu terbuat dari gigi tiruan, bakteri, plak, dan karang gigi masih bisa menumpuk di atasnya dan dapat merusak gigi dan gusi yang ada.

Tips dalam merawat gigi palsu tidaklah sama, bagi gigi palsu keseluruhan yang bisa dilepas pasang bisa dirawat dengan cara melepas gigi palsu di malam hari dan membiarkannya direndam sampai bersih sebelum digunakan lagi keesokan harinya. Juga lakukan sikat seluruh gigi palsu dengan sikat gigi yang sangat lembut menggunakan pembersih khusus. Jangan gunakan pasta gigi biasa karena dapat merusak dan mengikis bahan gigi palsu.

Baca Juga  Ciri-ciri Pengidap Penyakit Gagal Ginjal yang Harus Diketahui

Sementara gigi palsu permanen karena tidak bisa dilepas pasang setiap hari. Maka menyikat gigi secara teratur akan menjaganya tetap bersih dan membantunya mempertahankan warnya tetap putih. Berkumur dengan obat kumur juga bisa dilakukan untuk mengeliminasi sebagian besar bakteri di mulut, serta bakteri yang terkumpul di permukaan gigi palsu. Ini akan membuat senyum kita terlihat cerah dan bersih.

Penyesuaian Saat pertama Kali Memakai Gigi Palsu

Saat pertama kali memakai gigi palsu ini akan sedikit terasa tidak nyaman dan membutuhkan penyesuaian. Pilihlah makanan lunak pada tahap-tahap awal ini, berhati-hatilah untuk mengunyah pada kedua sisi mulut secara merata. Secara bertahap, ketika nyaman dengan gigi yang baru itu kita bisa mulai mencoba lebih banyak variasi tekstur makanan. Namun, makanan yang lengket dan terlalu kenyal harus dibatasi. Berbicara juga merupakan sesuatu yang membutuhkan latihan pada awalnya, tetapi akan terasa lebih mudah seiring waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *