Mengulas Tentang Penyebab Ruam Popok dan Cara Mengatasinya

Wednesday, November 21st, 2018 - Kesehatan

Bayi memiliki kulit yang sensitif disebabkan pemakaian popok, makanan, penggunaan sabun, sampo, lotion dan deterjen, bakteri pada pakaian, air yang kurang bersih, debu dan udara yang kurang bersih. Untuk merawat kulit bayi yang sensitif maka gunakan produk yang tepat dan hindari menggunakan wewangian penyebab reaksi kulit alergi dan iritasi. Gunakan produk sabun dan sampo secukupnya dan sebaiknya memandikan bayi dua sampai tiga kali sehari. Untuk iritasi akibat popok dapat menggunakan diaper cream bayi dari sleek baby yang mengandung Hypoallergenic dan Dermatology tested yang tidak menimbulkan reaksi alergi dan iritasi.

mengatasi ruam popok

Berikut adalah penyebab ruam popok diantaranya:

●Terlalu lama mengganti popok yang sudah penuh dengan kotoran sehingga bakteri dibiarkan bersarang dan memicu iritasi pada kulit yang masih sensitif.
●Diaper terlalu ketat dan bisa terjadi karena bayi menggunakan ukuran lama sehingga perlu diperhatikan tabel ukuran dan berat dalam memilih ukuran diaper.
●Iritasi karena sabun ataupun bedak.
●Kulit sensitif sehingga mudah terkena ruam akibat penggunaan popok.
●Adanya infeksi bakteri dan jamur karena kulit yang tertutup diaper cenderung lembab sehingga bakteri dan jamur berkembang menjadi lebih besar.

Untuk mengatasi ruam diaper dapat melakukan beberapa langkah seperti mengganti diaper 3-4 jam sekali. Membersihkan bokong bayi lalu mengeringkan dan didiamkan sebentar agar kulit bernapas sebelum menggunakan popok. Hindari penggunaan bedak dan tisu basah pada bokong terutama tisu basah yang mengandung alkohol dan pewangi yang dapat menjadi penyebab iritasi kulit. Memakai diaper jangan terlalu ketat karena jika ketat sebaiknya mengganti ukuran dan oleskan krim khusus ruam diaper.

Sabun bayi yang aman dengan memilih sabun mandi tanpa bahan peppermint, ammonia, citrus, glycols, formaldehyde, dan phenol. Sebaiknya memilih dengan pH antar 5,5 hingga 6,5 dan sebaiknya pilih dengan kandungan deterjen yang tidak banyak karena dapat membuat kulit mengering. Dapat menggunakan Baby Liquid Soap dan Natural Antibacterial Head to Toe Foamy Wash dengan kandungan pH 5.5 sehingga aman dan menjaga kulit jauh dari bakteri penyebab iritasi, sehingga sleek baby dapat menjadi sabun bayi anti iritasi.

Mengulas Tentang Penyebab Ruam Popok dan Cara Mengatasinya | admin | 4.5