Menu Sehat Dan Mudah Membuat MPASI

Monday, November 5th, 2018 - Kesehatan

Memberikan makanan pendamping ASI atau MPASI menjadi salah satu bagian penting yang sering dilakukan orang tua kepada anaknya saat menginjak usia 6 bulan. Pemberian MPASI bayi ini bertujuan dalam mengenalkan makanan padat kepada anak dan untuk kesiapan sistem pencernaan anak mengkonsumsi makanan selain ASI. Adanya MPASI juga memberikan manfaat dalam melengkapi kebutuhan nutrisi yang semakin bertambah seiring dengan perkembangannya. Walaupun begitu dalam pemberiannya hanya sebatas pendamping saja bukan pengganti dari ASI.

Pada pemberian MPASI untuk pertama kali pada bayi anda bisa membuat menu mudah untuk MPASI yang dapat dicoba dan pastinya si kecilpun suka. Untuk membuat menunya sendiri anda bisa membuat MPASI dari bahan buah dan sayuran, misalnya dengan membuat MPASI dari buah-buahan tanpa tambahan gula atau garam.

menu mpasi

Menu lainnya yang dapat diberikan untuk membuat MPASI dapat juga dibuat dari bahan daging-dagingan dari daging ayam atau sapi. Pada pemberian menu ini pastikan anda telah mengolahnya dengan menghaluskannya sehingga si kecil lebih mudah dalam mengkonsumsinya. Dengan pemberian menu ini bisa memberikan nutrisi tambahan berupa zat besi yang kemungkinan semakin banyak dibutuhkan anak sesuai dengan perkembangan tubuhnya.

Untuk pemberian menu yang pas anda dapat memberikan si kecil saat memasuki usai enam bulan pertamanya dengan MPASI dari berbagai buah-buahan seperti buah pir, apel, alpukat, dan pisang. Saat pemberian untuk pertama kali cukup dengan memberikan satu jenis buah saja satu kali sehari, selanjutnya pada hari keempat anda mulai bisa mencampurkan dua jenis buah-buahan sekaligus sebagai sumber serat kalsium, dan nutrisi lainnya untuk anak.

Pilihan menu mudah untuk MPASI selanjutnya dapat dilakukan dengan memberikan menu tambahan seperti makanan yang kaya akan karbohidrat. Bahan menu yang dapat dibuat bisa dari umbi, oatmeal, kentang, atau dari nasi yang dibuat menjadi menu bubur. Kemudian untuk memberikan menu selanjutnya dengan memilih menu dari sayuran seperti brokoli, wortel, jagung manis, dan buncis. Dengan pemberian menu-menu tadi dapat menjadikan si kecil terbiasa dengan berbagai rasa makanan yang anda berikan.

Menu Sehat Dan Mudah Membuat MPASI | admin | 4.5