Pentingnya Perusahaan Menyediakan Manfaat Asuransi Bagi Karyawan

Wednesday, August 14th, 2019 - Kesehatan

Setiap pekerjaan tentu memiliki risiko masing-masing, termasuk bagi karyawan yang bekerja baik di dalam ruangan maupun di lapangan. Bahkan pekerjaan yang ringan sekalipun, bisa mengalami kecelakaan kerja kapan saja tanpa diduga-duga. Sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab terhadap para karyawannya, perusahaan biasanya akan memberikan fasilitas asuransi, seperti asuransi jiwa atau asuransi kesehatan. Perlu disadari bahwa asuransi tak hanya diperlukan oleh individu atau karyawan secara pribadi, namun juga berpengaruh terhadap kinerja perusahaan secara tidak langsung. Asuransi merupakan salah satu bentuk pengendalian terhadap risiko secara finansial yang dilakukan dengan mengalihkan risiko tersebut dari satu pihak pada pihak lain.

Dalam rangka memperkokoh kestabilan perusahaan, proram asuransi untuk karyawan menjadi unsur yang vital. Selain menambah antusiasme karyawan ketika bekerja serta menjaga produktivitas kerja, asuransi jiwa dan kesehatan bisa menanggung bahkan hingga keluarga karyawan apabila tiba-tiba terjadi musibah atau sebuah kecelakaan. Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai pentingnya asuransi bagi karyawan dan pekerja.

Asuransi Karyawan

1.Meminimalisir Risiko Kerja
Risiko kerja menjadi salha satu hal yang tak bisa dihindari. Tentunya tak ada pengecualian untuk hal ini. Demi menimilasisasi dampak dari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan ketika bekerja, asuransi sangatlah diperlukan. Pemerintah juga telah menyediakan fasilitas penyedia asuransi yakni BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Namun apabila diperlukan, perusahaan juga dapat memberikan asuransi lain agar saling melengkapi.

Dengan adanya asuransi, kinerja perusahaan dapat lebih stabil karena karyawannya lebih terlindungi dari berbagai risiko, baik dari bencana atau kecelakaan yang dapat menimbulkan kerugian finansial maupun non finansial.

2.Membuat Perasaan Lebih Tenang dan Dilindungi
Dengan adanya asuransi, hidup tentu akan menjadi lebih tenang. Hal ini juga berpengaruh terhadap kualitas kerja. Apabila segala sesuatunya telah direncanakan dan dicover dengan baik, fokus pada pekerjaan menjadi lebih baik. Produktivitas pun juga ikut meningkat.

3.Melatih Disiplin Menabung
Dengan memiliki produk asuransi, secara tidak langsung karyawan dapat dilatih untuk lebih disiplin dan teliti dalam mengelola keuangan. Pemikiran bahwa menabung untuk asuransi merupakan hal yang sia-sia serta membuang waktu harus disingkirkan. Seseorang tidak pernah akan pernah tahu hal apa yang mungkin dapat menimpanya di masa mendatang, khususnya dalam lingkungan pekerjaan.
Pemikiran ini bisa diluruskan dengan menganggapnya seperti menabung biasa, yang apabila jumlahnya semakin banyak, maka dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan.

4.Penanggung Kerugian
Setiap risiko yang timbul dalam sebuah pekerjaan tentu akan menciptakan kerugian, baik kecil maupun besar. Meski tidak berpengaruh secara langsung, asuransi jiwa atau kesehatan bagi karyawan yang ditanggung oleh pihak asuransi akan membuat pekerjaan menjadi lebih terencana dan dapat terlaksana dengan baik.

asuransi untuk lekuarga

5.Memperkokoh Perusahaan
Asuransi bagi karyawan tak hanya memberikan manfaat secara langsung dalam hal jaminan atas perlindungan risiko berhubungan dengan pekerjaan, namun juga bisa menjadi pondasi yang bisa memperkuat perusahaan itu sendiri. Dengan asuransi yang diberikan pada karyawan, mengembangkan bisnis menjadi lebih terfokus tanpa perlu selalu memikirkan berbagai risiko perkejaan.

Memilih Asuransi Sesuai Kebutuhan
Kebutuhan asuransi untuk setiap orang memang berbeda-beda, namun seorang karyawan setidaknya perlu memiliki asuransi yang dapat melindungi dari risiko terkait pekerjaan. Memberikan fasilitas berupa asuransi dasar seperti asuransi jiwa atau kesehatan penting dilakukan oleh sebuah perusahaan. BPJS menjadi salah satu pilihan asuransi dari pemerintah yang sudah cukup melindungi dari berbagai risiko kerja mendasar. Namun, asuransi yang dapat mencover lebih juga bisa diberikan. Pemilihan asuransi memang perlu disesuaikan dengan kebutuhan.

lifepal asuransi karyawan

Jika merasa kebingungan dalam memilih asuransi, kita bisa mengunjungi “lifepal.co.id”, sebuah situs yang akan membantu kita memilih diantara ratusan produk asuransi, Lifepal membantu kita untuk membandingkan dan mencarikan paket yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kita.

Bagi karyawan asuransi berfungsi untuk mencegah timbulnya kerugian yang besar, pengendalian terhadap risiko kerja, serta memiliki manfaat sosial sekaligus sebagai tabungan. Asuransi yang diberikan pada karyawan juga dapat menjadi investasi dana maupun invisible earnings tersendiri. Tanpa adanya asuransi, setiap kerugian menjadi lebih terasa berat, terlebih jika ada kerugian besar yang harus ditanggung secara keseluruhan. Namun, dengan asuransi, dampak yang timbul akibat berbagai risiko pekerjaan yang ada akan lebih ringan, karena ada pihak penanggung yang nantinya akan mengurangi atau mengganti kerugian yang tercipta. Tentu sesuai dengan perjanjian sebelumnya.

Pentingnya Perusahaan Menyediakan Manfaat Asuransi Bagi Karyawan | admin | 4.5