Ponpes Nurul Firdaus Ciamis, Rekomendasi Tempat Rehabilitasi Kecanduan Game Online Terbaik

Friday, August 9th, 2019 - Kesehatan

Seiring perkembangan teknologi, kini game online kian merajalela. Jika hanya digunakan untuk hiburan atau menghilangkan kebosanan, tentu tidak masalah. Hanya saja, tak sedikit gamers yang kecanduan untuk terus memainkan game online. Kondisi ini tentu saja berdampak buruk terhadap mental, gaya hidup dan bahkan kesehatan. Jika orang terdekat mengalami hal tersebut, anda harus segera membawanya ke tempat rehabilitasi kecanduan game online.

Seperti yang diketahui, saat ini sudah banyak tempat rehabilitasi yang mampu menangani kecanduan bermain game online. Adapun salah satu tempat rehabilitasi terbaik yang bisa anda pilih yaitu Pondok Pesantren Nurul Firdaus. Tempat rehabilitas terbaik ini terbukti mampu menangani para pecandu game online, tak hanya di Indonesia saja, akan tetapi juga luar negeri. Oleh karena itu, anda tak perlu meragukan kualitas pelayanan yang diberikan.

Ponpes Nurul Firdaus Ciamis, Rekomendasi Tempat Rehabilitasi Kecanduan Game Online Terbaik (kitakini.news)

Ponpes Nurul Firdaus Ciamis, Rekomendasi Tempat Rehabilitasi Kecanduan Game Online Terbaik (kitakini.news)

Tempat Rehabilitasi Kecanduan Game Online
Dikutip dari situs resmi Ponpes Nurul Firdaus gumilar.net, banyak pecandu game online yang masuk menjadi santri Pondok Pesantren Nurul Firdaus dan kembali ke kehidupan yang normal.

Untuk medapatkan rehabilitasi, anda bisa membawa orang terdekat yang mengalami kecanduan game online ke Pondok Pesantren Nurul Firdaus yang beralamat di Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tepatnya di Dusun Panoongan RT 19/RW 06, Desa Kertaraharja. Keberhasilan Pondok Pesantren Nurul Firdaus dalam menangani pecandu game online ini dikarenakan layanan yang diberikan. Adapun layanan tersebut diantaranya yaitu layanan psikoterapi dan pengobatan farmakoterapi.

Tak hanya itu, Pondok Pesantren Nurul Firdaus juga memberikan berbagai jenis terapi yang bermanfaat bagi pecandu game online. Sebut saja Cognitive Behavior Therapy (CBT), Terapi Perilaku dan Motivational Interview (MI). Tiap jenis terapi ini memiliki dampak positif yang bisa dirasakan oleh pecandu game online. Manfaatnya pun bisa dibuktikan secara langsung. Cognitive Behavior Therapy itu sendiri diterapkan sebagai terapi untuk menghilangkan pikiran-pikiran negatif akan ketergantungan pada game online. Pikiran negatif tersebut akan diganti dengan pikiran-pikiran yang lebih positif.

Kemudian untuk terapi perilaku, strateginya dilakukan dengan mengubah kondisi lingkungan. Dengan demikian, pecandu game online tak akan termotivasi untuk bermain game lagi. Sementara untuk Motivational Interview, terapi ini banyak diterapkan pada pecandu game online yang masih remaja. Pasalnya, terapi ini mengharuskan pecandu game online untuk mengambil keputusan.

Metode Rehabilitasi Pondok Pesantren Nurul Firdaus
Pondok Pesantren Nurul Firdaus memiliki berbagai metode penanganan rehabilitasi kecanduan game online. Hal yang pasti, metode yang diberikan berlandaskan pada Al-Qur’an, Hadits dan juga Ijtihad para ulama. Adapun salah satu metodenya yaitu mandi. Metode mandi bisa dilakukan untuk mengembalikan jiwa yang tak sadar karena ingin melakukan candunya. Mandi ini juga diikuti dengan wudhu agar tubuh dan jiwa menjadi suci.

Selain metode mandi, Pondok Pesantren Nurul Firdaus juga menerapkan metode sholat. Pecandu game online akan dituntun untuk melakukan sholat wajib dan sunnah yang kemudian diikuti dengan tambahan materi ibadah. Selanjutnya, Pondok Pesantren Nurul Firdaus akan melibatkan metode rehabilitasi kecanduan game online Ruqyah Syar’iyyah. Metode ini dilakukan dengan membacakan sesuatu pada pecandu game online. Mulai dari doa, surat, zikir, hingga ayat Al-Qur’an.

Tak berhenti di situ saja, Pondok Pesantren Nurul Firdaus juga menerapkan metode Spiritual Hypnotivation (Shot) Therapy. Terapi ini dilakukan untuk memotivasi pecandu game online agar meraih kesuksesan dan kebahagiaan, baik itu di dunia maupun di akhirat. Mengenai sistemnya, terapi ini mengkombinasikan konsep sugesti positif yang bernuansa spiritual melalui hypnosis dan hypnotherapy. Metode rehabilitasi kecanduan game online lainnya yang juga diterapkan di Pondok Pesantren Nurul Firdaus yaitu pembinaan.

Dalam pembinaan ini, santri akan diajarkan untuk berdoa, membaca Al-Qur’an, beribadah, ceramah, olahraga dan berbagai hal positif lainnya. Setelah itu, metode ini dilanjutkan dengan evaluasi yang dilakukan oleh ustadz. Jika berhasil lepas dari kecanduan game online, santri dapat kembali ke keluarganya.

Pentingnya Rehabilitasi Kecanduan Game Online
Rehabilitasi penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan kecanduan game online memiliki dampak buruk yang sangat membahayakan. Dimana salah satu dampak buruk kecanduan game online tersebut yaitu mempengaruhi kesehatan otak. Pasalnya, jika dilakukan dalam kurun waktu lama, bermain game online tidak menyegarkan pikiran, akan tetapi justru mengganggu kesehatan otak.

Bermain game online secara terus menerus bisa menurunkan fungsi hipokampus, yang tak lain adalah bagian otak yang berperan penting dalam proses belajar dan memori. Dengan demikian, orang yang memiliki kecanduan game online akan kesulitan dalam belajar, menangkap informasi, mengingat dan bahkan mengolah memori jangka panjang. Lebih parah lagi karena kecanduan game online juga berakibat buruk pada mental atau kejiwaannya.

Seperti yang diketahui, tak sedikit orang yang mengalami gangguan jiwa karena kecanduan game online. Mulai dari depresi, skizofrenia, penyakit Alzheimer, dan bahkan PTSD. Maka dari itu, rehabilitasi kecanduan game online memang penting untuk dilakukan.

Ponpes Nurul Firdaus Ciamis, Rekomendasi Tempat Rehabilitasi Kecanduan Game Online Terbaik | admin | 4.5