Kenali Gejala Ruam Popok, Jangan Biarkan Si Kecil Tak Nyaman

Friday, November 15th, 2019 - Kesehatan

Popok adalah kebutuhan wajib bagi bayi yang baru lahir. Hampir 24 jam sehari bayi selalu memakai popok untuk menampung urin dan feses. Sebagai orang tua, kita harus rajin mengganti popok si kecil. Sebab jika tidak, masalah kulit mengintai bayi Anda kapan saja. Salah satu penyakit kulit yang mengancam adalah ruam kemerahan di daerah yang bersentuhan langsung dengan popok.

Ruam adalah masalah kulit yang ditandai dengan iritasi, bengkak, dan muncul gelembung kemerahan. Ruam juga disertai dengan rasa gatal, kulit bersisik dan mengeras, dan kulit melepuh. Ruam kulit akibat pemakaian popok biasanya diawali dengan beberapa gejala. Untuk mengobati sekaligus pencegahan, oleskan diaper cream bayi untuk kulit ruam.

Berikut gejala ruam kulit akibat pemakaian popok:

1. Muncul bercak kemerahan pada kulit bayi yang bersentuhan dengan popok
Bercak ini biasanya terlihat jelas karena berwarna kemerahan. Area yang biasa terkena ruam popok adalah bokong, paha, dan alat kelamin bayi.

ruam popok bayi

2. Bayi tidak nyaman, sering garuk-garuk, dan minta popok dicopot
Pernah melihat bayi Anda rewel dan memegangi popoknya? Coba periksa, barangkali si buah hati tak nyaman dengan popok yang ia pakai. Bisa jadi gejala ruam akan muncul jika terus dibiarkan.

Ruam popok bisa berkembang menjadi benjolan bernanah yang mudah pecah. Kulit yang terinfeksi ruam popok biasanya juga hangat saat dipegang. Jika ruam popok sudah terbilang parah, segera hubungi dokter yang terpercaya. Namun, Anda juga bisa cegah ruam bayi dengan diaper cream. Diaper krim bisa meredakan sekaligus mencegah kemunculan ruam popok pada kulit bayi Anda.

Bayi yang memakai popok sepanjang hari rentan mengalami ruam popok jika tak ditunjang dengan penggunaan diaper krim. Diaper krim bayi dibuat dengan bahan-bahan alami yang aman untuk kulit bayi. Krim tersebut juga menjaga kelembapan kulit yang sehari-hari tertutup popok. Bakteri dan jamur yang berasal dari urin dan feses bayi itu bisa ditangkal dengan penggunaan krim khusus.

Anda bisa dengan mudah menemukan diaper krim di pertokoan terdekat. Harganya pun terbilang murah, tak sampai ratusan ribu. Dengan harga yang terjangkau tersebut, Anda sudah bisa memberikan pelayanan terbaik untuk buah hati Anda.

Kenali Gejala Ruam Popok, Jangan Biarkan Si Kecil Tak Nyaman | admin | 4.5