Panduan Traveling Ke Yogyakarta dalam 2 hari 1 Malam

Tuesday, August 6th, 2019 - Traveling

Traveling ke Yogjakarta lagi yuk!, mungkin itulah yang ada di benakmu saat ini. Bagaimanapun, Yogyakarta memang memiliki pesona yang begitu istimewa dan selalu ngangenin hingga ingin kembali mengunjunginya. Bukan hanya tentang statusnya sebagai Daerah istimewa, tetapi tentang suasananya yang begitu khas dan sulit untuk dilupakan. Kota yang penuh dengan jejak budaya dan sejarah, penduduknya yang ramah dan masih memegang teguh tradisi, kulinernya yang memanjakan lidah, plus ditambah dengan harga-harga yang masih serba terjangkau melengkapinya.

Ngomong – ngomong tentang harga dan biaya hidup yang murah, maka Yogyakarta juga menjadi kota yang sangat di impikan oleh para mahasiswa. Selain tentunya, fakta bahwa Yogyakarta memiliki Universitas – universitas terbaik yang berdiri disini. Para Mahasiwa yang berasal dari berbagai macam latar belakang dan daerah bersatu untuk menuntut ilmu dan mengukir kenangannya sendiri tentang kota ini. Masa-masa menuntut ilmu inilah yang membuat kesan dan kecintaan pada kota ini semakin besar, kenangan mereka tertinggal di sudut – sudut Yogya. Ketika studi telah selesai, diantara mereka pasti ada perasaan kangen dan ingin kembali ke kota ini.

yogyakarta

Cara menuju ke Yogyakarta bisa dengan banyak moda transportasi, ada Bus, Kereta Api, dan jika kamu berasal dari luar pulau bisa menggunakan pesawat terbang dan mendarat di Bandara New Yogyakarta Airport yang masih baru diresmikan. Bandara ini merupakan salah satu bandara terbesar di Indonesia lho, dengan kapasitas penumpang hingga 14 juta setiap tahunnya.

Dari Jakarta Ke Yogyakarta Naik Apa ?.
Jika kamu berasal dari Jakarta, maka moda transportasi yang paling tepat adalah Kereta Api. Waktu tempuhnya sekitar 7 jam 30 menit dengan waktu keberangkatan mulai dari pagi hingga malam hari. Rasanya jika mengejar weekend di Yogyakarta juga akan sangat menyenangkan dengan moda transportasi satu ini. Misalkan berangkat Jumat malam, maka kita akan tiba pada pagi keesokan harinya.  Tenang saja, selama dalam perjalanan kita bisa dengan nyaman beristirahat, karena Kereta Api kini menyediakan kelas Luxury dengan kursi sleeper yang memiliki legrest lega serta bisa dimiringkan hingga 135 derajat melalui tombol secara elektrik. Selain itu, kita juga akan mendapat snack, selimut, hingga layanan AVOD. Salah satu rangkaian yang menngunakan Kereta Luxury adalah Argo Lawu yang legendaris, dengan fasilitas super lengkap tersebut rasanya perjalanan kita akan sempurna bukan ?. Nah untuk itu jangan ragu, yuk cobain nyamannya kereta Argo Lawu ini untuk menuju Yogyakarta.

Tiket bisa kita pesan secara online melalui aplikasi traveloka, yang semakin asyik dengan hadirnya fitur Traveloka PayLater. Dengan fitur ini kita bisa mencicil tanpa perlu kartu kredit. Traveling dulu bayar kemudian, mewujudkan liburan dadakan dengan nyaman dan bebas ribet.

Weekend Di Yogyakarta kemana Saja ?.
Dengan waktu terbatas yang hanya 2 hari 1 malam saat weekend, kita tentu tidak bisa memilih destinasi wisata yang terlalu jauh jaraknya dari pusat kota. Nah kemana saja kiranya ?.

1. Kraton Jogja dan Tamansari

tamansariHari pertama, kita bisa memulai dengan mengunjungi destinasi seputar kota agar tidak terlalu menguras tenaga. Keraton Yogyakarta cocok dipilih agar kita dapat mengenal kota ini lebih jauh, sebuah destinasi sejarah yang sarat makna filosofi kebudayaan Jawa. Tiket masuknya sangat terjangkau yakni 5.000 rupiah dan 1.000 rupiah untuk ijin foto. Didalam ada banyak abdi dalem dan tour guide yang bisa menjelaskan sejarah lengkap tentang tempat ini.

Jika sudah selesai, kita bisa bergeser Tamansari, letaknya dekat dengan Alun – alun kidul dan Kraton Yogyakarta. Disini kita bisa melihat Arsitektur kuno yang indah, petilasan pemandian Raja, pemandian eksklusif Putri dan Permaisuri, ruangan khsusus, tempat peristirahatan raja, dan bekas mushola tempat beribadah masih bisa dilihat dengan megah.

2. Gumuk Parangkusumo dan menikmati Sunset di Pantai Parangkusumo

gumuk pasir
Setelah makan siang, kita bisa menuju ke Gumuk Pasir Parangkusumo, Gumuk pasir Parangkusumo yang jaraknya sekitar 30km dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Destinasi ini tentunya sudah sangat terkenal bagi para wisatawan, disini kita bisa melihat hamparan serasa di padang pasir. Sungguh unik, dan selain itu kita juga bisa untuk sandboarding. Tetapi di siang hari, panasnya mungkin akan sangat menyengat, jadi berhati-hatilah.

Selanjutnya kita menuju ke Pantai Parangkusumo, disini kita bisa menikmati pemandangan pantai dan saat sore hari kita bisa menikmati sunset yang benar-benar indah, Matahari seolah tenggelam diantara lautan dan bukit-bukit yang ada.

3. Taman Pelangi

Taman-PelangiMalam telah turun menyergap, sembari menuju ke pusat ota selanjutnya kita bisa terlebih dahulu pergi menikmati taman pelangi yang terletak di ring road utara daerah Monumen Jogja Kembali. Ditaman ini kita bisa melihat berbagai macam bentuk lampion yang unik dan dirancang menjadi sesuatu yang indah. Selain itu disini kita juga bisa main bombomcar dan trampoline. Taman pelangi ini bisa kita kunjungi dari sore hingga malam sekitar jam 23.00.

4. Hutan Pinus dan Puncak Taman Buah Mangunan.

sunrise mangunan

jogjasuper.co.id

Hari berikutnya, kita bisa mulai dengan menikmati Sunrise di Mangunan. Yang menarik disini adalah, jika beruntung kita bisa melihat hamparan kabut sehingga terasa seperti negeri di atas awan. Tak ketinggalan terdapat spot foto instagramable yang bisa digunakan sebagai background foto selfie kamu. Lalu selepas itu bisa turun ke hutan pinus dan menikmati udara segar disana.Jarak kebun buah mangunan ke hutan pinus sekira 2.7 km, jadi kamu bisa sekalian untuk mengunjunginya.

Menariknya disini juga banyak warung yang menjajakan kuliner dan minuman khas yogya seperti wedang uwuh dan tiwul. Persiapkan stamina, karena treknya ada yang menanjak dan cukup menguras tenaga.

5. Malioboro

malioboro
Setelahnya kita bisa kembali ke pusat kota dan pergi ke Malioboro, sebuah jalan legendaris yang rasanya tidak boleh dilewatkan jika kita mengunjungi Yogyakarta. Berburu oleh-oleh dan berfoto rasanya akan menjadi pelengkap yang sempurna untuk menutup liburan weekend di Yogyakarta.

Setelahnya, kita bisa berkemas dan bersiap untuk perjalanan pulang ke Jakarta. Sebuah pengalaman yang seru dengan waktu yang terbatas kita bisa menikmati liburan di Yogyakarta dengan berkesan dan mengobati rasa kangen terhadap kota ini.

Panduan Traveling Ke Yogyakarta dalam 2 hari 1 Malam | admin | 4.5