Pentingnya Mengonsumsi Makanan Bernutrisi untuk Meningkatkan Imun Tubuh

 

imun tubuh

Saat ini Kita hidup di tengah ketidakpastian, pandemi yang sudah berjalan hampir dua tahun masih belum diketahui kapan akan berakhir. Di saat-saat seperti ini, yang terpenting dari semuanya adalah menjaga kesehatan. Corona membuat kita mau tidak mau harus mulai menghargai kesehatan dengan menjaga gaya hidup yang sehat dan seimbang. Makan makanan yang bernutrisi, cukup istirahat, tidur teratur dan berolahraga setiap hari akan membantu kita tetap bugar. Imun tubuh yang meningkat akan membuat kita tidak mudah sakit.

Mengonsumsi makanan untuk meningkatkan imun tubuh adalah dengan cara mempertimbangkan kandungan nutrisinya serta ritme makan hariannya. Selama WFH pola makan ini seringkali menjadi tidak teratur. Kita sering melewatkan makan, tetapi jadi lebih suka ngemil demi menghindari kebosanan. Berada di rumah dalam waktu yang lama sangat mempengaruhi gaya hidup, dan jika dibiarkan saja maka ini akan tidaklah sehat. Berat badan meningkat, mudah lelah dan tidak memiliki imun yang cukup.

Kita adalah cerminan apa yang kita makan. Tubuh menggunakan dan menyerap nutrisi lebih mudah jika itu berasal dari makanan utuh seperti buah-buahan dan sayuran, daripada makanan olahan atau suplemen. Untuk itu, makanlah makanan yang mampu memberi kita energi juga mencukupi semua nutrisi yang dibutuhkan untuk berfungsinya tubuh.

Baca Juga  Obati Luka Ringan Dengan Cepat Menggunakan Hansaplast

mengonsumsi makanan untuk meningkatkan imun tubuh

Kita membutuhkan semua nutrisi yang penting agar imun kita meningkat sehingga mampu mengatur respons kekebalan tubuh Saat menghadapi virus dan penyakit. Vitamin, mineral, protein, karbohidrat dan lipid didapat dari kombinasi makanan yang berbeda-beda. Lakukan diet rendah karbohidrat, karena ini akan membantu mengontrol gula dan tekanan darah tinggi. Selain itu pastikan tubuh terhidrasi dengan cukup, minumlah 8 hingga 10 gelas air setiap hari.

Prinsip dalam menentukan makanan Untuk meningkatkan Imun Tubuh

  • Makan kombinasi makanan yang bervariasi secara teratur.
  • Mengkonsumsi makanan sehat yang terdiri dari makanan pokok, kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, dan makanan dari sumber hewani.
  • Alih-alih berdiet, berkonsentrasilah pada kualitas makanan.
  • Makan lebih banyak buah, dan sayuran berwarna untuk mencapai asupan harian mikronutrien esensial yang dibutuhkan.
  • Makan dengan teratur.
  • Mulailah dengan perubahan kecil menuju pola makan yang lebih sehat dan jangan stres.

Pola makan yang baik harus diikuti dengan olahraga rutin. Lakukanlah berolahraga secara teratur, bahkan olahraga ringan akan sangat membantuuntuk membuat tubuh lebih fresh. Disarankan untuk berolahraga tergantung pada stamina yang dimiliki dan jangan dipaksa dan berlebihan. Olahraga teratur dengan bijaksana bisa meningkatkan tingkat metabolisme tubuh.

Baca Juga  Kenali Gejala Ruam Popok, Jangan Biarkan Si Kecil Tak Nyaman

Memiliki mood yang positif dan tidak stres juga adalah salah satu faktor lainnya yang bisa meningkatkan imun tubuh di luar dari makanan yang dikonsumsi. Pastikan kita untuk tetap berfikiran positif agar mampu melewati masa pandemi ini dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *