Tips Mudah Mengahadapi Keringat berlebih dan Bau Badan

Thursday, August 22nd, 2019 - Kesehatan

Berkeringat adalah hal yang wajar bagi semua orang, ini adalah perilaku alami yang dilakukan oleh tubuh untuk mendinginkan suhu badan kita. Yang membedakan antara kita dengan yang lain mungkin hanya kepekaan dan intesitas berkeringatnya, ada beberapa orang yang mudah sekali berkeringat tetapi ada lagi orang yang bahkan jika beraktifitas berjam-jam pun hanya mengeluarkan sedikit keringat. Tetapi satu hal yang biasanya kita sama – sama rasakan ketika berkeringat yakni badan terasa lengket, bau badan dan perasaan tidak nyaman. Hal ini dapat dipahami karena keringat yang keluar biasanya bercampur dengan kotoran dan bakteri yang membuatnya berbau tidak sedap serta lengket.

Lalu bagaimana caranya agar tetap nyaman dari keringat berlebih ?.

minum

Jika cuaca panas kenakanlah pakaian yang menyerap keringat dan sedikit terbuka. Pakaian dari bahan katun akan sangat cocok dipakai di negara tropis seperti negara kita. Hal ini penting dilakukan agar tubuh memiliki sirkulasi udara yang lancar sehingga tidak terasa gerah. Jika sudah basah oleh keringat, gantilah pakaian yang dikenakan agar tubuh tidak ikut lengket. Sebelumnya basuhlah badan untuk menghilangkan keringat yang menempel dan membawa kesegaran pada tubuh.

Dengan berkeringat, maka tubuh kehilangan banyak cairan. Untuk itu kita harus mengganti cairan dan larutan elektrolit yang hilang agar kita tidak dehidrasi. Agar tidak bau badan, pakailah deodoran yang juga memiliki fungsi untuk mengontrol keringat yang keluar. Penting untuk memilih makanan yang tidak memicu keringat berlebih, hindari sayuran seperti kol, seledri, dan bawang yang terbukti seringkali dapat membuat bau badan. Selanjutnya rawatlah kebersihan ketiak, cukurlah rambut ketiak secara teratur. Hal ini sangat cukup efektif dalam mengurangi keringat yang keluar, selain tentunya akan lebih sedap untuk dipandang.

pakaian

Setelah beraktifitas seharian penuh, kita harus membersihkan badan agar kembali fresh, maka mandilah secara teratur. Bukan hanya dibasuh oleh air, tetapi gunakanlah sabun yang cocok dengan kulit dan gosok lipatan – lipatan tubuh agar tidak ada kotoran yang menempel. Setelah mandi, keringkan tubuh dengan handuk secara seksama, jangan biarkan air bekas mandi tersisa sehingga membuat lembab di bagian tubuh kita.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu pakai untuk mengatasi keringat berlebih, semoga dengan beberapa tips mudah tersebut kamu akan lebih percaya diri dalam menghadapinya. Tidak lagi bau badan, sehingga lebih mudah untuk berkumpul bersama teman dan bersosialisasi dengan banyak orang.

Tips Mudah Mengahadapi Keringat berlebih dan Bau Badan | admin | 4.5