Tips Mengatasi Menstruasi Agar Lancar

Tuesday, July 9th, 2019 - Kesehatan

Menstruasi sering kali membuat Anda tidak nyaman karena perut terasa sakit. Namun, Anda jangan khawatir karena Anda dapat mengatasinya dengan menjaga pola hidup sehat. Saat menstruasi, Anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup agar mengurangi rasa sakit.

Cara Mengatasi agar Menstruasi Lancar

sakit saat menstruasi

1.Menjaga pola makan dan pola hidup sehat.
Anda tidak mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein dan teh. Selain itu, hindari mengkonsumsi gorengan, makanan berlemak dan junk food.

2.Banyak mengkonsumsi air
Sebagian besar penyusun tubuh adalah air. Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi air minimal 8 gelas per hari. Banyak mengkonsumsi air putih dapat memperlancar keluarnya darah melalui vagina. Selain itu, dapat menstabilkan siklus menstruasi wanita.

3.Menghindari makanan asin
Makanan asin mengandung banyak natrium. Jika dikonsumsi saat menstruasi menyebabkan perut kembung sehingga menstruasi tidak lancar dan semakin membuat Anda tidak nyaman.

4.Rajin berolahraga
Olahraga dapat memperlancar keluarnya darah dan mencegah rasa nyeri. Dengan demikian, tubuh Anda lebih segar.

5.Mengompres bagian bawah perut
Salah satu penyebab darah menstruasi tidak keluar dari rahim adalah timbulnya kontraksi otot. Akibatnya rahim terasa tidak nyaman. Solusinya, Anda dapat mengompres bagian bawah perut dengan air hangat.

6.Mengkonsumsi makanan yang bergizi
Saat menstruasi, Anda dianjurkan untuk menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi. Contohnya, Anda mengkonsumsi kacang-kacangan, buah, daging, susu, ikan, sayuran hijau, makanan berserat dan lain-lain.

Faktor Penyebab Pusing Saat Menstruasi

1.Pengaruh hormon
Saat menstruasi, hormon estrogen dan progesteron menurun sehingga berpengaruh pada senyawa kimia di otak. Akibatnya, orang yang menstruasi merasa pusing.

2.Fibroid
Fibroid menyebabkan menstruasi Anda berlebihan, akibatnya Anda mengalami anemia (kurang darah) sehingga menyebabkan pusing.

3.Migrain
Wanita yang menstruasi sering mengalami migrain sehingga kepala pusing, mual dan muntah.

4.Hipoglikemia
Hipoglikemia merupakan kondisi kadar gula rendah di dalam tubuh. Saat siklus menstruasi , hipoglikemia menyebabkan Anda merasa pusing, bergemetaran dan mudah lelah.

5.Aktivitas berat
Saat mentruasi Anda mengeluarkan banyak darah sehingga saat Anda bekerja keras akan merasakan lelah bahkan menyebabkan pusing.

Tips Mengatasi Menstruasi Agar Lancar | admin | 4.5