Tubuh Gendut Bukan Acuan, Kenali 7 Ciri Anak Sehat yang Sering Diabaikan

Friday, July 12th, 2019 - Kesehatan

Banyak orangtua yang menganggap bahwa anak yang gendut berarti sehat. Padahal, indikasi anak sehat tidak hanya dari berat badan yang montok dan terlihat gendut. Karakteristik anak yang sehat harus dilihat dari berbagai aspek. Termasuk dari penampilan fisik dan kondisi psikologisnya.

Selain itu, keterampilan sosial dengan lingkungan sekitar, juga bisa menjadi acuan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak yang normal. Lantas, apa saja ciri – ciri anak sehat? Berikut ulasan yang wajib disimak yaa..

1. Mempunyai Nafsu Makan yang Baik
Anak – anak yang memiliki nafsu makan bagus akan lebih mudah mengonsumsi berbagai jenis makanan untuk memenuhi asupan nutrisi setiap hari. Nutrisi harian anak dibutuhkan tubuh untuk mendukung pertumbuhan mereka.
Terutama bagi anak – anak yang aktif dan memiliki banyak aktivitas, orangtua harus memberikan dukungan multivitamin dan beragam jenis nutrisi yang akan menjaga berat badan ideal. Jika anak memiliki nafsu makan yang menurun dalam jangka panjang, disertai dengan penurunan berat badan, orangtua harus segera berkonsultasi dengan dokter.

2. Napas tidak berbau
Sebagian besar penyebab kondisi bau mulut anak – anak adalah karena kurangnya kebersihan mulut dan perawatan gigi.
Untuk menghindari bau mulut, biasakan anak untuk membersihkan gigi dan mulut dengan menyikat setidaknya dua kali sehari. Yaitu, sebelum tidur malam dan setelah makan.

3. Gigi cerah dan gusi merah muda
Jika seorang anak memiliki gigi yang cerah dan gusi merah muda mengkilap, hal ini bisa menjadi pertanda bahwa anak tersebut memiliki asupan niacin, asam folat, riboflavin, dan vitamin B12 yang memadai. Dengan kata lain, ia memiliki ciri anak sehat.

4. Kulit sehat dan mudah pulih saat terluka
Coba perhatikan ketika anak Anda cedera, apakah lukanya cepat pulih? Kondisi kulit juga dapat menentukan apakah seorang anak sehat atau tidak. Jika kulit lembab dan tidak terkelupas, itu menandakan asupan vitamin A, C, dan E yang terpenuhi.

5. Suhu tubuh antara 36,3 °Celcius – 37,7 ° Celcius
Suhu tubuh normal anak – anak dapat berubah sepanjang hari. Tetapi, patut diperhatikan bahwa suhu anak yang sehat berkisar antara 36° Celcius – 37 ° Celcius. Suhu tubuh anak bisa menurun di pagi hari atau naik hingga 0.6 ° Celcius di sore hari.

6. Rambut berkilau dan lebat
Rambut menjadi cerminan kondisi kesehatan secara holistik. Nutrisi akan memengaruhi tekstur rambut anak. Anak yang kurang gizi umumnya memiliki rambut yang tipis, kering, rapuh dan mudah rontok.

7. Bermain dan ceria
Selama anak bisa bermain dengan antusias dan riang gembira, atau aktif, berarti anak sehat dan bugar.
Jadi, seberapa sehat buah hati Anda?

Tubuh Gendut Bukan Acuan, Kenali 7 Ciri Anak Sehat yang Sering Diabaikan | admin | 4.5