Proses Cabut Gigi Geraham Bungsu, Tak Seseram yang Dibayangkan

Sunday, March 24th, 2019 - Kesehatan

Gigi geraham bungsu sesuai namanya adalah gigi yang paling terakhir tumbuh pada manusia, biasanya ia muncul pada usia 18-25 tahun walaupun ada beberapa orang juga mengalaminya pada usia diatas 25 tahun. Nah yang jadi masalah adalah, terkadang pertumbuhan gigi geraham bungsu ini menimbulkan sakit yang luar biasa. Hal ini disebabkan karena jalur pertumbuhannya yang mendesak gusi sehingga muncul peradangan, ataupun menabrak gigi yang lain sehingga menimbulkan rasa sakit. Jika sudah demikian sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter gigi agar segera diatasi. Dokter biasanya akan melihat jalur pertumbuhan si Gigi Geraham bungsu ini, jika miring ke kiri atau ke kanan dan mengganggu gigi yang lain maka sebaiknya dicabut.

gigi geraham bungsu

Gigi geraham bungsu sebenarnya memiliki fungsi sangat penting untuk menyelaraskan gusi. Dengan adanya gigi geraham bungsu ini, maka kita akan lebih baik dalam mengunyah makanan dengan lembut dan mencegah gigi mengalami keausan. Namun karena tumbuh paling terakhir, maka sering terjadi gigi geraham bungsu ini tidakĀ  mendapatkan ruang tersisa pada gusi dan tidak tumbuh dengan sempurna. Gigi geraham bungsu yang tumbuh dalam posisi demikian bisa menjadi malapetaka dikemudian hari. Biasanya yang sering tejadi adalah makanan yang terselip dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan bermacam keluhan, mulai dari gigi berlubang, infeksi gusi hingga terasa bengkak dan nyeri.

Nah proses pencabutan gigi geraham bungsu akan ditangani oleh dokter gigi spesialis bedah periodonti yang berdinas di rumah sakit. Odontektomi sendiri merupakan operasi kecil untuk mengangkat gigi impaksi. Sebelum dilakukan pencabutan, dokter terlebih dahulu akan rontgen panoramic untuk memeriksa bentuk dan posisi gigi. Secara keseluruhan, proses berlangsung sekitar 45 menit mulai dari masuk ruangan poli gigi hingga keluar ruangan poli gigi. Tetapi tentu saja, proses akan berbeda tergantung dengan kondisi gigi masing-masing orang. Dari proses pertama hingga selesai, tidak ada sakit yang berlebihan. Malah, sakit gigi terasa lebih nyeri daripada proses cabut giginya itu sendiri.

Nah itulah gambaran proses cabut gigi geraham bungsu yang pada kenyataanya tidak seseram yang dibayangkan. Daripada membiarkan sakit berlama-lama, sebaiknya mengambil keputusan untuk di cabut saja. Untuk biaya pencabutan, biasanya berkisar antara 450 ribu sampai jutaan rupiah. Oh ia, cabut gigi juga ternyata bisa diklaim BPJS, so silahkan konsultasikan saja ya ke klinik terdekat.

Proses Cabut Gigi Geraham Bungsu, Tak Seseram yang Dibayangkan | admin | 4.5