Cara Mencegah Cacingan pada Anak-anak

Sunday, March 24th, 2019 - Kesehatan

Cacingan adalah kondisi dimana tubuh dihinggapi parasit cacing sehingga badan menjadi kurus dan tidak mendapat nutrisi yang cukup. Makanan yang masuk kedalam tubuh dibajak oleh si parasit cacing untuk berkembang biak. Walaupun tidak menyebabkan gangguan kesehatan serius, tetapi jika terjadi pada anak-anak dampaknya akan signifikan karena bisa mempengaruhi tumbuh kembangnya kemudian. Nah tentunya bunda tidak menginginkan si buah hati terkena cacingan bukan ?, lalu inilah beberapa tips yang bisa dicoba agar terhindar dari cacingan.

Cacingan sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor mulai dari suhu, iklim, kebersihan tubuh, hingga sanitasi lingkungan. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kebersihan diri, biasakan si kecil untuk mencuci kaki dan tangan dengan sabun sebelum dan sesudah melakukan aktifitas luar ruangan. Gunting kuku secara teratur agar tidak ada telur cacing yang bisa menempel. Setelah itu, biasakan juga untuk membersihkan diri sesaat setelah buang air kecil maupun besar. Pastikan juga kebersihan hewan peliharaan, karena biasanya juga bisa menularkan cacing ke pemiliknya.

mencegah cacingan pada anak

Bagi bunda, hal yang tidak kalah pentingnya adalah selalu menjaga kebersihan makanan. Selalu cuci bersih sayur dan buah sebelum dikonsumsi. Masak makanan dengan benar agar bakteri dan cacing parasit mati dan tidak menginfeksi anggota keluarga yang lain. Jangan biasakan jajan makanan sembarangan, lebih baik membawa bekal sendiri dari rumah agar terjamin kebersihannya. Beri pengertian kepada sikecil bahwa kebersihan itu sangat penting untuk menjaga kesehatan. Tanamkan gaya hidup sehat sedari kecil agar tubuh senantisa bugar.

Jika diperlukan, konsumsilah obat cacing secara teratur agar cacing yang masuk kedalam tubuh dapat mati. Tetapi sebelumnya, bunda bisa berkonsultasi dengan dokter tentang obat yang cocok bagi sikecil. Biasanya obat cacing sudah dapat diberikan kepada anak mulai usia dua tahun ke atas. Karena, pada usia ini anak sudah bisa aktif bergerak dan mulai bermain kotor-kotoran di luar rumah. Buah-buahan seperti pepaya, nanas, pisang dan lemon juga dipercaya bisa mengurangi potensi cacingan. Buah nanas mengandung enzim pencernaan yang disebut bromelain, yang bisa melawan cacing pita.

Cara Mencegah Cacingan pada Anak-anak | admin | 4.5