Wireless Adapter TP-Link WN722N, Murah Berkualitas

Friday, March 22nd, 2019 - Umum

Konektifitas adalah hal yang penting untuk dimiliki semua perangkat, termasuk juga sebuah komputer. Saya ada sedikit pengalaman saat merakit komputer tahun lalu, karena ini adalah pertama kalinya maka saya tidak menyadari kalau ternyata kita harus membeli wireless adapter tambahan lagi agar dapat terhubung ke wifi. Kebetulan saya pakai internet yang sharing wifi dari smartphone,karena saya pikir akan lebih simple dan hemat daripada membeli modem lagi. Saya sempat kebingungan beberapa saat, ketika tidak bisa menghubungkan komputer ke internet, dan rasanya bagi teman-teman yang juga baru pertama kali merakit komputer harus memperhatikan peripheral satu ini yaitu “wireless adapter“. Di pasaran sendiri, banyak type dan pilihan harga.

Secara desain, ada dua jenis Wireless network adapter yang bisa dipakai yakni.

1. USB wifi adapter

Penggunaannya sangat simple, kita hanya perlu colok alat ini ke port USB dan kemudian install driver bawaanya, maka sudah bisa terhubung dengan jaringan wifi yang ada di sekeliling. Bentuknya relatif kecil dan simple, bahkan ada yang memiliki desain mirip mouse reciever yang kecil. Harganya sangat terjangkau, bahkan ada yang cuma dibanderol dengan harga 20ribuan rupiah saja.

2. Internal Wifi Adapter/Slot PCie

Untuk memasangnya kita cukup repot, karena harus membuka casing komputer dan meletakannya pada slot pcie yang tersedia. Tetapi keunggulannya, Internal Wi-Fi card adapter ini dapat menerima sinyal lebih baik daripada USB Wi-Fi, hal itu karena perangkat ini memiliki antena yang lebih besar. Harganya berada di kisaran 100ribuan rupiah, tergantung merk dan speknya.

Pada akhirnya saya membeli TP-link WN722N dengan harga Rp 95 ribu, saya memilih produk ini karena penggunaannya yang simpel yang hanya perlu dicolok ke port USB saja. Proses instalasinya sangat mudah, masukan cd driver yang berada di dalam kemasan, pilih type produk yang kita gunakan, tunggu hingga selesai. Jaringan wifi yang tersedia pun dengan segera bisa muncul dan bisa konek untuk mulai berselancar internet.

Spesifikasi Tp-Link WN722N

FITUR HARDWARE
Interface: USB 2.0
Button: WPS Button
Dimensions ( W x D x H ): 3.7 x 1.0 x 0.4 in. (93.5 x 26 x 11mm)
Antenna Type: Detachable Omni Directional (RP-SMA)
Antenna Gain: 4dBi

FITUR WIRELESS
Wireless Standards: IEEE 802.11n, IEEE 802.11g, IEEE 802.11b
Frequency: 2.400-2.4835GHz
Transmit Power: 20dBm

SYSTEM REQUIREMENTS
Windows XP, 2000, Vista, 7 , 8 , 8.1 , 10

Untuk harga yang lebih murah kamu bisa membeli TP-Link WN722N di shopee yang sedang mengadakan promo “Elektronik dan Digital Sale” sebulan penuh untuk kategori elektronik. Ada program seru melalui tiga penawaran utama yaitu Pasti Ada Challenge, Serba 10.000, dan cashback sampai dengan Rp30 ribu. Banyak keuntungan yang didapatkan dengan memanfaatkan promosi tersebut, yuk belanja sekarang juga.

Wireless Adapter TP-Link WN722N, Murah Berkualitas | admin | 4.5