Siapkan 14 Bahan Ini Biar Ayam Kremes Lebih Gurih dan Lezat!

Monday, May 13th, 2019 - Kesehatan

Daging Ayam memang bisa dijadikan bermacam olahan yang peminatnya hampir dari segala kalangan. Dan Ayam Kremes merupakan satu dari banyaknya olahan daging ayam yang sudah sangat familiar. Jika Anda termasuk orang yang tidak pandai memasak, maka bisa membeli Ayam Kremes ini di toko yang menjualnya. Padahal, cara membuatnya tidaklah sulit loh. Bumbu Ayam Kremes pun mudah didapatkan. Dengan penggunaan bumbu yang pas dan lengkap, maka rasanya kan makin renyah, gurih dan sedap.

Sebagai langkah awal untuk mulai mengenal bumbu olahan daging ayam ini, maka perlu Anda ketahu bahwa Ayam Kremes jelas berbeda dengan Ayam Tepung. Dalam pembuatan Ayam Kremes, memang ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar mendapatkan tekstur gurih dan rasa renyah. Selain bumbu, Anda juga perlu memperhatikan cara penggorengannya.

Teknik Mengolah Bumbu Ayam Kremes
Seperti yang saya katakan di atas, untuk mendapatkan rasa yang gurih dan renyah, maka perlu memerhatikan bumbu dan teknik penggorengan. Ada dua teknik yang bisa Anda pakai. Pertama, pisahkan bumbu kremes dengan daging ayam. Sehingga, saat disajikan, ayam cukup ditaburi dengan bumbu kremes. Sedangkan teknik yang kedua, yaitu dengan membuat bumbu kremes nya lebih dulu, lalu campurkan bumbu tadi dengan daging ayam sampai menutupi daging. Kedua teknik ini sama-sama mampu membuat Ayam Kremes jadi lebih crispy, tinggal Anda pilih yang mana.

bumbu ayam kremes

Bahan-bahan Membuat Ayam Kremes Gurih dan Lezat
Sebelum memulai membuat Ayam Kremes, maka Anda perlu mempersiapkan bumbu-bumbunya lebih dulu. Tahap ini sangat penting karena akan menentukan kualitas rasa dari Ayam Kremes buatan Anda. Lalu, apa saja bahan-bahannya?

  1. Daging Ayam
    Sebagai contoh, kita ambil sampel untuk satu ekor ayam. Potong menjadi beberapa bagian, jangan terlalu besar juga jangan terlalu kecil. Lebih baik, gunakan ayam kampung kalau ada.
  2. Bawang Merah & Bawang Putih
    Untuk membumbui satu ekor ayam, maka siapkan sekitar 6 siung bawang merah dan 3 siung bawang putih. Kipas kulitnya sebelum dihaluskan.
  3. Jinten
    Setengah sendok jinten untuk membumbui satu ekor ayam guna mendapatkan rasa tradisional yang khas.
  4. Ketumbar
    Bumbu yang satu ini, akan menghasilkan aroma yang lebih menggoda pada Ayam Kremes buatan Anda, cukup ambil satu sendok teh saja. Harus disangrai lebih dulu, ya.
  5. Merica
    Beri sedikit merica agar rasanya tidak terlalu flat.
  6. Garam
    Untuk ukuran penggunaan garam, mungkin setiap orang punya selera berbeda-beda. Gunakan sesuka Anda asal jangan terlalu asin.
  7. Daun Jeruk
    Cuci dahulu daun jeruk. Siapkan sekitar 4 helai.
  8. Lengkuas
    Cuci dahulu lengkuas, agar rasanya pas, cari ukuran setengah hari orang dewasa.
  9. Daun Salam
    Agar aromanya lebih khas lagi, campurkan daun salam yang telah dicuci sebanyak 2-3 lembar.
  10. Tepung Tapioka
    Siapkan Tepung Tapioka sebanyak dua sendok makan, Anda juga bisa menggantinya dengan Tepung Kanji.
  11. Baking Powder
    Gunakan Baking Powder secukupnya.
  12. Serai
    Cukup gunakan satu Batang serai berukuran sedang.
  13. Tepung Beras
    Anda perlu memilih Tepung Beras dengan kualitas baik. Gunakan paling tidak dua sendok makan dengan tekstur yang sudah halus untuk membuat Kremes.
  14. Minyak Goreng
    Kalau bisa, gunakan minyak goreng yang masih baru, ya. Agar rasanya benar-benar fresh.

Biasanya, jika Anda membeli Ayam Kremes di restoran, maka harga yang dipatok akan sedikit mahal. Itulah mengapa Anda perlu belajar memasak sendiri karena selain bisa menakar komposisi bumbu ayam kremes , Anda juga bisa lebih hemat. Terlebih jika anda punya niatan untuk menjual hasil karya Ayam Kremes yang tentunya akan menjadi tambahan pundi-pundi uang.

Siapkan 14 Bahan Ini Biar Ayam Kremes Lebih Gurih dan Lezat! | admin | 4.5