Pengertian, Ciri, dan Klasifikasi Mamalia

Monday, May 13th, 2019 - Biologi

Tahukah Anda, kambing, kerbau, dan sapi merupakan beberapa contoh hewan mamalia. Jadi, apa itu hewan mamalia ? . Mamalia disebut juga sebagai hewan menyusui, yang didefiniskan sebagai kelas hewan vertebrata yang mempunyai kelenjar susu. Pada hewan betinia, kelenjar susu tersebut berfungsi sebagai sumber makanan untuk anaknya. Jenis hewan ini mampu menghasilkan susu dan identik dengan hewan yang melahirkan. Walaupun sebenarnya ada hewan mamalia yang tidak melahirkan, namun berkembangbiak dengan cara bertelur misalnya kelompok reptil.

Ciri-Ciri Hewan Mamalia
Mamalia memiliki beberapa ciri-ciri sebagai berikut:

1.Memiliki tulang belakang (vertebrata) dan kelenjar susu (glandula mammae).
2.Bergerak dengan cara berjalan, berenang, dan memanjat.
3.Memiliki rambut di atas kepalanya.
4.Mempunyai kuku jari atau cakar untuk memanjat maupun mencari makanan.
5.Memiliki 3 jenis gigi yaitu gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham.
6.Alat pernapasan berupa paru-paru.
7.Memiliki 2 serambi dan 2 bilik pada organ jantungnya.
8.Berkembang biak secara internal dengan cara melahirnya, kecualit reptil dengan cara bertelur.
9.Tempat berkembangbiak embrio berada di dalam rahim atau uterus.

Klasifikasi Hewan Mamalia
Mamalia diklasifikasikan ke dalam beberapa ordo, berikut diantaranya:

mamalia
1.Ordo Marsupialia
Marsupialia adalah mamalia dengan ciri memiliki kantung pada bagian perut yang berfungsi untuk membawa maupun menyusui bayinya. Contoh mamalia yang termasuk ke dalam ordo marsupialia yaitu Kanguru, Koala, dan Kuskus.
2.Ordo Insektivora
Ordo insektivora memiliki ciri mata tertutup, cakar kuat dan tebal, serta telapak kaki cenderung melebar. Jenis hewan yang termasuk insektivora seperti: Tikus Tanah dan Tapis.
3.Ordo Demoptera
Mamalia jenis ini mempunyai parasut yang didapatkan dari membran yang terhubung dengan keempat kakinya. Contoh hewan yang termasuk Demoptera yaitu: Monyet Terbang, Tubai Terbang, dan beberapa enis serangga.
4.Ordo Primata
Ordo primata adalah mamalia berjenis omnivora, memiliki ciri utama jari lebih panjang dan besar, sehingga kuat untuk mengambil makanan. Contohnya: Monyet, Gorila, dan Orang Hutan.
5.Ordo Artiodactyla
Ini merupakan jenis ordo mamalia yang terdiri dari binatang berkaki genap. Beberapa hewan yang termasuk Artiodactyla adalah Kambing, Jerapah, Sapi, dan Kerbau.
6.Ordo Carnivore
Ordo Carnivore merupakan jenis mamalia pemakan daging, dengan ciri-ciri memiliki taring tajam dan cakar untuk mencabik mangsa. Contonya: Harimau, Anjing, dan Singa.
7.Ordo Chiroptera
Mamalia Ordo Chiroptera memiliki selaput membran yang menghubungkan kaki depan dan belakang, contohnya: kelelawar.
8.Ordo Cetacean
Mamalia jenis ini hidup di perairan, contohnya lumba-lumba dan paus. Walaupun tidak memiliki kelenjar susu, namun dikategorikan dalam jenis mamalia karena berkembangbiak dengan cara melahirnya dan bernapas dengan paru-paru.

Pengertian, Ciri, dan Klasifikasi Mamalia | admin | 4.5