Rekomendasi Pakan Terbaik Untuk Ikan Cupang dan Plus Minusnya

ikan cupang

Ikan yang sebetulnya sudah sangat dikenal sejak dulu ini, sekarang semakin populer dan banyak yang hoby memeliharanya. Namun karena begitu familiar, banyak orang menganggap bahwa ikan ini mau menyantap apapun, padahal tiap pakan memiliki plus minusnya sendiri. Baik pelet, kutu air, cacing, dan jentik nyamuk atau encu, mempunyai resiko tersendiri kepada ikan kesayangan kita.

Lalu apa pakan terbaik untuk ikan cupang? Apakah encu, artemia, kutu air, atau pelet biasa jadi mana yang terbaik untuk ikan cupang ?

1. Pakan pelet

Pelet adalah pakan buatan yang dibuat dari berbagai macam bahan dan vitamin yang bagus untuk ikan. Ukuran pelet biasanya bervariasi mulai dari besar hingga ada yang kecil sekali sesuai dengan ikan yang akan memakannya. Dengan harganya yang relatif murah dan terbilang awet untuk di berikan, membuat pelet menjadi pakan yang paling banyak diberikan untuk ikan peliharaan.

Namun jika pelet dibandingkan dengan pakan alami seperti encu kutu air, dan cacing sutra, jelas pakan alami yang bergerak akan lebih di sukai. Jadi bisa dibilang ikan cupang atau ikan kecil lainnya sebaiknya hanya diberikan pelet ketika tidak ada pakan alami.

Baca Juga  Tips untuk mengetahui ciri-ciri Ayam yang Tahan Pukul

2. Pakan cacing sutra

cacing-sutra

Pakan cacing sutra cukup di gemari oleh ikan cupang dan ikan lainnya, namun yang perlu di ingat adalah jangan memberikan pakan ini berlebihan. Cacing sutra ini mudah sekali mati apalagi wadah ikannya kecil, jadi pakan cacaing sutra yang tidak dimakan itu akan akan membusuk membuat air menjadi bau dan tentu membuat air tidak sehat lagi untuk ikan. Akibatnya akan menjadi racun yang bisa membuat ikan sakit atau mati

3. Pakan kutu air

kutu air cupang

Sama seperti pakan alami lainnya pakan ini juga cukup digemari oleh ikan terutama untuk burayak atau bayi-bayi ikan. Pakan ini menjadi pilihan utama bersama artemia, karena tentu ukurannya yang kecil hingga mudah dimakan oleh burayak atau bayi ikan tersebut.

Namun ada resiko tersendiri untuk kutu air yaitu kutu zet(jet) yang sekilas susah dibedakan antara keduanya. Ini seakan jodohya dimana terdapat kutu air pasti terdapat juga kutu z, jadi memberi pakan berlebih untuk ikan dari kutu air sangat beresiko apabila terdapat banyak kutu z. Nah hal ini lah yang akan membuat ikan sakit atau mati. Jadi bagi ikan cupang, kutu air ini tidak direkomendasikan.

Baca Juga  Kiat Praktis Merintis Bisnis Peternakan Ayam yang Keuntungannya Besar

4. Pakan artemia

artemia cupang

Artemia cukup baik untuk menjadi pakan ikan terutama burayak atau anakan ikan. Pakan ini ada yang bersifat instan dan ada juga yang harus diproses seperti ditetaskan terlebih dahulu. Namun kembali lagi tergantung karakter ikan yang kita beri makan. Nah untuk ikan cupang sendiri menyukai pakan yang bergerak jadi lebih di utamakan artemia yang hidup atau di tetaskan terlebih dahulu.

Kekurangan dari pakan ini yaitu, apabila kita memberi artemia yang hidup di air asin ke air tawar maka tidak akan tahan lama. Jadi harus benar-benar secukupnya saja. Kekurangan artemia lainnya adalah memerlukan alat dan biaya untuk menetaskannya jadi kurang efektif untuk mereka yang tidak mau ribet atau mengeluarkan dana untuk beli perlatannya. Apakah Artemia adalah pakan terbaik? Jika dari keamanannya tentu ini yang terbaik karena tanpa resiko terhadap ikan. Namun karena ada proses menetaskannya, membuat artemia cukup merepotkan.

5. Pakan encu atau jentik nyamuk

encu pakan cupang

Ini adalah jenis pakan yang sangat umum di ketahui oleh semua orang sebagai makanan ikan cupang. Pakan encu atau jentik nyamuk memang sangat digemari oleh cupang, bahkan dari cupang yang kurus bisa seketika perutnya gendut setelah memakan pakan ini.

Baca Juga  Tips Mengatasi Nafsu Makan Berkurang Pada Ayam Bangkok Aduan

Kekurangan dari pakan ini adalah mencarinya yang gampang-gampang susah. Jadi resikonya pakan encu keberadaan stoknya tidak menentu. Encu atau Jentik relatif aman bagi kesehatan ikan, asalkan standar kebersihan ketika kita mengambil pakan dari alam harus dibilas terlebih dahulu sebelum diberikan ke ikan kesayangan kita. Yang perlu diingat lagi dari pakan ini adalah, serok encu secukupnya, karena jika tidak termakan nanti jentik itu bisa membuat rumah menjadi banyak nyamuk!

Nah begitulah pakan ikan cupang terbaik yang bisa teman-teman pertimbangkan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan terhadap pakan ikan yang baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *