Living in Harmony, Komitmen Pengelolaan Limbah PGN Saka Menjaga Keselarasan Lingkungan

pengelolaan limbah
pengelolaan limbah PGN Saka

Pengelolaan limbah menjadi sangat krusial ditengah isu lingkungan yang semakin mengkhawatirkan. Inilah saatnya bagi semua pihak bekerjasama menerapkan prinsip kelestarian lingkungan hidup yang berkelanjutan. Ini adalah konsep luas yang mencakup berbagai isu, termasuk perubahan iklim, pengurangan polusi, pengelolaan limbah, sumber daya alam, dan keanekaragaman hayati.

Tidak ada Bumi kedua yang bisa Kita tuju jika Bumi Kita sekarang tidak mampu lagi mendukung kehidupan. Untuk itu, pemenuhan kebutuhan masa kini harus dilakukan tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang.

Pengelolaan Limbah dan Dekarbonisasi PGN Saka

Setiap perusahaan memainkan peran yang sangat penting dalam lingkungan. Ini karena tidak bisa dipungkiri bahwa mereka menggunakan sumber daya, menghasilkan emisi, dan menghasilkan limbah. Oleh karena itu, ada tanggung jawab yang besar untuk sebisa mungkin mengurangi dampak yang dihasilkan sehingga lebih ramah lingkungan.

Dengan menerapkan praktik berkelanjutan, meningkatkan kesadaran terhadap pengelolaan limbah dan energi bersih, Perusahaan dapat mengurangi dampak terhadap lingkungan, menghemat uang, dan meningkatkan reputasi. Selain itu juga dapat menciptakan peluang pasar baru dan memposisikan diri untuk kesuksesan jangka panjang.

Baca Juga  Solusi Isi Saldo Kartu BRIZZI di Smart Phone Tanpa NFC

Prinsip sustainability ini juga disadari betul PGN Saka selaku perusahaan energi yang melakukan usaha dan investasi di bidang hulu minyak dan gas. Dengan pengalaman dan rekam jejaknya yang panjang di bidang ini, PGN Saka terus berkomitmen untuk memaksimalkan efisiensi dalam memproduksi cadangan minyak dan gas dengan tetap memperhatikan keselamatan lingkungan dan menimalisir risiko lingkungan.

PGN Saka

PGN Saka menerapkan filosofi “Living in harmony” dimana Perusahaan menjaga keselarasan antara kelestarian lingkungan, kesejahteraan masyarakat, dan proses bisnis melalui penerapan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan yang terencana dan berkelanjutan.

Perusahaan memastikan pengurangan dan pemanfaatan limbah berdasarkan rekomendasi dari kajian Penilaian Daur Hidup dan melakukan kerjasama dengan banyak pihak untuk pengelolaan limbah serta menerapkan kebijakan Extended Producer Responsible. PGN Saka memastikan untuk bertanggung jawab terhadap dampak lingkungan seluruh rantai pasok produksi.

Ada banyak manfaat bagi bisnis yang menerapkan praktik berkelanjutan.

Penghematan biaya:

Dengan menerapkan prinsip sustainability, Perusahaan dapat melakukan banyak penghematan. Biaya yang sebelumnya digunakan untuk energi, air, dan material bisa dikurangi dengan signifikan. Misalnya, PGN Saka memasang solar panel di Ofshore-Sidayu yang dapat mengurangi emisi 67,42 ton CO2 dan penghematan 25.052 ton Solar.

Baca Juga  Cara Menjadi Sponsor Anak di Chosen WVI

Peningkatan reputasi:

Keberlangsungan lingkungan adalah isu penting yang saat ini terus disorot, sehingga jika sebuah Perusahaan memiliki fokus yang tinggi terhadap lingkungan maka akan meningkatkan reputasi yang pada akhirnya lebih mampu menarik pelanggan dan investor.

Peningkatan produktivitas:

Dengan efisiensi sumber daya yang dipakainya, sebuah Perusahaan berkelanjutan cenderung lebih produktif. Selain itu dengan mengambil langkah-langkah untuk memitigasi risiko lingkungan hidup memiliki kemungkinan lebih kecil untuk berkonflik dengan lingkungan.

Peluang pasar baru:

Bisnis yang berada di garis depan keberlanjutan mempunyai posisi yang baik untuk memanfaatkan peluang pasar baru. Misalnya, bisnis yang mengembangkan produk dan layanan berkelanjutan kemungkinan besar akan mengalami peningkatan permintaan.

Perusahaan terus berupaya mengurangi limbah, memanfaatkannya dan melakukan pemberdayaan masyarakat sekitar. Salah satunya adalah pengelolaan air limbah terproduksi, PGN Saka melakukan re-injeksi ke sumur produksi sebagai proses pressure maintenance, dan sisanya dibuang secara aman setelah dilakukan pengolahan.

PGN Saka juga membentuk area konservasi di area Ujung Pangkah, Gresik dengan melakukan program penanaman mangrove. Kegiatan ini tidak hanya melibatkan PGN Sangka tetapi juga partisipasi aktif dari masyarakat sekitar.

Baca Juga  HSB Platform Trading Online Terpercaya Cocok Buat Cari Cuan

Kelestarian lingkungan merupakan permasalahan yang kompleks, namun hal ini merupakan permasalahan yang tidak boleh diabaikan oleh dunia usaha. PGN Saka menunjukan bahwa Perusahaan sangat peduli dan bertanggung jawab dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dalam setiap kegiatan operasionalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *