3 Tips Mendapatkan Modal Untuk Usaha Rumahan

Friday, September 13th, 2019 - Finance

Siapa yang tidak mau diam di rumah, memperoleh penghasilan, sambil tetap mengurus anak dan suami? Semua perempuan pasti menginginkannya. Inilah mengapa ada banyak sekali peluang usaha rumahan yang dijalankan oleh para Ibu Rumah Tangga yang tidak berkarir.

Meskipun kelihatannya mudah, memiliki usaha rumahan ternyata bukan perkara sepele. Ada banyak hal yang harus dilakukan agar industri yang dijalankan berjalan dengan baik dan tanpa hambatan. Hambatan utama usaha semacam ini tentu saja dari sisi keuangan.

Nah, apabila Anda tertarik untuk membuka bisnis rumahan sendiri, berikut beberapa tips modal usaha rumahan sebagai referensi.

modal usaha

1. Cari Peluang Modal Usaha Tanpa Pinjaman dan Agunan
Perkembangan dunia perbankan yang selaras dengan majunya teknologi membuat banyak sekali peluang mendapat modal tanpa harus meminjam atau menjaminkan properti.

Anda bisa memperoleh modal untuk membangun bisnis rumahan dari menggadaikan atau menjual barang berharga seperti perhiasan, alat elektronik, ataupun kendaraan. Apabila harta yang dimiliki tidak seberapa, cobalah untuk mengajukan KTA (Kredit Tanpa Agunan) syariat yang belakangan sedang populer dan diminati.

Berbeda dengan kredit konvensional. sistem perbankan berbasis syariat ini tidak memberlakukan bunga. Syaratnya pun hampir sama dengan pinjaman biasa, kecuali KTA syariat mewajibkan nasabahnya untuk membuat surat pernyataan.

Surat tersebut merupakan jaminan dari peminjam kepada pemilik modal, bahwa dana pinjaman benar-benar digunakan untuk keperluan yang tidak melanggar syariat.

2. Mulailah Usaha Rumahan yang Minim Risiko
Meskipun mungkin peluang mendapatkan keuntungannya berlipat, jangan mudah terlena dengan usaha rumahan yang membutuhkan banyak modal dan berisiko. Apabila modal usaha yang dimiliki terbatas, pilihlah jenis usaha rumahan yang tidak memerlukan banyak modal.

Misalnya, jual beli pulsa elektrik, toko fashion online dengan sistem dropship, atau jasa seperti laundry dan catering. Agar peluang memperoleh keuntungan lebih besar, hindari membeli barang dalam jumlah besar untuk dijual belikan kembali.

Paling tidak, bangunlah dulu usaha Anda sampai benar-benar stabil dan mampu menanggung segala jenis risiko.

investasi ibu rumah tangga

3. Hindari Pinjaman dengan Bunga Mencekik
Mendapatkan modal dengan nominal yang besar memang cukup menggiurkan, padahal yang paling utama adalah, apakah modal sebesar itu bisa kita kembalikan tepat waktu? Jika merasa belum sanggup, sebaiknya hindari peminjaman modal dengan bunga mencekik dan tenor singkat.

Anda juga bisa memanfaatkan lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman tanpa riba atau bunga, agar proses pendirian usaha rumahan tidak terlalu berisiko.

Nah, itulah beberapa tips modal usaha rumahan bagi Anda yang sedang berusaha menjalankan bisnis dengan modal terbatas.

Menjadi sukses dari bisnis kecil seperti ini mungkin memang membutuhkan waktu yang lumayan lama, tapi bukan berarti Anda bisa cepat menyerah. Lakukan inovasi-inovasi menarik agar usaha rumahan yang dimiliki tampil beda dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat zaman now. Semoga bermanfaat.

3 Tips Mendapatkan Modal Untuk Usaha Rumahan | admin | 4.5