Rekomendasi Games Bertema Kuliner dan Manfaatnya Untuk Perkembangan Anak

Manfaat game makanan dan kuliner Online Bagi Si kecil.

Games dengan tema makanan dan kuliner bisa jadi pilihan terbaik untuk mengatasi rasa penasaran si Kecil. Saya sebagai orang tua, merasakan sendiri bahwa usia balita adalah usia dimana ia banyak belajar. Anak perempuan yang masih berusia 3 tahun itu sangat penuh dengan rasa penasaran dan begitu tertarik untuk mencoba apapun termasuk juga pada makanan dan memasak.

Ia akan antusias untuk pergi ke dapur saat mamanya akan memasak. Sebagai orang tua Kita tentu sulit untuk membiarkan anak-anak memasuki dapur terutama ketika mereka masih terlalu kecil. Ini akan membahayakan dan bukan tindakan yang tepat membiarkannya masuk ke dapur.

Manfaat game tema makanan dan kuliner Online Bagi Si kecil.

Nah solusinya adalah mengajaknya untuk bermain game memasak online, ini akan membuatnya senang dan disatu sisi juga mengedukasi mereka tentang dunia kuliner sejak usia dini. Dengan cara ini tidak hanya membantu mereka mendapatkan pendidikan tentang konsep memasak makanan, namun juga menyentuh hati mereka dengan perhatian Kita. Mengajaknya bermain bersama akan sangat baik bagi perkembangan emosionalnya.

Game meningkatkan kepercayaan diri dan kemandirian

Ketika anak-anak mengambil inisiatif, menyelesaikan level permainan, atau mengikuti arahan dengan benar, mereka akan merasa nyaman dengan diri mereka sendiri dan bangga dengan apa yang telah mereka lakukan.

Misalnya game simulasi chef, ini memungkinkan anak-anak berkreasi dengan peran koki dan mencoba keterampilan kuliner mereka di dunia games. Ketika anak-anak percaya pada keterampilan mereka sendiri, mereka akan tumbuh dengan rasa percaya diri, tanggung jawab, dan kemandirian.

Game bisa meredakan stres

Selain menjadi hiburan yang sangat menenangkan, memasak juga berpotensi menjadi terapi. Ini dapat membantu anak rileks dan mengalihkan pikirannya dari pikiran-pikiran yang mengganggu, sehingga memungkinkan mereka untuk fokus pada hal lain.

Permainan memasak mengajarkan anak-anak tentang keamanan

Selain mengajari mereka cara menyiapkan bahan atau menyiapkan makanan, permainan memasak mendidik anak tentang keamanan dapur, penggunaan peralatan dapur, dan menghindari bahaya. Ini akan mempersiapkan dirinya jika nanti kelak memassuki dapurnya sendiri.

Baca Juga  6 Tahap Perkembangan Anak yang Bisa Dilihat dari Cara Bermainnya

Game memasak online dapat membantu anak-anak memahami dunia

Games memasak online gratis dapat membantu anak-anak meningkatkan pemahaman mereka tentang dunia di sekitar mereka dan memperkaya pengetahuan mereka tentang dunia makanan. Mulai dari mempelajari bahan-bahan, jenis peralatan dapur, jenis makanan dan banyak hal lainnya.

Selain itu, permainan memasak juga dapat membangkitkan minat anak terhadap berbagai bahan dan masakan. Mereka akan penasaran untuk mencoba makanan baru jika mereka “memasaknya” sendiri. Games makanan juga dapat mendorong anak-anak membuat pilihan makanan sehat.

Permainan memasak dapat menumbuhkan kreativitas

Game memasak online gratis mendorong anak-anak untuk mencoba hal-hal baru dan berpikir out of the box dengan membiarkan mereka bereksperimen dengan bahan-bahan, resep, dan metode persiapan. Gim semacam itu dapat membantu anak-anak mengembangkan pola pikir berkembang, kreativitas, dan kebebasan untuk menentukan pilihan sendiri.

Rekomendasi games memasak untuk anak Balita

Anak kecil mungkin mengalami kesulitan dalam menemukan permainan yang sesuai dengan usianya. Oleh karena itu, sebagai orang dewasa, kita harus mendampinginya, memilih games yang aman, dan membatasi screen time agar tidak berlebihan.

Untuk usia balita, games yang dimainkan harus memiliki gameplay yang sederhana sehingga bisa dipahaminya. Berikut adalah beberapa games memasak dan makanan yang akan cocok dimainkan olehnya.

1. Tile 2 Match

Tile 2 Match adalah game yang sangat sederhana, Kita harus mencocokan dua ubin yang memiliki gambar buah atau sayuran yang sama. Kita hanya perlu men-tap ubin yang dipilih maka ubin yang cocok akan menghilang. Ada 120 level yang bisa dimainkan dimana tingkat kesulitannya akan terus bertambah.

Bagi anak kecil, permainan ini akan terasa menyenangkan. Mencari gambar buah dan sayuran yang sama akan mengasah tingkat konsentrasinya juga mengajarkannya pada beragam bentuk buah serta sayur. Yang pasti game tile 2 match boleh dicoba.

Mainkan gamenya disini : https://www.culinaryschools.org/kids-games/tile-2-match/

2. Cooking Mahjong

Mahjong cooking

Ini adalah jenis games masak yang menantang, tetapi juga punya tampilan yang bagus. Plus ditambah dengan suara musik oriental dan suara masakan menjadi backsound yang menenangkan. Pada dasarnya masih sama dengan game mahjong, pemain harus mencocokan piring untuk mengeliminasinya.

Baca Juga  Beragam Varian Rasa Yummy Bites Crackers, Cemilan Sehat bagi Si Kecil

Yang membuatnya seru adalah, kita tidak bisa sembarangan mencocokan piring tetapi harus sesuai dengan resep yang ada di kiri atas. Disana ada empat resep yang harus Kita ikuti saat ingin mengeliminasi piirng yang ada. yang membuatnya semakin menegangkan adalah ada waktu tertentu yang harus dikalahkan.

Mainkan gamenya disini : https://www.culinaryschools.org/kids-games/cooking-mahjong/

3. Sweet Memory

Sweets Memory Game

Tidak seperti games memory lainnya yang tingkat kesulitannya semakin meningkat seiring dengan level yang dilaluinya, maka games sweet memory ini menawarkan pilihan yang tetap. Ada pilihan 6, 8, 10 dan 12 pasang makanan disesuikan dengan keinginan Kita.

Untuk anak Balita, Kita pilih yang paling bawah saja agar mereka tidak terlalu sulit memainkannya. Disini pemain akan dapat kesempatan untuk melihat terlebih dulu makanan yang ada sebelum ditutup, nah tugas pemain adalah menemukan yang cocok. Ini adalah game yang cocok untuk melatih daya ingat si kecil.

Mainkan gamenya disini : https://www.culinaryschools.org/kids-games/sweets-memory/

4. Fruits and Vegetables Word for Kids

Fruit & Vegetable games
Fruit & Vegetable games

Ini adalah permainan yang tepat bagi si kecil yang sedang belajar mengeja kata. Ada huruf acak yang bisa di drag kedalam kotak sesuai dengan gambar buah dan sayuran yang ditampilkan. Susun semua huruf sebelum waktu yang disediakan habis.

Kata yang ditampilkan dalam bahasa inggris, jadi ini akan menjadi game edukasi yang bagus bagi si kecil karena selain belajar mengenal huruf, jenis buah dan sayuran tetapi juga belajar bahasa inggris.

Mainkan gamenya disini : https://www.culinaryschools.org/kids-games/fruits-and-vegetables-word-for-kids/

5. Fruit Fit

fruit fit

Game ini mengajak si kecil untuk belajar mengenal beberapa jenis buah-buahan. Ada dua menu yang bisa dipilih pada halaman awal game ini. Yaitu yang pertama “Learn Fruit“, disini si kecil akan melihat beragam buah-buahan, klik buah yang diinginkan maka akan ada suara yang mengatakan nama dari buah tersebut. Jadi disini anak kita akan mencoba mengenali berbagai buah tersebut.

Baca Juga  Pengertian, Ciri, dan Klasifikasi Mamalia

Menu yang kedua adalah “Guessing the Fruit“, disini dia akan disuruh untuk menerka buah sesuai dengan nama yang ditampilkan. Nah ini akan menarik sekali karena daya ingat si kecil ditantang, begitu buahnya berhasil diterka maka akan ada ucapan selamat yang muncul. Apresiasi seperti ini akan membesarkan hatinya.

Mainkan gamenya disini : https://www.culinaryschools.org/kids-games/fruit-fit/

Kesimpulan

Meskipun ada manfaat bermain game buah-buahan dan sayuran untuk anak, namun pastikan Kita memperhatikannya saat memainkannya. Temani dia bermain dan sesekali beri saran dan apresiasi. Dengan demikian mereka akan menyadari bahwa orang tua sangat peduli padanya. Ini akan menjadi kenangan manis yang akan terbawa hingga dirinya dewasa kelak.

Waktu pemakaian perangkat harus sesuai dengan usia, jika tidak maka dapat membuat ketagihan. Pastikan untuk memilih permainan edukatif yang sesuai dengan usianya. Bermain game memasak merupakan cara yang menyenangkan dan efektif untuk menarik minat anak terhadap makanan sehat dan memasak.

Game memasak online kini telah menjadi platform yang bagus untuk membantu anak-anak untuk meningkatkan pengetahuan mereka tentang dunia kuliner. Permainan ini punya kategori yang luas mulai dari beragam permainan mengelola kedai, permainan pizza, permainan buah dan sayuran dan banyak yang lainnya.

Bagian terbaiknya adalah game-game ini dapat dimainkan lagnsung melalui browser dari berbagai perangkat. Jadi, yuk ajak si kecil bermain games ini bersama-sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *