Panduan Memberikan MPASI pada Sang Buah Hati

Tuesday, March 26th, 2019 - Umum

Tahukah bunda, bahwa memberikan MPASI pada sikecil itu sebaiknya pada usia 6 bulan keatas. Pada usia dibawah itu sebaiknya hanya diberikan ASI sebagai sumber nutrisinya. Baru setelah bayi cukup kuat untuk menelan makanan, itulah saatnya bunda bisa mulai memperkenalkan MPASI kepadanya. Ciri berikutnya yaitu yang menandakan kalau si kecil sudah siap diantaranya adalah, ia sudah bisa duduk tegak dan dapat menopang lehernya dengan kuat. Hal ini sangat penting lho bun, karena dengan lehernya berposisi lurus ketika ia menelan makanan menjadi lebih mudah dan tidak tersedak. Selain itu, Ia menunjukan ketertarikan kepada makanan, dengan meraih-raih makanan dan mencoba membuka mulutnya. Nah saat itulah, bunda bisa mulai memberikan MPASI dengan porsi kecil seperti memakai sendok teh untuk pengenalan pada si kecil. Usahakan untuk memberikan 1 jenis makanan dahulu, agar diketahui apakah ia memiliki alergi dengan makanan tertentu atau tidak. Setelah itu, barulah bunda bisa memberikan variasi makanan kepada sikecil.

resep mpasi

Resep Mpasi yang baik terdiri dari paduan Karbohidrat, Protein Hewani, Protein nabati, dan Sayuran. Sumber karbohidrat bisa didapatkan dari nasi putih, nasi merah, jagung manis, kentang dan oatmeal. Fungsi dari karbohidrat adalah sebagai sumber glukosa yang bisa dirubah menjadi energi yang sangat dibutuhkan si kecil dalam menjaganya agar tetap aktif sepanjang hari. Protein hewani bisa didapatkan dari Daging ayam, Daging sapi, Salmon, dan Telur. Protein hewani membantu pembentukan sel otot, agar ia tumbuh dengan baik. Protein Nabati bisa didapatkan dari kacang hijau, tempe, kacang merah, tahu dan kacang polong. Protein nabati membantu memenuhi kebutuhan serat si kecil yang berfungsi melancarkan pencernaan. Lalu yang terakhir adalah Sayur, seperti wortel, bayam, labu dan brokoli sebagai pelengkap sumber vitamin yang menggenapi kebutuhan nutrisi si kecil.

menu-mpasi

Untuk pengolahannya, bunda bisa merebus semua bahan MPASI dan kemudian diblender dan menyaringnya sebelum diberikan kepada si kecil. Oh ia bun, jangan menambahkan penyedap rasa ya, karena pada dasarnya bayi usia diabwah satu tahun belum memiliki indra perasa yang baik. Selain itu efek samping penyedap rasa juga sangat jelek bagi perkembanganya, jadi lebih baik rasa natural saja yang diberikan makanan. Untuk variasi, bunda juga bisa memberikan buah-buahan sebagai makanan sela dari MPASI, tetap perlu di ingat ya bunda jangan memberikan buah-buahan dengan tekstur kerasa serta masam. Potong-potong buah dalam potongan kecil sekali makan, untuk mencegah si kecil tersedak.

Nah itulah beberapa hal yang perlu diketahui saat memutuskan untuk mulai memberikan MPASI pada si kecil, selamat mencoba ya bunda.

Tags:

efek campuran labu dan wortel untuk mpasi
Panduan Memberikan MPASI pada Sang Buah Hati | admin | 4.5