Mengenal Tugas dan fungsi Marshal dalam Balapan

tugas marshall
tugas marshall

Saat menonton balap MotoGP atau F1 kamu pasti sering melihat beberapa orang yang memakai baju orange mengibarkan bendera di sisi lintasan. Nah itu adalah salah satu tugas dari seorang Marshall. Seperti yang kita ketahui, Balapan motor ataupun mobil membutuhkan banyak perangkat agar bisa berjalan dengan sukses dan aman. Diantaranya adalah kehadiran “Marshal”, lalu apasih tugas mereka? Yuk kita kenali lebih jauh tentang mereka dalam postingan kali ini.

Apa itu marshal pada balapan motor atau mobil?

Marshals memainkan peran penting dalam pelaksanaan balap mobil atau motor. Mereka menjadi perangkat balapan yang bisa membantu jalannya balapan lebih aman dan lancar. Biasanya mereka mengenakan pakaian oranye yang mencolok agar bisa jelas terlihat. Mereka dipandang sebagai bagian tidak terpisahkan dari balapan. Mereja menjaga lintasan tetap bersih, memberikan instruksi kepada pembalap, dan tanggap menghadapi insiden.

Mereka harus sangat terlatih untuk menangani kecelakaan, kebakaran, evakuasi pembalap yang mungkin terluka, dan pembersihan lintasan. Mereka juga memiliki tugas lain, termasuk memberi sinyal kepada pembalap dengan bendera, membantu penonton, dan menjaga bagian trek mereka tetap teratur sehingga balapan dapat berjalan dengan efisien. Keselamatan dan efisiensi lintasan ada di tangan mereka.

Baca Juga  Pilih Ps5 Type Disk Atau Ps5 Digital? Ini Pertimbangan yang Harus Kamu Tahu

Ada berbagai macam peran dan tugas berbeda yang dapat dilakukan oleh seorang marshal, mulai dari tugas yang jelas terlihat di TV hingga peran administratif yang kurang dikenal. Berikut adalah beberapa jenis kunci marshal.

Trackside marshals: Ini adalah marshals yang mungkin paling jelas muncul di pikiran dan dapat secara teratur ditemukan di layar TV. Adalah tanggung jawab mereka untuk membantu memastikan bahwa lintasan bebas dari rintangan yang berpotensi berbahaya. Ini termasuk evakuasi mobil yang rusak dan memindahkannya ke tempat yang aman dan juga dapat mencakup pembersihan puing-puing, kerikil atau oli dari sirkuit.

apa itu marshall
apa itu marshal

Flag marshal: Ini adalah marshal yang lebih sering terlihat. Ia bertanggung jawab memberikan sinyal penting kepada pengemudi di trek. Ini dapat mencakup peringatan kepada pembalap tentang potensi bahaya, seperti mobil yang berputar, dengan mengibarkan bendera kuning atau memberi tahu pembalap bahwa trek sudah bersih lagi dengan menunjukkan bendera hijau. Finishline marshal memiliki tugas tambahan mengibarkan bendera kotak-kotak di akhir lomba.

Baca Juga  6 Wisata Kuliner Punclut Super Asik yang Wajib Dicoba

Pit marshals: Kelompok marshal ini berbasis di pitlane dan mereka dipanggil jika ada insiden di pit. Seperti tejadi tabrakan antara mobil yang masuk dan keluar pitbox mereka atau bisa juga mengatasi kebakaran saat mengisi bahan bakar. Beberapa pit marshal juga dilengkapi dengan speed gun untuk memastikan pengemudi tidak melebihi kecepatan yang diizinkan saat berjalan di pitlane.

Startline marshals: Ia memainkan peran penting sebelum dimulainya balapan, memastikan bahwa semua mobil atau motor berbaris dengan benar di grid. Mereka kemudian mengibarkan bendera kuning jika ada pembalap yang berhenti atau berusaha keluar dari garis saat balapan dimulai.

Paddock marshals: Marshals tidak hanya dibutuhkan langsung di sekitar sirkuit itu sendiri, mereka juga dapat melakukan peran lain di tempat tersebut. Para marshal Paddock melakukan berbagai tugas termasuk memastikan semua mobil berbaris dengan benar di area tunggu sebelum mereka menuju ke grid.

Administratif marshals: Marshals juga melaksanakan sejumlah tugas administratif di belakang layar, seperti berkomunikasi antara kepala pos marshal dan petugas course, yang bertanggung jawab atas perlombaan. Hanya karena kelompok marshal ini kurang terlihat, bukan berarti mereka tidak memiliki peran penting dalam memastikan balapan berjalan dengan sukses.

Baca Juga  7 Tempat Makan Murah dan Enak di Yogyakarta yang Harus Kamu Kunjungi

Siapa yang bisa menjadi marshal?

Hampir semua orang bisa menjadi marshal. Selama cukup sehat secara fisik untuk menjalankan tugas seorang marshal.

Apakah marshal dibayar?

Marshal biasanya adalah sukarelawan dan tidak dibayar, walaupun sukarelawan mereka dituntut untuk siap bekerja di segala cuaca dan kondisi. Inilah mengapa sangat penting bagi para marshal adalah seorang penggila acara balapan. Tanpa marshal, tidak akan ada balapan yang terselenggara. Peran yang dilakukan oleh marshal membuat mereka penting untuk keberhasilan sebuah acara balapan dan memastikan bahwa semua pembalapnya aman.

Tahukah kamu, bukan hanya acara balap sirkuit di mana marshal diperlukan – mereka juga penting dalam sejumlah acara balapan lain termasuk reli, karting, dan olahraga lari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *