Tips dan Waktu yang Tepat Untuk Berjemur Matahari

Thursday, April 9th, 2020 - Umum

Waktu yang tepat untuk berjemur dibawah sinar matahari dikatakan adalah pagi hari, pada waktu inilah banyak orang meyakini akan mendapatkan vitamin D gratis secara efektif. Namun walau demikian, beberapa ahli justru memiliki pandangan berbeda dan mengatakan berjemur di bawah sinar matahari pada siang hari sama baiknya.

Lalu, pertanyaannya kemudian adalah, berjemur yang paling tepat itu jam berapa sebenarnya?.

Waktu berjemur yang paling tepat jam berapa?

Silang pendapat terjadi membuat bingung orang-orang seperti kita, apakah waktu berjemur di bawah sinar matahari yang baik adalah saat pagi hari atau justru pada saat siang hari. Untuk menjawab hal ini kita harus mengenali dahulu sinar matahari apa yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu ultraviolet B. Sinarilah tubuh dengan paparan sinar matahari langsung agar manfaatnya terasa.

Sinar matahari ultraviolet B merupakan gelombang cahaya yang pendek yang dapat kita dapatkan saat sinar matahari naik, yakni sekitar jam 10.00 pagi hingga 15.00 siang. Pada waktu ini juga disebutkan memiliki risiko kanker kulit jenis cutaneous malignant melanoma paling rendah diantara waktu lainnya. Paparan sinar matahari rentang waktu ini dapat memicu produksi vitamin D yang dapat bertahan dua kali lebih lama dalam darah, bahkan jika dibandingkan dengan vitamin D yang didapatkan dari suplemen dan makanan.

Namun yang perlu di ingat adalah pada jam 10.00-15.00 ini memiliki paparan sinar matahari yang menyengat dan dapat menimbulkan risiko kulit terbakar. Oleh karena itu, batasilah waktu berjemur kita hanya selama 10-20 menit saja.

Tips berjemur di bawah sinar matahari

tips berjemur

Supaya kita memliki waktu berjemur yang nyaman dan aman, beberapa tips ini akan sangat berguna untuk kamu terapkan.

  • Sebelum berjemur, usapkanlah lotion tabir surya SPF 30 atau di atasnya pada permukaan kulit wajah, dan tubuh yang terkena paparan matahari secara langsung.
  • Oleskan lotion tabir surya minimal 15 menit sebelum berjemur, hal ini dilakukan agar kulit memiliki waktu untuk menyerap lotion sehingga memberikan perlindungan maksimal.
  • Cari tempat yang sepi dan nyaman agar kita bisa menggunakan pakaian yang sedikit lebih terbuka sehingga sinar matahari dapat langsung mengenai kulit.
  • Selama berjemur kita boleh melakukan aktivitas baik itu olahraga kecil seperti jalan santai, duduk atau bahkan rileks sambil membaca buku sambil menikmati alam terbuka.
  • Jika sudah berjemur jangan lupa untuk minum agar cairan yang hilang dapat tergantikan.
  • Lakukan istirahat hingga keringat bisa sepenuhnya hilang.

Nah itulah tips yang bisa kita lakukan agar berjemur menjadi lebih menyenangkan dan tentunya mampu meningkatkan imunitas tubuh kita sehingga lebih tahan terhadap serangan virus.

Tips dan Waktu yang Tepat Untuk Berjemur Matahari | admin | 4.5