Inilah Alasan Mengapa Asuransi Harus Menjadi Bagian dari Rencana Keuangan Kita

Apakah kamu sudah memiliki gambaran tentang bagaimana masa depanmu nanti? Masa depan memang sangat tidak bisa diprediksi. Tidak peduli seberapa keras kita berusaha, kita tidak pernah dapat benar-benar memprediksi apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Namun, yang dapat Kita lakukan adalah, mempersiapkan diri untuk menghadapinya dengan kemampuan terbaik. Masing-masing dari kita tentu memiliki tujuan, keinginan, dan pencapaian masing-masing yang ingin kita penuhi dalam hidup kita. Tujuan tersebut tidak dapat dicapai tanpa perencanaan keuangan yang matang.

Rencana keuangan dapat membantu kita untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik. Perencanaan keuangan adalah strategi untuk mencapai tujuan hidup melalui pengelolaan keuangan yang cermat. Kita harus menganggapnya lebih serius untuk membentuk dan melindungi masa depan kita dengan lebih baik. Allen Lakein pernah berkata, “Gagal merencanakan, berarti merencanakan untuk gagal.” Rencana Keuangan adalah penilaian komprehensif atas situasi keuangan Kita saat ini dan menentukan ikhtisar tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang, serta strategi yang akan membantu Kita untuk mencapainya.

Pentingnya Membuat Rencana Keuangan

Membangun fondasi keuangan yang kuat dimulai dengan memiliki instrumen yang tepat. Anggaran adalah salah satu hal yang perlu kita perhatikan, terutama jika berfokus pada menyiapkan dana darurat, menabung untuk masa pensiun atau melunasi cicilan. Rencana Keuangan juga harus mempertimbangkan untuk memberikan masa depan yang aman dan terjamin bagi keluarga. Keputusan yang cermat akan sangat membantu untuk menghadapi masa sulit dalam hidup.

Asuransi adalah hal yang sebaiknya ditambahkan ke instrumen keuangan Kita. Pertanggungan asuransi yang baik akan membuat kita dan keluarga aman. Alasannya, Kita tidak dapat mengontrol “hal buruk” yang mungkin terjadi dalam hidup. Tapi kita bisa mengatur keuangan kita untuk lebih mempersiapkan diri untuk “hal-hal buruk” tersebut. Misalnya jika dirawat di rumah sakit, kerusakan pada properti, kehilangan kendaraan atau saat-saat sulit lainnya.

Asuransi juga menawarkan platform keuangan yang kokoh bagi anggota keluarga untuk berkembang di masa depan. Sebagian besar dari kita sudah mengenal beberapa macam asuransi seperti, Asuransi kesehatan, Asuransi jiwa, Asuransi properti dan Asuransi mobil adalah yang paling umum.

Asuransi mobil penting untuk kita miliki untuk mengantisipasi dari keadaan tidak terduga di jalanan dan dari pencurian ataupun insiden lainnya. Kamu berfikir kamu adalah pengemudi yang baik dan aman. Tapi yang perlu di ingat, jalan dipenuhi oleh banyak kendaraan dengan karakter pengemudi yang berbeda-beda sehingga kemungkinan kecelakaan selalu ada. Jika hal buruk terjadi dan harus menutupi pengeluaran seperti itu dari kantong sendiri, itu mungkin akan sangat mahal. Mengambil asuransi mobil membantu kita untuk menyelesaikan keadaan darurat keuangan untuk menutupi biaya yang sangat besar.

Asuransi Kesehatan membantu kita terhindar dari kemungkinan mengeluarkan biaya besar saat sakit. Walaupun tentunya tidak ada yang berencana sakit atau terluka, tetapi kebanyakan orang membutuhkan perawatan medis pada suatu saat. Asuransi kesehatan menanggung biaya ini dan menawarkan banyak manfaat penting lainnya mencakup menjaga kesehatan, mengobati penyakit dan perlindungan dari kecelakaan.

Asuransi jiwa dapat memenuhi beberapa kebutuhan finansial yang berbeda. Pertama dan terpenting, ini dapat menggantikan pendapatan yang hilang untuk orang yang Kita cintai saat kita meninggal. Jika Kita berusia 20-an, kemungkinan besar masih lajang dan tidak memiliki anak, tetapi itu tidak berarti Kita akan tetap seperti itu, bukan? Jika kita menunggu untuk membeli pada usia lebih tua, Kita mungkin menghadapi besaran premi yang harus dibayar lebih tinggi. Perlu diketahui, asuransi jiwa akan lebih murah jika Kita memulainya saat usia muda dan semakin mahal seiring bertambahnya usia.

Memilih Asuransi yang Tepat

lifepal
lifepal

Kini kamu mungkin sudah mulai tertarik untuk memiliki Asuransi, tapi kemudian kebingungan menentukan asuransi mana yang terbaik dan paling cocok untuk dipilih. Untungnya kini ada Lifepal yang akan membantu kita membandingkan fitur dan ragam manfaat yang ditawarkan masing-masing asuransi. Kita juga bisa memperhatikan ulasan dari setiap produk Asuransi dan memperoleh pendapat objektif dari penggunanya langsung. Selayaknya situs ecomerce, Lifepal menjadi solusi yang praktis ketika ingin memiliki asuransi.

Menariknya, Lifepal bukan hanya bisa membandingkan, tetapi Lifepal juga menyediakan konsultasi keuangan gratis, tanya Lifepal, dan artikel keuangan yang sangat bermanfaat. Ini sesuai dengan semangat Lifepal yakni “Teman andalan untuk keuangan dan Asuransi“. Dengan mengunjunginya, kita bisa memiliki persfektif yang tepat tentang perencanaan keuangan, asuransi dan topik-topik finansial lainnya.

Renacana Keuangan untuk Masa Depan lebih Baik

Perencanaan keuangan membantu Kita untuk menghasilkan cukup bekal untuk masa pensiun yang bahagia. Untuk itu Kita perlu merencanakan hari ini untuk hari esok yang lebih baik dan lebih cerah. Singkatnya, adalah benar untuk mengatakan bahwa perencanaan keuangan memastikan bahwa Kita memegang kendali penuh atas keuangan, pendapatan, kewajiban, dan tahu persis apa yang perlu dilakukan jika situasi tertentu terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *