Ini Dia Alasan Setiap Orang Harus Belajar Akuntansi Dasar

sumber: facultive.com

Selama ada bisnis di dunia, akuntan akan selalu dibutuhkan. Kualifikasi di bidang akuntansi adalah cara terbaik untuk memulai karir. Tetapi selain itu, Akuntansi adalah ilmu yang dapat diterapkan dalam banyak bidang kehidupan. Bukan hanya untuk pekerjaan di perkantoran, pengetahuan tentang manajemen penggajian, rasio untung dan rugi, dan konsep terkait bisnis lainnya juga akan sangat berguna ketika memulai bisnis sendiri. Akuntansi bahkan dapat membantu kita dalam melakukan manajemen keuangan sehari-hari, seperti mengelola anggaran dan pengeluaran secara efektif.

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk mulai belajar, perlu dicatat beberapa manfaat utama yang dapat diberikan oleh akuntansi kepadamu.

Manfaat belajar Akuntansi

Belajar Akuntansi berarti menyiapkan dirimu untuk mampu mengidentifikasi, mencatat, mengklasifikasikan, memverifikasi, meringkas, dan menganalisis informasi keuangan. Dengan akuntansi kita bisa mengungkapkan laba atau rugi untuk periode tertentu, nilai serta sifat aset, kewajiban, dan ekuitas suatu bisnis atau perusahaan. Peran utama akuntan adalah menyiapkan dan memeriksa catatan keuangan dengan akurat, dan memastikan tagihan serta pajak dibayar dengan benar dan tepat waktu.

Banyak orang menggunakan alasan bahwa mereka “tidak pandai matematika” sebagai alasan keengganan mereka untuk belajar akuntansi. Padahal matematika yang dibutuhkan hanyalah keterampilan dasar, jika kamu dapat menambah dan mengurangi, mengalikan dan membagi, maka kamu sudah siap! Tidak ada yang perlu ditakutkan dari Akuntansi.

Akuntansi memiliki prospek kerja yang bagus.

Jika kamu memang ingin berkarier di bidang keuangan dan ekonomi, latar belakang akuntansi adalah dasar yang berharga untuk mengembangkan teori keuangan yang lebih luas. Akuntan dapat mengasah keahlian melalui penerapan metodologi yang sudah dikuasainya. Pekerjaan di bidang akuntansi selalu diminati dan keterampilan yang dipelajari melalui studi dapat ditransfer dan diterapkan ke banyak disiplin ilmu lainnya.

Rencanakan keuanganmu sendiri.

Jujur saja, dapatkah kamu menjelaskan ke mana perginya semua uang setelah gajian? Seringkali kita tidak memiliki rencana dan catatan. Uang gaji menguap begitu saja sehingga tampak tidak mungkin menyisihkannya untuk menabung. Nah, dengan beberapa pengetahuan akuntansi kita bisa mendapatkan pemahaman yang jauh lebih dalam tentang apa yang terjadi dengan keuangan diri sendiri. Mempelajari keterampilan untuk melacak pengeluaran secara efektif dan sesuai anggaran sehingga bisa menabung.

sumber: facultive.com

Buka Usaha Akan Sukses dengan Akuntansi

Ketika memutuskan untuk membuka usaha sendiri, kita akan mulai menapaki tantangan yang sesungguhnya. Kesuksesan usaha tidak terlepas dari kedisiplinan kita dalam mencatat setiap transaksi keuangan disinilah keterampilan akuntansi dibutuhkan dan mengambil peranan yang cukup penting. Akuntansi untuk usaha kecil dilakukan dengan menyimpan catatan lengkap dari semua pendapatan dan pengeluaran secara akurat dan memanfaatkannya untuk analisa keuangan dan proyeksi pengembangan kedepannya.

belajar akuntansi di facultive.com

Belajar Akuntansi Online Gratis di Facultive.com

Belajar akuntansi dengan cara yang menyenangkan dan mudah untuk dipahami tentunya sangat membuatmu penasaran bukan? Nah, Facultive.com menjadi wadah yang tepat bagi kamu karena disini tersedia berbagai materi pembelajaran di Bidang Akuntansi dan Finance yang terbuka untuk semua kalangan.

Bahkan bagi kamu yang benar-benar belum mengetahui apa itu Akuntansi, bisa memulai dengan mempelajari Akuntansi Dasar. Bahkan kedepannya akan ada pembelajaran mengenai topik keuangan, makro dan mikro ekonomi, model keuangan, aksi koporasi dan topik manajemen bisnis, semua bisa dipelajari tanpa harus keluar biaya.

Kelebihan lainnya adalah pembelajaran dilaksanakan secara online sehingga sangat fleksibel, bisa dilakukan dimanapun selama masih ada Internet. Selain web, facultive juga memiliki Channel Youtube yang berisi konten tentang akuntansi yang dijamin tidak akan membosankan dan mudah untuk dipahami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *