10 Aplikasi Pencatatan Keuangan untuk Android 2020

Banyak dari pelaku usaha yang tidak memperhatikan catatan keuangan dengan baik pada akhirnya gulung tikar atau bangkrut karena gagal mengelola keuangan. Mencampur keuangan pribadi dan keuangan usaha merupakan mimpi buruk jika tidak ditangani dengan tepat. Untuk itu diperlukan pembukuan keuangan yang rinci dalam setiap transaksi agar uang yang masuk dan keluar dapat tercatat dengan baik.

Pembukuan juga berguna untuk memantau stok barang dan melakukan analisa terhadap barang tersebut, manakah item yang laris dan manakah barang yang kurang laku. Berdasarkan data ini kita bisa melakukan strategi perkembangan usaha dengan cermat. Dengan catatan yang lengkap, kita bisa mengetahui berapa keuntungan dan meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi.

Namun sayangnya, saat ini banyak pelaku usaha yang masih melakukan pembukuan secara manual di buku tulis yang rentan hilang, tidak urut dan sulit untuk diakses ketika ingin dilihat kembali. Apalagi jika dilakukan setiap hari, pastinya akan membutuhkan banyak buku untuk mencatat dan akan semakin menumpuk seiring waktu. Nah untuk itu, mulailah untuk memilih aplikasi yang akan mengatasi pembukuan dengan mudah melalui layar smartphone.

10 Aplikasi Pencatatan Keuangan untuk Android 2020

1. BukuWarung

Unduh Aplikasi Pengatur Keuangan ini di playstore, dan mulailah untuk menggunakannya untuk mengelola keuangan usaha yang kita miliki. Aplikasi BukuWarung saat ini sudah digunakan oleh lebih dari 500.000 UMKM yang tersebar di lebih dari 500 kota sehingga terbukti tangguh dan dapat diandalkan. Aplikasi ini bukan hanya untuk mengelola warung saja tetapi hampir semua jenis usaha dapat menggunakannya. Dalam menunya ada beberapa jenis usaha yang dapat kita pilih yakni,  toko, mindring, toko parfum, laundry, cafe, penyewaan barang, agen travel, barbershop, logistik, konter dan masih banyak yang lainnya.

Untuk mulai menggunakannya, kita hanya perlu memasukan nomor ponsel dan nanti akan ada sms atau whatsap berisi kode konfirmasi untuk masuk ke aplikasi ini. Jika bingung dengan apa yang harus dilakukan, tenang saja karena kita bisa membaca dahulu tutorial yang terdapat dalam aplikasi BukuWarung. Pastikan kita memahami fitur-fiturnya agar dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

 

BukuWarung merupakan aplikais pencatatan keuang terbaik saat ini, memiliki rating 4,6 di playstore menggambarkan bahwa aplikasi ini sangat rekomended untuk dipilih. Dengan menggunakan BukuWarung kita tidak perlu repot lagi mencatat semua transaksi secara manual, lupakan buku dan pulpen kini kita bisa menggunakan smartphone untuk melakukan pencatatan. Untuk informasi lebih lanjut bisa membuka halaman bukuwarung.com.

2. LunasBos

 

Aplikasi pencatatan keuangan ini memiliki nama yang unik, yaitu LunasBos. Aplikais Lunasbos memiliki fitur yang sangat baik dalam mencatat utang piutang. Jangan sampai utang yang berjalan mengendap karena lupa menagih. Tidak perlu lagi menulisnya di buku, note, atau bahkan cuma di ingat saja yang bisa berpotensi lupa. Lunasbos menawarkan catatan utang untuk kedua belah pihak secara otomatis sehingga tidak akan ada kesalah pahaman mengenai berapa nominalnya dan tengat waktunya.

3. Andromoney

Aplikasi ketiga adalah AndroMoney, tampilannya yang sederhana dan rinci dapat dengan mudah menampilkan anggaran secara rinci, dan juga grafik yang menunjukkan pengeluaran, selain itu kiita bisa juga  melakukan kustomisasi dan kategori sesuai kebutuhan. Data yang sudah dibuat akan mudah diakses kembali karena akan tersimpan di Dropbox dan Google Docs.

4. Money lover

Dengan nama yang cukup unik, Money Lover merupakan Aplikasi manajer keuangan di smartphone android yang bisa digunakan untuk menata kehidupan finansial yang lebih baik. Kita bisa memantau uang yang dimiliki sehingga bisa mengaturnya dengan lebih bijak. Aplikasi ini juga bisa berfungsi untuk mengingatkan kita terhadap tagihan yang akan datang sehingga kita bisa mengantisipasi kemungkinan buruk yang dapat terjadi.

5. Manajer Uang Expense Tracker

Aplikasi monye manager membantu kita sebagai perorangan untuk melakukan perhitungan, penganggaran, merekam pendapatan dan pengeluaran dengan efisien. kita bisa mengatur tagihan keuangan berdasarkan jangka waktu tertenn seperti harian, mingguan, bulanan bahkan tahunan. Kita bisa membaginya kedalam jumlah transaksi dan kategori yang berbeda-beda.

6. Monefy

Monefy adalah manajer keuangan pribadi yang dapat melakukan pencatatan terhadap pengeluaran dengan cermat. Antar muka yang intuitif membuatnya mudah untuk digunakan. Kita bisa menyimpan data di google drive atau dropbox sehingga mengaksesnya kembali kapanpun.

7. Catatan keuangan harian

Sesuai namanya, aplikasi ini merupakan aplikasi untuk mencatat keuangan harian secara pribadi. Antarmukanya sangat simpel sehingga dapat dengan mudah digunakan, walaupun terlihat sederhana fitur-fitur pentingnya tetap bisa digunakan dengan optimal. Aplikasi ini bisa melakukan pencatatan pengeluaran, pendapatan, menghitung selisih dengan aman.

8. Anggaran cepat

 

Aplikasi Anggaran Cepat membantu kita untuk menjaga kondisi keuangan tetap terkontrol dan terkendali. Kita bisa mengecek pengeluaran harian dengan seksama dan membaginya kedalam berbagai kategori dan dapat disunting dengan mudah. Kita juga bisa menhadirkan data menjadi grafik sehingga lebih mudah dimengerti.

9. Finansialku

Aplikasi pengatur keuangan selanjutnya adalah Finansialku yang dapat membantu kita untuk mengelola dan membuat perencanaan keuangan dengan lebih mudah. Aplikasi keuangan ini juga menyediakan jasa konsultasi secara online dengan perencana keuangan yang tersertifikasi. Fitur yang tidak kalah penting adalah edukasi keuangan dan produk keuangan yang lengkap.

10. Money manager Expense & Budget

Aplikasi keuangan personal yang terakhir adalah “Money manager Expense dan Budget”, kita bisa membuat pos-pos keuangan agar bisa lebih tertata dengan baik. Fitur yang ditawarkannya lumayan lengkap mulai dari mencatat pengeluaran, menentukan budget belanja bulanan, hingga menentukan saving pendapatan.

Aplikasi Pengatur keuangan itu penting.

Melakukan pencatatan keuangan itu sangat penting baik bagi pelaku usaha ataupun bagi diri pribadi agar setiap transaksi dapat tercatat dengan rapi. Dengan menggunakan aplikasi tersebut kita bisa melakukan proyeksi keuangan yang lebih baik, mengakses data histori dengan mudah dan tidak perlu repot menulisnya di kertas. Nah semoga 10 aplikasi pencatatan keuangan android diatas akan bermanfaat bagi kamu dalam mengelola keuangan dengan lebih baik lagi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *