Tips Merawat Pakaian Katun Rayon Agar Awet dan Tidak Mudah Kusut

Kain rayon terbuat dari serat semisintetis, ini karena serat alaminya adalah selulosa yang berasal dari pulp kayu, sementara proses pembuatannya dilakukan dengan bahan kimia. Rayon adalah salah satu kain paling populer yang digunakan untuk beragam pakaian dan aksesori. Hal ini terjadi karena rayon merupakan bahan yang fleksibel dan terjangkau.

bahan kain rayon

Kain rayon memiliki tampilan yang berkilau seperti sutra, lembut, licin, dan menariknya, kain ini juga memiliki kemampuan menyerap keringat yang baik sehingga nyaman digunakan. Namun, kekurangannya adalah Rayon cenderung mudah kusut ketika selesai dicuci dan cenderung susah di setrika.

Untuk itu, memadukannya dengan bahan lain seperti katun akan lebih bagus daripada bahan serat alami atau sintetis tunggal. Kain campuran tidak hanya dapat mengurangi biaya untuk menghasilkan produk, tetapi juga dapat meningkatkan kenyamanan saat dipakai, penampilan, dan daya tahan kain. Katun yang terbuat dari kapas memiliki tekstur yang lebih lembut dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Katun rayon tetap bisa memberikan kesan penampilan yang halus pada campurannya, tetapi seperti kapas, bahan ini lebih kuat. Bahan kain ini banyak digunakan untuk fashion muslimah, seperti gamis, kerudung dan banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga  Toko Online Termurah dan Gaya Hidup Digital yang Semakin Diminati

Tips Merawat Pakaian Rayon

Pencucian kain katun rayon

Perawatan katun rayon bisa jadi cukup tricky, karena bisa menyusut dan berubah bentuk jika air atau pengeringnya terlalu panas. Semua pakaian rayon yang dapat dicuci harus diperlakukan sebagai pakaian yang halus. Lihat label pada pakaian dan ikuti saran pencuciannya tersebut.

Alih-alih memakai mesin cuci, mencuci dengan tangan sangat disarankan. Ini karena cukup lembut untuk mencegah kerusakan, tetapi jangan pernah memeras atau memelintirnya saat basah. Pakaian rayon dapat dicuci dengan menggunakan air dingin dan deterjen lembut. Isi bak cuci atau ember besar dengan air dingin, dan tambahkan deterjen lembut, aduk rata. Rendam pakaian. Aduk perlahan air berbusa agar pakaian terbuka pori-porinya. Biarkan meresap setidaknya selama 15 menit. Bilas dengan air dingin sampai sabun hilang dan airnya jernih.

Menghapus noda pada katun rayon

Jika pakaian katu rayon terkena noda kita bisa menghilangkannya dengan mengikuti tips menghilangkan noda untuk jenis noda tertentu. Serat rayon tidak cocok menggunakan pemutih klorin, meskipun diencerkan. Jadi pilihan yang lebih baik untuk menghilangkan noda, memutihkan, dan mencerahkan adalah dengan menggunakan oksigen bleach.

perawatan katun rayon
perawatan katun rayon

Cara mengeringkan

Baca Juga  Model Busana yang Laris Manis Selama Lebaran

Letakkan pakaian basah di atas handuk katun tebal, dan gulung untuk menyerap sebagian besar air. Saat pakaian rayon basah, itu akan kehilangan hampir setengah kekuatannya dan dapat dengan mudah robek atau berubah bentuk. Itulah sebabnya kita sebaiknya tidak menggunakan mesin cuci dan pengering.

Tarik perlahan dan bentuk pakaian kembali ke bentuk dan ukuran aslinya saat mulai mengering. Jangan biarkan dalam keadaan berantakan. Kerutan yang terjadi bisa sulit dihilangkan jika nanti sudah kering. Biarkan pakaian mengering di udara jangan dibawah sinar matahari langsung. Idealnya gunakan gantungan empuk sehingga bagian bahu tidak meregang atau berkerut.

Jika pakaian katun rayon berkerut berlebihan saat selesai dicuci maka ini perlu disetrika. Waktu yang paling baik adalah saat kainnya sedikit lembab. Gunakan setrika dengan suhu sedang, dan selalu setrika pada sisi kain yang berlawanan. Untuk perlindungan ekstra, gunakan kain katun antara setrika dan kain rayon. Menyetrika pada suhu tinggi dapat menghanguskan serat selulosanya dan membuatnya gosong menguning.

Baca Juga  8 Daftar Harga Flashdisk Terbaru dan Termurah

Nah jika sudah kering dan disetrika, kita bisa menyimpan pakaian katun rayon dengan cara menggantung atau melipatnya lalu letakkan di lemari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *