Tips Memilih Gitar Akustik Yang Bagus Untuk Pemula

Monday, June 12th, 2017 - Umum

Tips Memilih Gitar Akustik Yang Bagus Untuk Pemula – Anda yang baru pertama kali mempelajari gitar akustik pasti sangat menginginkan memiliki gitar sendiri. Banyak sekali pertimbangan saat memilih gitar pertama Anda. Anda harus tahu cara memilih gitar akustik yang benar. Beberapa tips akan dibahas tentang bagaimana memilih gitar akustik yang bagus untuk pemula.

Namun sebelum itu, pastikan Anda tahu jenis-jenis gitar akustik yang ingin Anda beli. Ada beberapa jenis gitar akustik yang mungkin bisa jadi pilihan. Beberapa memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda tinggal memilihnya sesuai dengan keinginan dan budget yang Anda miliki. Agar tak salah dalam memilih gitar akustik, yuk simak terlebih dahulu tentang jenis-jenis gitar akustik berikut ini:

  • Gitar akustik standar. Gitar akustik standar ini adalah gitar yang paling banyak kita temui. Banyak sekali yang menggunakan gitar ini baik pemula maupun orang-orang yang telah mahir sekalipun. Gitar akustik standar biasanya memang harganya lebih murah dibandingkan jenis gitar lain. Oleh karena itu, mungkin banyak sekali penggunanya. Gitar akustik standar yang biasanya dikeluarkan oleh merek Yamaha diciptakan khusus untuk para musisi pemula. Suara yang dihasilkan oleh gitar akustik standar ini sangat jernih dan ukurannya pas saat dipegang. Hal ini untuk memberikan rasa nyaman pada musisi pemula untuk mulai belajar gitar. Anda bisa mempelajari semua jenis musik dengan menggunakan gitar standar ini, karena semua jenis musik cenderung cocok dimainkan dengan gitar akustik ini.
  • Gitar akustik klasik. Gitar akustik ini biasanya digunakan untuk mengiringi musik klasik. Senar yang digunakan dalam gitar akustik klasik ini adalah senar nilon yang bunyinya lebih redam dibandingkan dengan bunyi senar gitar steel standar. Gitar akustik klasik biasanya banyak digunakan pada orkestra dan musik klasik. Jadi jarang digunakan untuk mengiringi musik-musik biasa pada umumnya.
  • Gitar akustik elektrik. Gitar akustik elektrik sebenarnya hampir mirip dengan gitar akustik standar, namun menggunakan listrik. Jika Anda menginginkan gitar elektrik tanpa menghilangkan karakter dari gitar akustik, sebaiknya Anda memilih gitar akustik elektrik ini. Gitar akustik elektrik ini memiliki kelebihan yaitu bisa mengatur bunyi yang dihasilkan sesuai dengan keinginan. Gitar ini dapat mengatur besar kecilnya bunyi dan mengatur basstreble sesuai keinginan Anda. Pada gitar elektrik ini terdapat piezo  yang dihubungkan dengan equalizer pada tubuh gitar sehingga tanpa pengeras suara pun suaranya akan terdengar nyaring.

Jika Anda telah mengetahui jenis gitar akustik, Anda tinggal memilih jenis gitar mana yang akan dibeli. Anda sekarang siap untuk menyimak tentang cara yang tepat untuk memilih gitar akustik untuk pemula. Begini tipsnya:

  • Harga. Pertama dan yang paling utama adalah menentukan kisaran harga gitar yang akan Anda beli. Anda harus tahu berapa kemampuan finansial Anda dalam memilih gitar akustik. Karena jika spesifikasi gitar yang Anda inginkan sudah cocok namun harganya terlalu mahal, hal tersebut akan percuma. Pilihlah harga dengan bijak. Beberapa gitar akustik memang harganya akan lebih mahal dengan yang lain. Tapi Anda harus tahu bahwa kualitas gitar akan selalu berbanding lurus dengan harganya. Lebih baik Anda menabung lebih dulu untuk mendapatkan gitar impian dengan harga yang sesuai keadaan keuangan Anda.
  • Bahan gitar. Tips berikutnya adalah memilih bahan kayu pada gitar yang akan Anda beli. Ada berbagai macam gitar dengan jenis kayu yang berbeda. Bahan kayu ini akan sangat mempengaruhi suara yang dihasilkan pada saat Anda memainkan gitar. Beberapa jenis kayu yang banyak digunakan untuk bahan gitar contohnya adalah kayu spruce, rosewood, mahogany, dan nato. Setiap bahan kayu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri dalam menghasilkan suara. Kayu alder biasanya menghasilkan suara yang seimbang, cenderung kaya, dan jenis kayu ini paling populer untuk dijadikan bahan pembuat gitar. Berikutnya kayu mahogany yang memiliki karakter suara hangat, kaya di tone rendah dan sedang, serta memiliki suara yang jernih juga lembut. Gitar yang berasal dari kayu rosewood menghasilkan suara yang lembut, hangat, dan kaya. Kayu ebony biasanya digunakan untuk suara hentakan-hentakan dan fingerboard, selain itu juga warna hitam yang dihasilkan dari kayu ini sangat elegan. Kayu hard maple memiliki kualitas yang baik untuk permainan gitar yang cepat, keseimbangannya baik seperti halnya dari kayu mahogany. Untuk pemula ada baiknya Anda memilih bahan gitar akustik yang berasal dari kau rosewood atau spruce karena kualitas suaranya yang jernih, natural dan volume yang keras. Karena itulah Anda akan lebih baik mendengar nadanya untuk memudahkan Anda dalam mempelajari gitar akustik.
  • Senar. Hal yang lain yang harus Anda perhatikan saat menentukan pilihan gitar akustik Anda adalah jenis senar. Ada dua jenis senar yang dapat digunakan untuk gitar akustik, yaitu senar nilon dan senar steel. Senar nilon baik digunakan jika Anda senang memainkan musik klasik. Apabila Anda lebih senang memainkan musik yang memiliki banyak melodi seperti blues atau rock ada baiknya Anda menggunakan senar steel pada gitar akustik Anda.
  • Bentuk gitar. Bentuk gitar akan berpengaruh terhadap suara yang akan di hasilkan. Oleh karena itu disarankan untuk Anda lebih cermat memilih bentuk gitar. Bagi Anda yang berbadan kecil sebaiknya memilih gitar yang ukurannya kecil, jika Anda punya badan yang besar sebaiknya Anda menggunakan gitar akustik yang agak besar. Sesuaikan gitar akustik Anda dengan  bentuk fisik Anda. Selain itu jika dilihat dari desainnya, pilihlah gitar akustik yang jumlah fretnya banyak. Fret gitar biasanya ada yang terdiri dari 17, 19, dan 20. Apabila Anda ingin mencapai nada tertinggi sebaiknya Anda membeli gitar akustik yang fretnya 20 atau 22, agar jangkauan nadanya lebih luas.
  • Suara. Ini pastinya menjadi hal yang paling penting untuk dicek saat Anda akan membeli gitar akustik. Anda sebaiknya melakukan pengecekan suara dengan dipetik atau di tuning terlebih dahulu. Anda bisa juga mengeceknya dengan memetik senar gitar dari ujung ke ujung untuk memastikan tidak ada buzzing. Setiap gitar sebenarnya memiliki karakternya sendiri. Anda bisa menyesuaikan suara gitar akustik mana yang Anda rasa pas di telinga.
  • Neck gitar. Jika Anda ingin membeli gitar akustik dengan suara yang bagus sebaiknya Anda memperhatikan kondisi neck gitar. Neck gitar yang lurus dan tanpa adanya sambungan atau retak biasanya menghasilkan suara yang lebih bagus dan jernih. Untuk mengeceknya Anda dapat menekan fret 1 dan fret 15 bersamaan, jika ada fret 5,6,7 dan 8 ada yang menempel berarti neck gitar Anda tidaklah lurus. Sebaiknya Anda memilih gitar yang lain saja.

Demikian ulasan tentang tips memilih gitar yang bagus untuk pemula. Setelah Anda menemukan gitar yang cocok untuk Anda, jangan lupa untuk melakukan perawatan pada gitar ya! Agar setiap komponennya awet dan tidak mudah rusak. Selamat bermain gitar!.[ps]

Tags:

gitar bagus
Tips Memilih Gitar Akustik Yang Bagus Untuk Pemula | admin | 4.5