Intip Lokasi, Harga Tiket dan Daya Tarik Sangeh Wisata

sangeh monkey forest
befreetour.com

Sangeh wisata atau biasa disebut Sangeh Monkey Forest merupakan salah satu tempat populer yang disucikan oleh penduduk Bali. Sesuai namanya, tempat ini menjadi habitat hidupnya ratusan ekor monyet. Di sana Anda bisa menemui monyet-monyet yang lucu dan menggemaskan hidup bebas dan saling berinteraksi satu sama lain.

Lokasi dan Hal Menarik di Sangeh Wisata

Sebagai objek wisata yang unik, tentu saja wisata Sangeh memiliki banyak peminat dari luar daerah, terutama yang tertarik dengan binatang. Kawasan ini sudah ada sejak tahun 1969 namun baru dikembangkan menjadi tempat wisata secara profesional sejak tahun 1971. Lokasi tempat ini berada di Jalan Brahmana, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali.

Jika Anda berangkat dari kawasan wisata Seminyak, Anda perlu menempuh waktu sekitar 1 jam 15 menit untuk sampai ke Sangeh. Sedangkan jika Anda berangkat dari Ubud, jarak tempuhnya akan lebih pendek, yaitu sekitar 18 Km atau sekitar 40 menit. Sangeh wisata ini sudah dapat diakses di Google Maps sehingga Anda bisa sampai ke sana dengan mudah.

Baca Juga  6 Wisata Kuliner Punclut Super Asik yang Wajib Dicoba

Area hutan yang menjadi tempat tinggal para monyet ekor panjang ini memiliki luas sekitar 10 ha. Hutan ini juga memiliki banyak pohon pala dan lebih dari 50 jenis tanaman lainnya seperti pohpoh, cempaka kuning, dan pule. Di sana juga terdapat pura peninggalan abad ke-17 bernama Pura Bukit Sari yang menjadi salah satu bukti kejayaan kerajaan di Bali pada masa lampau.

Awalnya, siapa saja dapat mengunjungi hutan homogen ini dengan membayar secara sukarela. Namun pada tanggal 01 Januari 1996 mulai diberlakukan harga tiket secara resmi. Hal ini didukung oleh dikeluarkannya Perda TK II Badung No. 20 Tahun 1995. Pemasukan dari tiket masuk nantinya akan dialokasikan untuk pemeliharaan kebersihan dan satwa monyet.

sangeh wisata
sangeh wisata monkey forest https://www.instagram.com/tiwianjaniputri/

Berapa Harga Tiket Masuk Sangeh Wisata?

Adapun harga tiket masuk ke Sangeh Monkey Forest adalah Rp10.000 untuk warga domestik dan Rp20.000 untuk warga asing. Sementara itu parkir mobil akan dikenakan biaya Rp5.000 dan motor Rp2.000. Objek wisata ini memiliki area parkir yang sangat luas dan teduh yang pada bagian depannya dibangun patung Rahwana berukuran raksasa.

Baca Juga  Ini Dia Destinasi Seru Untuk Nikmati Wisata Alam, Kuliner dan Belanja di Kota Kembang

Soal daya tarik, Sangeh memiliki keunikan yang tidak bisa ditemui di objek wisata lainnya. Di sana Anda bisa melihat pohon pala berukuran besar yang bentuk batangnya menyerupai kelamin pria dan wanita. Sehingga pohon pala ini diberi nama pohon Lanang Wadon yang artinya pohon yang melambangkan pria dan wanita.

Jika Candi Borobudur adalah wisata terpopuler di kawasan Jawa Tengah, Sangeh bisa disebut sebagai wisata alam terunik di Badung, Bali. Tak heran jika monkey forest ini menjadi salah satu destinasi wisata yang tak boleh terlewatkan saat Anda berkunjung ke Pulau Dewata. Agar liburan semakin menyenangkan, Anda bisa juga mengunjungi destinasi wisata di Bali lainnya dengan mencari referensinya di indonesia.travel. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.