Bunyi Hukum Kirchoff 1 dan Hukum Kirchoff 2

Tuesday, April 30th, 2019 - Fisika

Kamu sedang mencari informasi tentang rumus kirchoff ?, sebelum itu kamu harus mengenal terlebih dahulu sang ilmuwan penemu rumus tersebut. Ia bernama Gustav Robert Kirchhoff seorang fisikawan berkebangsaan Jerman yang kemudian menjadi peletak dasar teori rangkaian listrik, spektroskopi, dan emisi radiasi. Rumus yang ia temukan berhasil menyusun hukum rangkaian, yang bahkan hingga sekarang digunakan pada rekayasa listrik.

kirchoff

Selain itu, Ia juga memberikan pendapatnya untuk hukum radiasi termal pada tahun 1859, dan sukses membuktikannya pada 1861. Di Breslau, ia bekerjasama dalam studi spektroskopi dengan Robert Bunsen. Tak hanya itu, Gustav Kirchoff juga adalah penemu pendamping dari caesium dan rubidium pada saat meneliti kimia Matahari via spektrumnya.

Hukum kirchoff adalah salah satu hukum dalam ilmu Elektronika yang berfungsi untuk menganalisis arus dan tegangan dalam rangkaian.

Hukum Kirchoff 1

Suatu total arus listrik yang masuk melalui suatu titik percabangan dalam suatu rangkaian listrik memiliki besar yang sama dengan arus total yang keluar dari titik percabangan tersebut.

hukum-kirchoff-1-tentang-titik-percabangan

Hukum Kirchoff 2

Total Tegangan (beda potensial) pada suatu rangkaian tertutup adalah nol

Focus untuk hukum ini digunakan untuk menganalisis tegangan (beda potensial) komponen-komponen elektronika pada suatu rangkaian tertutup. Hukum Kirchhoff 2 ini juga dikenal dengan sebutan Hukum Tegangan Kirchhoff atau Kirchhoff’s Voltage Law (KVL).

Penemuannya tersebut terbukti sangat berguna bagi kehidupan umat manusia, dan masih sangat relevan hingga saat ini. Banyak rekayasa kelistrikan kemudian memanfaatkan hukum Kirchoff dalam pengaplikasiannya.

Bunyi Hukum Kirchoff 1 dan Hukum Kirchoff 2 | admin | 4.5