Macam-macam Energi dan Perubahannya

Thursday, October 31st, 2019 - Fisika

Energi dapat diartikan sebagai sesuatu yang bisa membuat sebuah benda mampu untuk melakukan usaha. Sumber energi yang adal di alam semesta ini sangatlah melimpah dan dapat dimanfaatkan untuk kehidupan makhluk di bumi. Matahari menjadi sumber energi yang paling besar yang dapat dikonversi menjadi beraneka ragam bentuk energi lainnya. Sesuai dengan hukum kekekalan energi yang menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, namun energi dapat diubah menjadi bentuk lain.

Energi memiliki bermacam-macam bentuk berdasar pada sumbernya. Aneka jenis energi dan perubahannya ini dimanfaatkan untuk berbagai macam hal yang mendukung aktivitas harian manusia. Berikut adalah beberapa bentuk energi beserta perubahan yang terjadi.

1.Energi listrik


Aliran listrik merupakan sumber dari energi listrik. Dalam kehidupan sehari-hari, sadar atau tidak, listrik adalah energi yang paling sering digunakan. Terlebih di zaman yang serba digital. Hampir seluruh peralatan yang ada saat ini menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Hal ini juga disebabkan oleh energi listrik yang dapat diubah menjadi berbagai macam energi lain. Listrik dapat dikonversi menjadi energi gerak, cahaya, panas, hingga suara. Contoh alat paling sederhana yang menjadikan listrik sebagai sumber energi adalah kipas angin. Perangkat ini mengubah listrik menjadi gerak yang membuat baling-balingnya bisa berputar. Ada pula televisi dan radio yang mengkonversi listrik menjadi suara dan cahaya.

2.Energi kimia
Seperti namanya, energi yang satu ini bersumber dari persenyawaan atau reaksi kimia yang memiliki bentuk ikatan antar satu atom dengan atom lain. Besar kecilnya energi yang dihasilkan tergantung pada proses serta reaksi kimia yang berlangsung. Sumber energi kimia yang paling sering ditemui ada pada baterai atau aki. Kedua alat ini akan mengubah energi kimia menjadi listrik yang kemudian dimanfaatkan untuk mengaktifkan aneka macam barang elektronik hingga kendaraan bermotor.

3.Energi panas
Sebagai salah satu sumber energi terbesar yang ada di bumi, energi panas juga menjadi sumber yang paling banyak dikonversi menjadi bentuk energi lainnya. Karena bersumber utama dari panas matahari, energi yang satu ini akan selalu tersedia sepanjang masa. Perubahan energi panas yang sudah cukup populer ada pada teknologi panel surya. Alat ini mengkonversi panas matahari menjadi energi lisrik yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kegiatan.

4.Energi mekanik
Sedikit berbeda dengan jenis energi sebelumnya yang bersumber dari alam, energi mekanik berasal dari gesekan antar dua benda. Energi mekanik sendiri memiliki dua bentuk yakni energi potensial dan energi kinetik. Perbedaan keduanya terletak pada unsur penyusunnya dimana jika pada energi potensial, energi ditentukan oleh massa benda dan gravitasi bumi. Sedangkan pada energi kinetik, energy yang dihasilkan ditentukan oleh massa benda dan kecepatan benda. Contoh paling sederhana ada pada dinamo sepeda. Energi potensial yang terdapat pada dinamo akan dikonversi menjadi energi listrik yang bisa menyalakan lampu sepeda.

Seperti yang telah disampaikan bahwa energi itu tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, namun bisa diubah menjadi bentuk lain, manusia kemudian memanfaatkan energi dan perubahannya untuk memudahkan setiap aktivitas dan kegiatan guna mendukung kelangsungan hidupnya.

Macam-macam Energi dan Perubahannya | admin | 4.5