7 Kuliner Lezat Asli Suku Dayak yang Wajib Dicoba

Setiap daerah di Indonesia memiliki berbagai jenis masakan khas yang kelezatannya tak perlu diragukan. Bahan-bahan unik dengan rempah-rempah yang begitu terasa membuat sajian tradisional daerah ini berbeda dengan makanan-makanan biasa pada umumnya. Suku Dayak menjadi salah satu suku yang mempunyai aneka kuliner khas yang unik dan menarik untuk dicoba. Kuliner secara tidak langsung juga dijadikan sebagai salah satu untuk mengenal Suku Dayak secara lebih dekat.

Berikut ini adalah kuliner-kulinet khas Suku Dayak yang siap menggoyang lidah siapapun yang mencicipinya.

1. Kue Lepet
Kue ini sangat sering disajikan dalam acara-acara adat daerah seperti misalnya pada peringatan pernikahan. Kue yang satu ini dibuat dengan bahan dasar kelapa parut dicampur dengan gula merah yang selanjutnya dibungkus menggunakan daun pisang dengan dilipat. Rasanya yang manis membuat jajanan ini cocok disajikan sebagai teman berbincang.

2. Juhu Singkah
Terbuat dari rotan muda, kuliner ini terasa lezat dengan paduan ikan Baung, terong asam, rempah-rempah khas hingga santan. Rasanya yang dominan gurih dan asam dengan sedikit sensasi rasa pahit membuat hidangan ini sangat pas disajikan bersama nasi hangat.

sayur dayak

3. Sayur Umbut Kelapa
Ketika menyantap sajian yang satu ini, dipastikan akan merasa terkejut karena bahan utam yang digunakan adalah bonggol atau umbut kelapa muda. Bonggol ini dimasak bersama dengan ikan atau daging. Makanan khas ini biasanya dijual di beberapa rumah makan hingga warung-warung.

4. Bangamat atau Paing
Kuliner yang satu ini bisa dibilang cukup ekstrem karena terbuat dari kelelawar. Kelelawar yang sudah dibersihkan lalu dicampur dengan jantung pisang atau terkadang sulur keladi dan bumbu rempah lainnya. Sangat cocok apabila disajikan dalam acara-acara keluarga hingga kegiatan kumpul bersama

5. Botok Daun Mengkudu
Jika biasanya botok dibuat dari petai cina dengan dibalut daun pisang, maka olahan khas Dayak yang satu ini tersaji dari daging ikan tongkol yang dibungkus menggunakan daun mengkudu. Rasanya dijamin lezat dan nikmat.

wadi ikan

6. Wadi Ikan
Olahan ikan yang satu ini sangat unik karena menggunakan bahan utama ikan Patin yng difermentasikan. Namun sebelum dihidangkan, Wadi ikan perlu dikukus atau digoreng terlebih dulu. Kuliner yang satu ini akan memberikan pengalaman bersantap yang berbeda dan yang pasti menyenangkan.

7. Keripik Kalakai
Sajian yang satu ini terbuat dari tanaman Kalakai. Tanaman yang satu ini dipercaya memiliki manfaat baik dari segi kesehatan maupun kecantikan. Tanaman ini juga dipercaya membuat seseorang tampak awet muda.

Keripik Kalakai sendiri terdiri dari campuran tanaman Kalakai dan tepung yang kemudian digoreng sampai renyah. Panganan khas ini cukup banyak difaboritkan sebgai buah tangan ketika berkunjung ke suku Dayak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *