3 Objek Wisata Alam di Ciamis yang Wajib Dikunjungi

Tuesday, April 2nd, 2019 - Traveling, Umum

Ketika pada tahun 2012 Pangandaran memisahkan diri dari Kabupaten Ciamis dan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB), Dispar Ciamis mulai membenahi beberapa objek wisata yang bisa mendatangkan pendapatan daerah. Walaupun kini tak lagi punya objek wisata pantai, namun beberapa wisata alam justru bermunculan menjadi salah satu daya tarik utama salah satu Kabupaten yang ada di Priangan Timur ini.
Ditunjang dengan peninggalan sejarah Kerajaan Galuh yang tersebar di berbagai wilayah di Kabupaten Ciamis, objek wisata yang ada mempunyai nilai tambah dan menarik banyak wisatawan untuk berkunjung.

Selain objek wisata yang sudah lama ada di Kabupaten Ciamis, seperti Situs Ciung Wanara, Karang Kamulyan, atau Curug Tujuh Cibolang di Panjalu, kini bermunculan wisata alam Ciamis yang menawarkan kesejukan dan tempat piknik yang asyik. Dihimpun dari berbagai sumber Berita Ciamis, berikut 3 objek wisata alam di Ciamis yang wajib dikunjungi para traveler:

1.Objek Wisata Alam Sungai Cireong
Wisata alam Sungai Cireong berada di Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Awal mulanya, aliran sungai yang airnya jernih dan bersumber dari pegunungan Gunung Sawal ini, hanya dijadikan tempat bermain anak-anak sekitar untuk berenang. Namun, kemudian banyak warga dari luar Desa Sukaresik yang berkunjung ke tempat tersebut. Melalui pembicaraan dari mulut ke mulut, Sungai Cireong akhirnya jadi tempat wisata baru di Ciamis.

wisata sungai cireong

wisata sungai cireong

Ketika pengunjung makin ramai, pemerintah desa setempat bersama warga kemudian mengubah aliran sungai yang cocok untuk berenang itu menjadi objek wisata. Sarana pendukung seperti pelampung, ban dan fasilitas lainnya kemudian disediakan oleh pihak pengelola. Tujuannya untuk memberi kenyamanan dan keselamatan pengunjung saat berenang. Objek wisata ini, kini dikelola secara profesional oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sukaresik.

Setelah resmi dibuka menjadi objek wisata baru di Ciamis, angka kunjungan wisatawan ke Sungai Cireong meningkat secara signifikan. Bahkan, pada hari libur panjang, bisa mencapai 500 sampai 1000 pengunjung dalam satu hari.

Di Objek Wisata Sungai Cireong juga terdapat beberapa warung yang menyediakan berbagai makanan dan minuman. Selain itu, ada juga warung wisata yang menyediakan berbagai oleh-oleh untuk para pengunjung.

Bukan itu saja, sejumlah pengunjung membawa berbagai bekal makanan untuk dimakan bersama. Mereka menyebutnya ‘botram’. Salah satunya adalah nasi liwet, jadi selesai berenang, mereka bisa makan nasi liwet sambil menikmati panorama alam yang sejuk dan asri.

2.Objek Wisata Alam Situ Gunung Ciamis
Objek wisata ini terbilang baru dibuka di Ciamis, yakni pada April tahun 2018 lalu, objek wisata alam yang satu ini berlokasi di Desa Tenggerharja, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis. Keindahan panorama alam, kesejukan alam dan segarnya udara alam pegunungan merupakan kelebihan yang ditawarkan di Objek Wisata Situ Gunung Ciamis.

Objek Wisata Alam di Ciamis yang Wajib Dikunjungi

Keterangan Foto:
Objek Wisata Alam Situ Gunung Ciamis. Foto: Istimewa

Di sini Anda bisa menikmati suasana danau dengan berbagai fasilitas yang disediakan, seperti food court, taman bunga, foto spot untuk berfoto, camping area, perahu cano dan berbagai fasilitas lainnya.

Anda yang hobi camping atau berkemah wajib datang ke objek wisata ini. Karena di area wisata Situ Gunung tersedia camping area atau camping ground. Apabila Anda keberatan membawa peralatan kemah, maka tak perlu khawatir. Karena pihak pengelola telah menyediakan alat-alat berkemah untuk disewakan pada para pengunjung. Tetapi, jika Anda tak terlalu suka berkemah, tak perlu khawatir karena di kawasan objek wisata Situ Gunung juga sudah ada penginapan.

3. Objek Wisata Alam Curug Salosin Ciamis

curug salosin ciamis

src: Gunawanmoch Blog

Objek wisata Alam Curug Salosin ini berada di kaki Gunung Sawal, tepatnya berada di Desa Sukahurip, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Curug sendiri merupakan bahasa Sunda untuk Air Terjun. Dinamai dengan Air Terjun Salosin karena ada 12 air terjun yang terdapat di kawasan objek wisata yang satu ini. Karena itu banyak masyarakat yang kemudian menjulukinya dengan Curug Salosin.
Satu hal yang unik di objek wisata ini adalah sumber mata air di Air Terjun yang berasal dari celah-celah bebatuan besar. Keunikan air yang keluar dari celah-celah batu ini tentu akan mengingatkan kita pada riwayat air zam-zam yang ada di Mekah. Air terjun seperti ini jarang Anda temui di tempat lain. Meski berada tepat di kaki Gunung Sawal, dan banyak juga air terjun di sekitar Gunung Sawal, namun hanya di Curug Salosin saja, sumber mata airnya berasal dari celah-celah batu besar yang ada di sana.

Selain itu, Curug Salosin yang juga berada di kawasan Gunung Bengkok ini memiliki sejarah kepurbakalaan. Ada cerita yang menyebutkan bahwa ada kawah purba yang lenyap karena proses alam di sekitar Curug Salosin ini. Jika Anda memperhatikan logo Kabupaten Ciamis, Anda akan menemukan gambar gunung di sana, gunung yang ada pada logo Kabupaten Ciamis ini merupakan Gunung Bengkok yang diabadikan gambarnya pada logo Kabupaten yang kental dengan sejarah Kerajaan Galuh.

3 Objek Wisata Alam di Ciamis yang Wajib Dikunjungi | admin | 4.5