3 Alasan Kenapa Kita Harus Menyiapkan Tabungan Pendidikan Anak

Saat teman-teman memutuskan untuk berkeluarga apakah sudah ada dalam pikiran teman-teman untuk merencanakan pendidikan anak nanti? Terlepas dengan cara menyiapkan tabungan pendidikan, ataupun asuransi pendidikan anak. Meski tidak semua pasangan memikirkan hal itu, tapi beruntunglah mereka calon anak-anak yang memiliki orang tua yang berpikiran jauh ke depan. Dan jika teman-teman termasuk ke dalam golongan orang tua yang sadar pendidikan maka bersiaplah untuk merencanakan strategi terbaik dalam mempersiapkan jalan mulus bagi pendidikan anak kamu kelak. Untuk itu, berikut ini beberapa alasan kenapa kita harus menyiapkan tabungan pendidikan dari sekarang.

Kondisi keuangan keluarga tidak selalu stabil.

Harus diingat oleh setiap orang tua, khususnya kepala keluarga yang menjadi poros penting bagi berjalannya roda perekonomian keluarga. Tapi tidak selamanya kita bisa mempertahankan kondisi keuangan keluarga. Ada kalanya hambatan datang dari luar yang membuat roda perekonomian keluarga tidak terpenuhi, dan ada kalanya juga hambatan datang dari dalam.

Jadi segala kemungkinan tetap bisa terjadi seiring waktu berjalan. Ada yang berubah menjadi lebih baik, ada pula yang kondisi keuangannya menurun di setiap tahunnya. PHK mendadak, wabah berkepanjangan, bencana alam, krisis global dan lain sebagainya. Untuk itulah bersiaplah untuk segala kemungkinan.

Mempersiapkan tabungan pendidikan atau bahkan asuransi pendidikan anak menjadi salah satu alternatif untuk menghadapi resiko semacam itu.

Biaya pendidikan selalu naik dari masa ke masa

Saat kita duduk di bangku SD untuk pertama kali, biaya hidup dan biaya pendidikan jelas nggak semahal hari ini. Meskipun beberapa tingkatan sekolah saat ini digratiskan namun nggak semua aspek kebutuhan dalam pendidikan ikut gratis pula. Contohnya buku, ongkos, dan kebutuhan lain-lain yang tetap harus dikeluarkan oleh para orang tua. Apalagi teknologi begitu cepat berlari di depan mata kita. Pendidikan juga harus mengejar ketertinggalan dari teknologi yang bergerak cepat, dan itu membutuhkan biaya yang nggak sedikit dan nyaris setiap tahun selalu naik.

Biaya pendidikan tidak hanya tentang biaya masuk sekolah

Masih senada dengan poin di atas. Biaya pendidikan nggak melulu tentang biaya masuk sekolah. Sekalipun biaya pendidikan sudah diringankan oleh pemerintah, namun belum semua kebutuhan akan biaya pendidikan terpenuhi. Lanjut lagi tentang biaya pendidikan di sekolah sekolah swasta. Biaya pendidikan menjadi sangat mahal bagi orang-orang yang nggak punya perencanaan. Meskipun ilmu bisa didapatkan di mana saja, tapi biaya pendidikan nggak bisa gratis di semua tempat. Menyiapkan tabungan pendidikan adalah salah satu solusi yang paling masuk akal.

Meskipun sebenarnya tidak baik bagi kita untuk menyerah terlalu dini perihal umur manusia. Namun mempersiapkan semua dengan matang juga bukanlah suatu kesalahan. Mulailah teman-teman untuk mempertimbangkan kapan harus mulai membuat tabungan pendidikan untuk masa depan cerah anak kita kelak. Ingat bahwa warisan terbaik bagi anak kita adalah ilmu yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *