Tips Pintar Cara memilih Mukena dan Merawatnya

Tips Pintar Cara memilih Mukena dan Merawatnya РSalah satu syaratnya syah solat adalah dengan menutup aurat, oleh karena itu seoarang wanita diwajibkan untuk mengenakan mukena ketika hendak solat. Mukena adalah alat solat perempuan yang dipakai setiap mengerjakan ibadah solat 5 waktu atau solat sunat lainnya. semakin berkembangnya jaman, bukan saja model baju yang mengalami perkembangan, tetapi alat solat pun tidak kalah perkembangannya apalagi jika sudah mendekati bulan suci ramadhan, berbagai model mukena diciptakan agar anda semakin bersemangat dalam menjalankan ibadahnya. Beberapa model ada yang bermotif bunga seperti mukena metina, rosanne callia pink, jasmine prayer set soft blue, muken lutfian, dan lain sebagainya. Ada juga model mukena  yang polos seperti mukena luthfia, preyar classic magenta, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun dari sekian banyaknya model mukena anda perlu memperhatikan dalam pemilihannya yang cocok di badan anda, selain itu anda juga harus pintar dalam merawatnya, berikut adalah tipsnya:

  1. Dalam pemilihan mukena, pilihlah mukena yang sekiranya nyaman, agar ibadah anda semakin khusu. Pilihlah mukena yang tidak transfaran, jika begitu alat solat anda dapat tembus pandang dikhawatirkan ibadah anda tidak akan syah.
  2. Jika memungkinkan pilihlah mukena yang tebal tetapi tetap berasa dingin.
  3. Sesuaikan dengan bentuk tubuh anda, terlebih bagi orang yang memiliki tubuh tinggi besar, pilih mukena yang ukurannya jumbo agar semua aurat anda dapat tertutupi dengan sempurna.

Jika anda sudah mendapatkan mukena yang sesuai dengan tips diatas, anda juga dituntut untuk bisa merawat mukena agar tidak mudah bau dan juga kotor. Caranya yaitu sebagai berikut.

  1. Cucilah mukena setiap seminggu sekali agar mukena yang anda pakai selalu tetap bersih. Jika mukena anda berwarna putih disarankan terlebih dahulu untuk merendamnya agar kotoran yang menempel mudah luntur.
  1. Setelah anda memakaianya sebaiknya jangan langsung dilipat, alangkah lebih baiknya digantung terlebih dahulu agar mukena kering dari basahnya air wudu.
  2. Jika mukena sudah dibawa bepergian sebaiknya jangan langsung dipakai lagi dirumah tetapi cucilah terlebih dahulu.

Memilih dan merawat mukena ternyata harus anda perhatikan. Beberapa mukena yang bisa anda pilih bisa anda dapatkan di hijup sebagai toko online yang banyak meyediakan berbagai keperluan fashion anda termasuk alat solat.[ps]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *