Tak Selamanya Menakutkan Inilah 6 Keuntungan dari Adanya Gunung Api

Saturday, September 14th, 2019 - Umum

Selama ini yang muncul dipikiran seseorang ketika mendengar gunung berapi mungkin adalah kesan menakutkan dan berbahaya. Namun sebenarnya tidak selalu demikian. Gunung berapi ternyata juga memberikan berbagai manfaat dan keuntungan bagi lingkungan dan masyarakat yang tinggal disekitarnya. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari adanya gunung api.

gunung api

1.Menyuburkan Tanah
Ketika erupsi, gunung berapi mengelurakan abu vulkanis yang banyak mengandung unsur hara. Kandungan ini sangat dibutuhkan oleh tumbuhan untuk tumbuh dan berkembang. Biasanya, setelah terjadi letusan, daerah di sekitar gunung berapi akan mudah ditumbuhi oleh aneka tanaman. Lahan yang subur juga bisa dimafaatkan untuk berbagai kegiatan pertanian.

2.Obyek Wisata
Panorama alam yang tersaji di kawasan gunung berapi nilai atraktif tersendiri, khususnya dalam hal pariwisata. Hamparan tundra hingga padang rumput menjadi pemandangan yang tak pernah absen di hampir setiap area gunung berapi. Saat ini, gunung berapi tak hanya sebagai wahana bagi pendaki, namun juga pecinta alam, bahkan traveler. Gunug berapi juga biasanya lebih kaya akan aneka tumbuhan dan satwa yang semkain menambah daya tariknya.

3.Pembangkit Listrik
Kawasan gunung berapi yang relatif panas juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi untuk pembangkit listrik. Listrik yang dihasilkan nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar maupun lembaga terkait

4.Lahan Tambang Baru
Selain abu vulkanis, gunung berapi juga mengelurakan aneka material berupa pasir, kerikil, hingga batu-batu besar. Material ini dapat digunakan sebagai bahan bangunan. Melimpahnya bahan-bahan ini pasca erupsi membuat kegiatan pertambangan batu dan pasir di kawasan gunung berapi semakin meningkat. Hal ini juga berdampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar.

gunung mata air

5.Penyimpan Air yang Baik
Gunung berapi merupakan salah satu tempat reservoir air yang sangat baik. Rimbunnya hutan dengan kenekaragaman yang sangat tinggi membuat air bisa ditampung dengan baik. Kesuburan tanah pun dapat selalu terjaga. Saat musim kemarau, hutan di gunung berapi juga tetap mampu menghasilkan mata air yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

6.Sumber Air Panas
Di beberapa gunung api, terdapat sumber air panas atau yang biasa disebut geyser. Mata air yang bersuhu hangat cenderung panas ini biasanya dimanfaatkan sebagai wahana pemandian. Kandungan belerang atau sulfur yang ada di dalam mata air bermanfaat salah satunya untuk membersihkan kulit.

Tak Selamanya Menakutkan Inilah 6 Keuntungan dari Adanya Gunung Api | admin | 4.5