Mengenal Dekspanthenol, Komponen Vitamin yang Bagus Buat Kulit

manfaat Dexpanthenol

Ketika memiliki bayi, orang tua jadi belajar hal-hal baru yang sebelumnya tidak terpikirkan. Salah satunya adalah mempelajari berbagai produk perawatan kulit bayi yang bagus dan aman untuk kulitnya. Salah satu komponen yang sering digunakan dalam produk-produk tersebut adalah dekspanthenol. Lebih umum disebut sebagai vitamin B5, dekspanthenol masih merupakan anggota keluarga vitamin B kompleks yang larut air namun tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Itulah mengapa, jika ingin mendapatkan manfaat dari dekspanthenol, maka setiap harinya buah hati perlu menggunakan produk dengan kandungan tersebut misalnya krim ruam popok.

Pertanyaannya adalah mengapa krim ruam popok mengandung dekspanthenol? Dan bagaimana cara menggunakannya supaya si Kecil bisa mendapatkan manfaat vitamin ini secara maksimal? Temukan jawabannya di bawah ini:

  • Mempercepat penyembuhan luka

Iritasi kulit seperti ruam popok menimbulkan kemerahan dan sensasi panas pada kulit. Meskipun memang bisa sembuh dengan sendirinya, namun bila terjadi dalam waktu lama kemerahan tersebut dapat berlanjut ke luka lecet yang terasa perih dan pastinya mengganggu kenyamanan buah hati. Dekspanthenol atau vitamin B5 memiliki fungsi untuk merangsang produksi kolagen yang dibutuhkan kulit untuk proses regenerasi sel yang rusak. Dengan proses pembaruan sel kulit yang cepat secara otomatis luka lecet dapat segera menutup dan sembuh sehingga perih tidak lagi dirasakan. Pembentukan kolagen ini tidak berhenti begitu saja saat luka sembuh, namun terus berlanjut yang membuat kulit bayi jadi lembut dan kenyal kembali setelah ruam terjadi.

  • Melembabkan kulit
Baca Juga  Kenali Bedanya Gejala Haid yang Normal dan Tidak Normal Berikut Ini!

Kulit yang kering merupakan salah satu efek dari iritasi kulit, baik itu ruam popok maupun jenis lainnya. saat kulit tidak terhidrasi dengan baik, ruam akan semakin parah, terasa gatal bahkan mengelupas. Selain merangsang kolagen, dekspanthenol juga memiliki sifat humectant atau menyerap air ke dalam sel kulit dan menguncinya sehingga kulit dapat terhidrasi dengan lebih baik. Hidrasi dari dalam ini menjadikan permukaan kulit terasa lembab dan lembut. Itu juga yang menjadi alasan mengapa dekspanthenol juga banyak digunakan pada produk skincare orang dewasa, terutama yang bermasalah dengan kulit kering.

  • Menguatkan skin barrier

Skin barrier adalah lapisan terluar kulit yang kuat, dan berfungsi melindungi lapisan kulit yang lebih dalam dari segala bentuk gangguan seperti iritasi maupun gesekan berlebihan. Saat skin barrier dalam kondisi terbaiknya atau begitu kuat, kemungkinan terjadinya iritasi dapat ditekan. Inilah yang dilakukan juga oleh dekspanthenol. Sambil memaksimalkan penyerapan air dan pembentukan kolagen, dekspanthenol membuat lapisan kulit terluar lebih solid dan ulet sehingga kuat menghadang tantangan dari lingkungan luar.

Baca Juga  Tips Memilih Minyak Telon yang Bagus untuk Bayi

Cara Penggunaan Dekspanthenol

salep bayi

Secara umum, dekspanthenol atau vitamin B5 memiliki manfaat besar bagi kulit. Manfaat tersebut bisa dirasakan jika vitamin tersebut digunakan dengan cara diminum ataupun dengan pemakaian luar. Jika dikonsumsi dalam bentuk obat oral, dekspanthenol bekerja dengan cara membantu pembentukan sel darah merah dan hormone steroid yang mendukung distribusi nutrisi sehingga kulit lebih sehat. Namun, karena berhubungan dengan metabolisme tubuh maka efeknya terhadap kulit tidak bisa langsung dilihat dengan cepat.

Untuk mendapatkan manfaat dalam waktu singkat, dekspanthenol dapat digunakan dalam bentuk krim atau salep kulit yang dioleskan tipis-tipis pada area kulit yang diinginkan, misalnya di pangkal paha, pantat atau area kelamin buah hati yang mengalami ruam. Salep juga bisa diaplikasikan pada permukaan puting yang lecet. Gunakan secara teratur sesuai dengan petunjuk pemakaian supaya manfaat dekspanthenol dapat dirasakan dengan maksimal.

  1. Rose Wilson, Vitamin B5, Medicalnewstoday, 24 April 2017. Diakses pada 21 April 2022 dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/219601
  2. Dendy Engelman, Panthenol for Sin, Byrdie, 17 Oktober 2021. Diakses pada 21 April 2022 dari https://www.byrdie.com/panthenol-for-skin-the-complete-guide-4770218
Baca Juga  Sinopsis Episode PR Dari Bu Guru Diva The Series, Bisa Nonton di Vidio  

Leave a Reply

Your email address will not be published.