Inilah Keuntungan dan Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Bangun Kolam Ikan di Rumah

keuntungan kolam ikan di rumah

Sebuah kolam kecil adalah pilihan yang bagus untuk menambah estetika dari sebuah rumah. Keberadaanya juga dapat menjadi tempat favorit untuk melepaskan penat setelah lelah beraktifitas. Menikmati pemandangannya, mendengarkan suara air, dan mengamati keberadaan ikan-ikan yang berenang bisa begitu menenangkan. Area kolam akan menjadi sudut khusus untuk menikmati kedamaian.

Keuntungan membangun kolam ikan di Rumah

Menurut Fengshui

Menurut prinsip feng shui, bagian taman ini bisa dikaitkan dengan kekayaan dan kemakmuran, jadi memiliki taman dengan tambahan kolam ikan akan menjadi pilihan yang sempurna! Kolam ikan, membantu menarik energi positif dari alam ke dalam ruangan. Tidak hanya memberi pemandangan yang tenang, tetapi juga menghadirkan keseimbangan dan keharmonisan yang alami dari keberadaan air.

Pastikan untuk menyertakan banyak batu atau fitur yang melengkung karena elemen ini membantu meningkatkan perasaan damai di area tersebut. Kita juga dapat memilih tanaman pelengkap di area ini seperti bambu atau alang-alang yang menambah daya tarik dimensional dan menarik lebih banyak energi bermanfaat. Elemen feng shui seperti air, batu, dan tanaman dapat membawa energi positif ke dalam rumah.

Semua hal ini bersama-sama membantu menciptakan lingkungan yang menenangkan dan menginspirasi yang pada akhirnya bisa meningkatkan sikap positif Kita terhadap kehidupan.Dan membantu Kita mencapai kesuksesan baik di rumah maupun di luar rumah.

persiapan bikin kolam ikan di rumah

Meningkatkan nilai properti

Memasang kolam ikan adalah cara terbaik untuk meningkatkan nilai rumah. Banyak orang mungkin tidak menyadarinya, namun memasang kolam ikan bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan nilai rumah mereka. Dari sudut pandang keuangan, memasukkan kolam ikan ke dalam property dapat memberi Kita nilai plus ketika ingin menjualnya di masa depan. Kolam ikan dipandang sebagai fitur yang menarik bagi calon pembeli dan dapat meningkatkan harga keseluruhan rumah.

Baca Juga  Mau Membeli Modem GSM ?, Ini 4 Hal Yang Wajib Dipertimbangkan

Menyediakan Area Favorit

Selain itu kolam ikan juga menyediakan ruang yang sempurna untuk aktivitas luar ruangan yang damai. Keluarga dapat menggunakan area kolam untuk berkumpul dan pesta, piknik di tepi kolam, atau sekadar menikmati waktu di luar ruangan.

desain kolam ikan minimalis

Hal yang Harus diperhatikan saat Membangun Kolam Ikan di Rumah

1. Membuat Rencana dan Mendesain Kolam

Setiap konstruksi perlu dibarengi dengan rencana bagaimana segala sesuatunya akan dilaksanakan. Perencanaan yang baik akan menjaga kelancaran selama pembangunan. Cari beragam referensi kolam ikan yang sekiranya bagus. Tetapi yang kita perlu diperhatikan adalah ukuran dan bentuk kolam harus disesuaikan agar cocok dengan ruang yang tersedia.

2. Sediakan Material Yang Memadai

Salah satu kesalahan yang dilakukan orang ketika membangun kolam ikan adalah kegagalan memeriksa apakah mereka memiliki cukup persediaan semua bahan yang diperlukan untuk pembangunan. Untuk itu Kita dapat meminta saran dari tukang profesional untuk memahami bahan apa saja yang dibutuhkan. Yang tidak kalah pentingnya adalah siapkan pelapis anti bocor untuk kolam ikan memastikan kolam tidak retak dan bocor.

Baca Juga  Serupa Tapi Tak Sama, Ini Nih 9 Perbedaan Butter dan Mentega

3. Biaya Total

Kita harus mempersiapkan biaya yang dibutuhkan agar pembangunan berjalan lancar. Perhitungkan kebutuhan beberapa bahan material, berbagai jenis peralatan, dekorasi juga tenaga kerja terampil yang perlu dipertimbangkan.

Oleh karena itu, Kita perlu memiliki perkiraan yang jelas mengenai total biaya konstruksi. Dengan melakukan ini, akan memastikan Kita tidak mengalami kekurangan finansial selama proses pembangunan kolam.

4 Instalasi Sistem Air

Pelapis anti bocor untuk kolam ikan

Salah satu pertanyaan terpenting yang harus diperhatikan sebelum kegiatan pembangunan kolam dimulai adalah bagaimana sistem airnya. Sistem pengairan yang dipilih harus memiliki sistem yang baik, sehingga memudahkan pengendalian sirkulasi air masuk dan keluar kolam.

Selain itu pastikan menggunakan pelapis anti bocor untuk kolam ikan agar kolam tidak bocor dan air tidak terus berkurang. Dengan sistem air yang baik akan menjaga tingkat air yang dibutuhkan di kolam juga akan memudahkan dalam menjaga kebersihan kolam.

5. Sistem Filtrasi Kolam

Untuk memelihara ikan di kolam, penting untuk menentukan sistem penyaringan mana yang terbaik untuk dipasang. Perlu diingat, limbah ikan dan tumbuhan air mati akan menghasilkan amonia, zat kimia beracun yang berbahaya bagi penghuni kolam. Kita dapat menggunakan filter untuk mengurangi efek bahan kimia tersebut. Ini dapat mengubah nitrit berbahaya menjadi nitrat yang tidak berbahaya sehingga menjaga penghuni kolam.

Baca Juga  Panduan Memberikan MPASI pada Sang Buah Hati

6. Keamanan Kolam

Memiliki kolam di rumah bisa menghadirkan resiko keamanan bagi penghuni rumah. Oleh karena itu pahami semua peraturan dasar terkait pembuatan kolam. Lengkapi dengan pengaman agar tidak ada yang tergelincir, pastikan semua instalasi kelistrikan terbungkus rapi.

desain kolam ikan

Kesimpulan

Kolam ikan adalah pilihan yang bagus untuk rumah mana pun dan dapat membawa banyak perubahan positif. Kolam dipercaya membawa keberuntungan dan keberuntungan. Sebetulnya kolam ikan tidak harus berada di halaman depan atau belakang Rumah. Kita juga bisa membangunnya di dalam rumah, di samping ruang makan dengan atap terbuka. Atau bisa juga di samping rumah di samping jendela kamar tidur, sehingga saat bangun pagi, Kita bisa langsung disuguhi dengan ikan peliharaan Kita. Ukuran kolam ikan juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan, kolam minimalis untuk rumah mungil kini banyak diaplikasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *