13 Cara Merawat Komputer dan Laptop agar Tidak Mudah Rusak

Thursday, November 10th, 2016 - Umum

13 Cara Merawat Komputer dan Laptop agar Tidak Mudah Rusak – Pernahkah Anda mengalami masalah pada saat menggunakan komputer atau laptop? Jika masalah ini sering, maka hal ini menandakan bahwa komputer atau laptop Anda membutuhkan perawatan khusus. Merawat komputer sebenarnya tidak hanya dilakukan ketika komputer atau laptop mengalami masalah saja, dimana seharusnya sejak awal membeli komputer dan laptop harus dirawat dengan baik dan benar.

Merawat komputer dan laptop harus dilakukan jika Anda ingin komputer dan laptop Anda tidak mudah rusak. Perawatan yang dilakukan adalah dengan merawat harddisk serta software yang ada didalamnya. Cara penggunaan yang baik dan benar pada komputer dan laptop juga termasuk dalam cara merawat komputer agar tidak mudah rusak. Untuk lebih jelasnya, akan diberikan penjelasan mengenai cara-cara dalam merawat laptop dan komputer.

membeli-komputer

Cara Merawat Komputer Yang Benar Agar Tahan Lama

Untuk merawat komputer agar tahan lama, sebaiknya ikuti cara-cara berikut ini:

  1. CPU harus rutin dibersihkan. Agar komputer tidak mudah rusak, maka Anda harus membersihkan CPU secara rutin. Kebanyakan pengguna komputer sangat jarang membersihkan CPU yang dibersihkan hanya bagian luarnya saja. Padahal CPU sangat perlu dibersihkan, minimal lakukan pembersihan CPU 6 bulan sekali. Adapun cara membersihkan CPU komputer ini adalah dengan membersihkannya dari debu dan kotoran yang ada didalamnya. Anda juga perlu membersihkan RAM dalam CPU dengan menggunakan setip.
  2. Matikan internet pada saat hujan lebat. Agar komputer dapat awet dan tidak mudah rusak, maka Anda perlu untuk mematikan internet pada saat hujan lebat. Pada waktu hujan lebat penggunaan internet pada komputer sangat berisiko besar. Hal ini dikarenakan internet dapat memicu sambaran petir. Jika Anda memaksakan diri untuk menggunakan internet pada saat hujan lebat, maka dikhawatirkan komputer bisa tersambar petir.
  3. Matikan komputer dengan urut dan benar. Cara merawat komputer dengan baik dan benar yang selanjutnya adalah dengan mematikan komputer sesuai dengan urutannya yang benar. Adapun untuk mematikan komputer tidak menggunakan tombol power pada CPU ataupun pada monitor, melainkan dengan menggunakan shut down. Jika Anda sudah selesai menggunakan komputer maka segera lakukan shut down, kemudian tunggu sampai layar mati. Setelah itu, baru matikan monitor dan cabut semua sambungan listrik pada komputer.
  4. Selalu aktifkan restore pada komputer. Menu restore pada komputer juga sangat berpengaruh terhadap komputer. Agar komputer tidak mudah rusak, maka sebaiknya aktifkan menu restore ini. Untuk mengaktifkannya bisa langsung masuk pada menu properties. Cara menuju menu properties yaitu klik kanan pada desktop kemudian pilih properties. Pada icon sistem restore, maka berilah tanda centang.
  5. Selalu cek pendingin dan ventilasi pada komputer. Pendingin dan ventilasi pada komputer merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga keawetan dari komputer. Selalu cek pendingin dan ventilasi secara berkala, hindarkan dua komponen ini dari debu dan kotoran. Bersihkanlah ventilasi dan pendingin komputer secara berkala minimal 1 bulan sekali. Dengan pendingin dan ventilasi yang bagus, maka komputer tidak akan cepat rusak.
  6. Hapus program yang tidak dipakai. Cara merawat komputer dengan baik juga harus dilakukan dengan cara memantau program yang digunakan. Jika program dalam komputer sudah tidak digunakan, maka sebaiknya uninstall program tersebut. Komputer yang terlalu banyak menggunakan program akan memberatkan kerja CPU sehingga komputer tidak akan bisa bertahan lama. Selain itu, installah program aplikasi sesuai kebutuhan dan kemampuan komputer.
  7. Jika perlu gunakanlah kabel ground. Kabel ground merupakan kabel yang ditanam pada tanah yang sebelumnya sudah ditempel pada CPU. Penggunaan kabel ground ini perlu dilakukan jika pada casing CPU terasa sengatan listrik yang cukup kuat. Dengan cara ini sengatan listrik tidak akan mengganggu dan membuat komputer menjadi lebih awet dan tahan lama.

Cara Merawat Laptop Yang Benar Agar Tidak Cepat Rusak

Sedangkan untuk laptop, maka perawatan yang harus dilakukan diantaranya yaitu:

  1. Selalu gunakan laptop pada alas yang datar. Agar laptop menjadi awet dan tidak mudah rusak, maka yang perlu dilakukan adalah selalu menggunakan laptop diatas tempat yang datar. Hindari untuk menggunakan laptop diatas kasur, hal ini dikarenakan sistem pembuangan panas pada laptop akan maksimal jika digunakan diatas tempat yang datar. Penggunaan laptop diatas tempat yang tidak datar seperti kasur bisa membuat mother Board cepat rusak.
  2. Hindari melepas baterai pada saat digunakan. Kebanyakan pengguna laptop berpikiran bahwa melepaskan baterai pada laptop pada saat digunakan dan lebih memilih menggunakan daya listrik akan menghemat baterai. Hal ini sangatlah salah, penggunaan laptop tanpa baterai atau langsung dengan listrik ini sangat berbahaya dan bisa membuat laptop menjadi cepat rusak. Hal ini dikarenakan jika sewaktu-waktu listrik turun, maka laptop akan mati secara paksa. Laptop yang sering dimatikan paksa akan membuat laptop cepat rusak.
  3. Selalu bersihkan debu. Merawat komputer dan laptop yang benar agar tidak mudah rusak yang paling penting adalah selalu rutin membersihkan debu yang menempel pada laptop. Cara membersihkan komputer atau laptop dari debu ini cukup dilakukan dengan cara mengelapnya dengan kain bersih dan kering. Selain itu, Anda bisa menggunakan kuas kecil untuk membersihkan debu pada keyboard laptop dan komputer.
  4. Jangan gunakan di ruang bersuhu panas. Merawat komputer dan laptop yang benar yaitu dengan selalu menggunakan laptop atau komputer didalam suhu ruangan yang tidak terlalu panas. Hindari menggunakan laptop dibawah sinar matahari secara langsung, hal ini dikarenakan bisa merusak komponen yang ada didalam laptop. Oleh sebab itu, selalu gunakan laptop didalam ruangan yang agak dingin.
  5. Hindarkan dari magnet. Cara merawat komputer dan laptop yang paling utama adalah hindarkan laptop dan komputer dari magnet. Medan magnet yang terbentuk antara magnet dan komputer sangat besar dan dapat mempengaruhi kinerja dari komputer atau laptop. Oleh karena itu, jika ingin laptop Anda awet maka hindari benda bermagnet didekat laptop atau komputer.
  6. Jangan biarkan baterai laptop kosong. Membiarkan baterai laptop sampai kosong merupakan salah satu kebiasaan yang dapat merusak laptop. Hal ini dikarenakan baterai laptop yang kosong akan mudah rusak dan membuat laptop mati secara paksa. Oleh karena itu, lakukan pengisian daya minimal setelah baterai kurang dari 20%. Melakukan pengisian daya terlalu lama juga bisa membuat laptop menjadi cepat rusak.

Dengan perawatan yang baik dan benar, maka Anda bisa membuat komputer dan laptop Anda berumur panjang. Sebenarnya cara merawat komputer dan laptop ini sudah ada dalam buku panduan pada saat membelinya. Namun sayangnya banyak orang yang tidak membacanya, padahal dengan perawatan yang baik dan benar bisa membuat komputer dan laptop mempunyai usia pakai yang relatif lama. Untuk membeli laptop dan komputer yang bagus serta dapat bertahan lama maka jangan lupa untuk membelinya di bhinneka.com.[ps]

13 Cara Merawat Komputer dan Laptop agar Tidak Mudah Rusak | admin | 4.5