Kenapa Pohon Berguna Mengurangi Polusi ? Ini Jawabannya

Saturday, April 20th, 2019 - Biologi

Bagaimana cara tumbuhan untuk memenuhi makanannya ?, Berbeda dengan makhluk hidup seperti hewan dan manusia yang dapat berpindah dalam memenuhi makanannya maka tumbuhan melakukan hal yang disebut Fotosintesis untuk memperoleh asupan yang bergizi. Proses Fotosintesis ini biasanya dilakukan oleh tumbuhan hijau, alga dan bahkan ada jenis bakteri yang bisa melakukannya. Untuk bisa berfotosintesis harus ada zat klorofil atau biasa disebut juga dengan zat hijau daun.

Selama proses fotosintesis bukan hanya tumbuhan yang mendapatkan keuntungan tetapi juga makhluk hidup lain seperti manusia dan hewan dapat merasakan dampak positifnya. Kenapa bisa demikian ?, hal ini dikarenakan produk sampingan dari fotosintesis adalah “oksigen” yang tentunya angat berguna unuk kehidupan.

proses fotosintesis

Untuk bisa melakukan fotosintesis tumbuhan membutuhkan : air(H20), karbon dioksida(C02), cahaya dan tentunya Klorofil. Tahap pertama tumbuhan akan mencari Karbon Dioksida yang diambil dari stomata (mulut daun) pada daun di udara bebas dan Air yang diambil melalui akar. Lalu dengan bantuan cahaya matahari akan dirubah menjadi bentuk energi oleh Klorofil. Pada bagian Klorofil ini terdapat  organel yang disebut Kloroplas. Walau seluruh tubuh tumbuhan hijau memiliki Kloroplas, tapi sebagian besar energi yang dihasilkan berada di daun.

Daun menjadi bagian penting pada rangkaian proses fotosintesis karena pada daun terdapat lapisan sel yang bisa kita sebut dengan Mesofil, mesofil ini mengandung 500.000 Kloroplas/mm2. Cahaya yang ada akan melewati lapisan epidermis tanpa warna atau transparan, kemudian diteruskan menuju Mesofil (mesofil ini menjadi tempat terjadinya sebagian besar proses Fotosintesis).

Secara umum hasil akhir dari fotosintesi tumbuhan adalah glukosa/gula yang diperlukan sebagai makanannya sementara oksigen akan dilepaskan ke udara luas yang kemudian sangat berharga bagi makhluk hidup lainnya. Berikut ini adalah persamaan reaksi fotosintesis.

proses fotosintesis 2

6H2O + 6CO2 + cahaya → C6H12O6 + 6O2

Keterangan :

  • H2O = air
  • CO2 = karbondioksida
  • C6H12O6 = gula/glukosa
  • O2 = oksigen

Kenapa Pohon Dibutuhkan Untuk Mengurangi Polusi.

Kita tentu mendengar betapa pentingnya pohon dalam menjaga keseimbangan alam, lalu juga efektif dalam mengurangi polusi. Mengapa demikian ? , hal ini disebabkan karena selain air, tumbuhan juga memerlukan karbondioksida atau CO2 untuk melakukan proses fotosintesisnya. Karbondioksida merupakan komponen fotosintesis yang sangat penting dan utama. Tumbuhan bisa mendapatkan karbondioksida dari udara bebas melalui stomata, termasuk dari hasil sisa respirasi oleh manusia dan hewan.

Semakin banyak karbondioksida yang digunakan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis tentu saja akan sangat efektif dalam mengurangi polusi yang terjadi saat ini. Selain mengurangi Karbon Dioksida, proses fotosintesis juga menghasilkan oksigen yang membuat udara menjadi semakin bersih dan segar. Untuk itulah dibutuhkan banyak pohon agar udara disekitar kita tetap sehat.

Kenapa Pohon Berguna Mengurangi Polusi ? Ini Jawabannya | admin | 4.5