Ini dia Cara Menghilangkan Bau Sepatu dengan Mudah dan Cepat

Thursday, September 26th, 2019 - Biologi

Ketika beraktifitas seharian, apalagi di cuaca panas seperti sekarang ini, seringkali kita berkeringat berlebihan. Bahkan pada bagian kaki yang kemudian menimbulkan bau tidak sedap saat membuka sepatu. Jika sudah begini, rasanya sangat sungkan untuk membukanya karena bau yang ditimbulkan pasti akan membuat tidak nyaman siapapun yang berada di dekat kita. Keringat yang bercampur dengan bakteri akan melekat dan berkembang terutama pada keadaan lembab. Bakteri inilah yang kemudian menyebabkan bau yang semakin kuat ketika tidak dibersihkan dengan segera.

Cara menghilangkan bau sepatu yang paling sederhana bisa kita lakukan diantaranya adalah, ketika istirahat siang kita bisa mencuci kaki, tetapi kemudian jangan terburu – buru untuk memakai sepatu jika kaki masih terasa basah. Atau ketika sampai di rumah setelah beraktifitas, kita bisa angin-anginkan sepatu agar ada sirkulasi udara yang masuk. Longgarkan tali sepatu dan biarkan lebih terbuka supaya bagian dalam sepatu dapat udara segar.

teh sepatu bau

Selain itu, pakailah kaus kaki dari bahan yang mampu menyerap keringat dengan baik, gantilah secara berkala agar tidak ada kesempatan bagi bakteri untuk berkembang. Dan tentunya sepatu harus dicuci secara rutin setiap habis digunakan, minimal di hari week end kita mencucinya dan setelah itu keringkan dengan baik. Pastikan sepatu kering sempurna sebelum dipakai kembali.

Lalu bagaimana jika sepatu yang kita miliki baunya sudah terlanjur tidak sedap dan susah sekali untuk dihilangkan ?, tentunya akan sangat disayangkan apalagi jika kondisi sepatu tersebut masih bagus. Nah beberapa tips dibawah ini bisa kamu coba untuk mengusir bau tidak sedap dari sepatu.

1. Gunakan Kulit Jeruk

Wangi jeruk selain segar, juga ternyata ampuh dalam mengusir bau dari dalam sepatu. Caranya cukup mudah, kita hanya perlu menaruh potongan kulit jeruk di dalam sepatu dan biarkan semalaman. Sifat anti bakterinya efektif dalam menyingkirkan bakteri yang menyebabkan bau dan menggantinya dengan aroma jeruk yang jauh lebih menyegarkan.

2. Bubuk Kopi dan Teh

Kopi dan teh telah lama dikenal mampu menyingkirkan aroma tidak sedap, untuk itu kita bisa menaruh bubuk kopi pada kantung kain dan kemudian dimasukan ke dalam sepatu. Atau kita juga bisa memakai teh celup kering, dan biarkan beberapa waktu untuk menyerap aroma tidak sedap tersebut, sebelum kemudian dijemur lagi agar memastikan tidak ada bakteri yang tersisa.

3. Masukan Sepatu kedalam Freezer

cara menghilangkan bau sepatu

Cara ini mungkin agak ekstrim untuk dilakukan, tapi dipercaya sangat efektif dalam mengenyahkan bakteri penyebab bau. Packing sepatu dengan baik dan tertutup, misal kita bisa membungkusnya dengan plastik. Jika ada makanan di dalam freezer, keluarkanlah karena akan sangat aneh rasanya jika alas kaki masuk bersama makanan didalamnya. Biarkan sepatu membeku semalaman, cara ini dikatakan dapat membuat bakteri mati dan bau tidak sedap pun dapat hilang dengan segera.

Jika memungkinkan, kita sebaiknya memiliki lebih dari 2 pasang sepatu agar kita bisa berganti saat sepatu lainnya sedang dicuci. Biarkan sepatu beristirahat dan udara segar dapat menetralisir bau yang ditimbulkan dari pemakaian. Nah itulah beberapa cara menghilangkan bau sepatu yang sangat mudah untuk dilakukan. Selamat mencoba.

Ini dia Cara Menghilangkan Bau Sepatu dengan Mudah dan Cepat | admin | 4.5