5 Fakta Unik Kutub Utara yang Harus Kamu Ketahui

Bumi memiliki dua kutub yang terletak di kedua ujungnya. Dinamai seperti lokasinya di bumi, kutub yang berada di sisi utara disebut dengan Kutub Utara, begitu juga sebaliknya. Kedua kutub ini selalu diselimuti es sepanjang tahun. Setiap kutub memiliki karakter dan ciri masing-masing yang membedakan keduanya. Kutub Selatan, misalnya, yang memiliki pinguin sebagai satwa endemiknya. Sedangkan Kutub Utara menjadi tempat tinggal alami bagi beruang kutub. Selain beruang kutub, Kutub Utara ternyata masih memiliki karakteristik dan keunikan lain yang menarik untuk diketahui, seperti berikut ini.

1.Bukan Milik Negara Manapun
Kutub Utara pada dasarnya merupakan lautan yang tertutupi oleh lapisan es. Terletak di kawasan Laut Artik, Kutub Utara bukanlah milik negara manapun. Namun area lautan yang mengelilingi Kutub Utara masih menjadi perdebatan antara negara-negara di sekelilingnya yakni Amerika Serikat, Kanada, Rusia, Norwegia, serta Denmark.

kutub utara

2.Super Dingin Tapi Bukan yang Terdingin
Sama halnya dengan di belahan bumi lain, suhu di Kutub Utara cukup bervariasi bergantung waktu dalam satu tahun. Dikelilingi dengan es, bukan hal yang mengherankan jika kawasan kutub menjadi daerah dengan suhu yang sangat dingin. Temperatur di Kutub Utara sendiri di musim panas di tempat tercatat sebesar 32 derajat Fahrenheit atau 0 derajat Celcius. Sedangkan di musim dingin, suhunya bisa mencapai -40 derajat Fahrenheit. Namun ternyata, suhu ini bukanlah yang paling rendah di bumi. Kutub Selatan masih menjadi juara suhu terdingin dengan rata-rata -76 derajat Fahrenheit.

3.Pencahayaan Matahari yang Unik
Cahaya matahari ternyata tidak selalu terlihat di kawasan Kutub Utara ini. Ketika musim panas, matahari berada di atas horizon Kutub Utara dan memberikan penyinaran maksimal selama 24 jam lamanya. Atau dengan kata lain tidak ada isitlah malam hari. Sementara ketika musim dingin, matahari berada di bawah horizon, sehingga keadaan akan selalu gelap karena tak ada cahaya matahari. Bahakan dalam satu tahun, Kutub Utara hanya mengalami satu kali peristiwa matahari terbit dan terbenam yang terjadi bertepatan dengan ekuinoks.

4.Memiliki Kehidupan
Meski suhunya sangat dingin dan berada di ujung dunia. Kutub Utara memiliki suku asli yang bernama suku Inuit yang tinggal di daerah Kanada utara dan Alaska. Hewan-hewan liar seperti beruang kutub, rubah kutub Arktik, paus Orca, hingga rusa Svalbard menjadi satwa asli penghuni Kutub Utara.

5.Terdapat Pemandian Air Panas
Pemandian air panas di kawasan Kutub Utara nyata adanya. Chena Hot Springs yang berlokasi sekitar satu jam dari Fairbanks, Alaska, menyediakan sumber panas bumi alami. Air panas ini muncul dari sebuah danau batu. Menjadi suguhan yang tak ada duanya di dunia. Ditambah lagi dengan panorama Aurora Borealis yang semakin melengkapi kenikmatan mandi air panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *