5 Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris Untuk Pendidikanmu

Sunday, April 12th, 2020 - Traveling

Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris – Ada banyak orang yang memutuskan untuk belajar bahasa Inggris bersama lembaga bimbingan khusus. Namun, sebenarnya cara efektif belajar bahasa Inggris sudah dapat dengan mudah kita lakukan secara mandiri di rumah.

5 Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris di Rumah

Untuk belajar bahasa Inggris secara cepat, maka kita harus menggunakan beberapa cara efektif belajar bahasa Inggris tanpa guru. Berikut ini adalah beberapa cara belajar bahasa Inggris secara mandiri yang bisa kamu lakukan.

bahasa inggris cepat

1. Memilih Bidang Yang Spesifik

Pada tujuan akhir, kita memang akan belajar bahasa Inggris mengenai semua bidang. Namun, untuk mendapatkan progres yang cepat, akan lebih baik apabila kita belajar bahasa Inggris berdasarkan bidang tertentu terlebih dahulu.

Misalnya, untuk seseorang yang belajar bahasa Inggris demi melamar pekerjaan di negara luar yang membutuhkan sertifikat IELTS maka Kamu perlu mengikuti kursus IELTS Jakarta

akan lebih efektif apabila mempelajari bahasa Inggris dalam bidang bisnis terlebih dahulu.

Untuk seseorang yang belajar bahasa Inggris dengan tujuan percakapan biasa, maka dapat memilih bidang yang digemari. Misalnya, seseorang yang menyukai dunia olahraga dapat memilih belajar bahasa Inggris melalui topik-topik sport.

Belajar bahasa Inggris berdasarkan bidang-bidang yang lebih spesifik akan membuat kita menjadi lebih mudah mengingat. Apalagi, jika bidang tersebut merupakan bidang-bidang yang kita gemari dalam kehidupan sehari-hari

2. Menyadari Penggunaan Grammar Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Banyak orang tidak menyadari bahwa bahasa Inggris yang digunakan adalah bahasa Indonesia yang diartikan ke dalam bahasa Inggris. Padahal, secara makna hal itu keliru. Bukan hanya satuan bahasanya yang kita terjemahkan, tetapi juga maknanya.

Misalnya, untuk menyebut frasa “buku biru” dalam bahasa Inggris tidak dapat dengan frasa “book blue” melainkan harus pada aturan frasa “blue book”. Aturan semacam ini akan terbawa pada satuan bahasa yang lebih tinggi.

Misalnya, pada kalimat “I have no time” tidak bisa diartikan sebagai “saya memiliki tidak waktu”, melainkan “saya tidak memiliki waktu”.

3. Lebih Baik Sering Mendengarkan Ketimbang Menghapal

Menghapal adalah usaha yang sulit hampir bagi semua orang. Bahkan, ada banyak lembaga kursus yang menggunakan formula belajar bahasa Inggris mudah menghapal sebagai persuasi. Namun, sampai sekarang belum ada yang terbukti.

Menghapal sebenarnya bisa kita ganti dengan kebiasaan mendengarkan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Ketika mendengarkan, secara tidak langsung kita akan menghapal kata-kata dan bahkan pelafalan sebuah kata. Bedanya, hal itu tidak akan terasa berat dan membebani.

Apabila kamu tidak berada pada lingkungan yang sering menggunakan bahasa Inggris, maka cara efektif belajar bahasa Inggris ini dapat dilakukan dengan mengatur playlist musik dengan lagu-lagu berbahasa Inggris atau podcast berbahasa Inggris.

belajar bahasa inggris

4. Jangan Mengingat dalam Hati Saja

Ketika kita mendapat pelajaran baru mengenai bahasa Inggris, maka biasakan untuk mengucapkannya sesering mungkin. Hal itu akan membuat mental kita terbangun dan belajar bahasa Inggris menjadi lebih mudah dirasakan.

Nantinya kita juga tidak akan berusaha lebih berat ketika belajar speaking. Jika kamu bingung dengan cara pengucapannya, maka bisa menirukan tokoh yang pernah mengatakan itu. Misalnya, kamu dapat meniru gaya dan pelafalan yang dilakukan oleh tokoh Harmonie dalam film Harry Potter.

5. Menggunakan Bahasa Inggris Sejak Berpikir

Secara teoritis, bahasa terjadi dengan siklus: munculnya stimulus, pengolahan konsep di dalam otak, lalu pengucapan atau pemroduksian oleh alat ucap. Pengolahan konsep di dalam otak adalah hal yang sangat penting.

Ketika belajar bahasa Inggris, kita harus memikirkan konsep di dalam kepala menggunakan bahasa Inggris. Hal itu akan membuat kita menjadi lebih cepat dalam menanggapi stimulus bahasa dari luar diri kita.

Misalnya, apabila kita melihat kendaraan beroda empat dan bergagang setir melingkar, maka yang masuk ke dalam otak kita tidaklah perlu “mobil”. Perlahan-lahan, biasakan bahwa benda yang dimaksud tersebut sebagai “car” oleh pikiran kita.

Meskipun cara efektif belajar bahasa Inggris ini memerlukan perbendaharaan kata atau vocabulary yang cukup, namun sebenarnya merupakan fenomena alami yang kerap terjadi di dalam lingkungan masyarakat.

Anak sekolah dasar yang terbiasa menggunakan bahasa Jawa dan berpikir konsep menggunakan bahasa Jawa, tentu akan mengucapkan nama “pitek” ketika diberi gambaran mengenai hewan berkaki dua dan berkokok.

Seseorang yang terbiasa menggunakan konsep pikiran bahasa Indonesia, maka akan mengucapkan nama “ayam”. Sementara seseorang yang terbiasa menggunakan bahasa Inggris dalam konsep pikirannya, maka akan menjawab “rooster”.

Itulah tadi beberapa cara efektif belajar bahasa Inggris secara mandiri di rumah. Selain menggunakan cara-cara gitu, jangan lupa untuk memilih buku materi yang tepat dan telah teruji.

5 Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris Untuk Pendidikanmu | admin | 4.5