Tips Untuk Mencapai Tinggi Badan Ideal Bagi Remaja

cara menghitung tinggi badan ideal

Masa remaja adalah waktu terbaik untuk melatih tubuh agar menjadi bugar dan tinggi. Walaupun Gen memiliki pengaruh penting dalam menentukan tinggi badan anak. Namun, itu bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi ketinggian. Faktor eksternal seperti jenis makanan yang mereka makan dan olahraga juga berperan penting dalam menentukan tinggi badan anak.

Berikut adalah tips yang dapat membantu untuk meningkatkan tinggi badan pada remaja. Ini adalah perpaduan antara olahraga dan beberapa perubahan gaya hidup. Jadi, jika kamu seorang remaja yang ingin menambah tinggi badan, ayo baca lebih lanjut.

Tips Untuk Mencapai Tinggi Badan Ideal Bagi Remaja

1. Sarapan Sehat

Sarapan sehat dapat membantu menambah tinggi badan bagi remaja. Bagaimanapun apa yang kita makan adalah apa yang akan tubuh dapatkan. Sarapan sehat sangat direkomendasikan sebagai bagian dari gaya hidup yang tepat. Melewatkan sarapan dapat menyebabkan masalah lambung dan meningkatkan kandungan asam di perut sehingga bisa menyebabkan lapisannya terkikis. Sarapan yang sehat meningkatkan metabolisme dan membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik. Ini pada akhirnya dapat membantu dalam menambah tinggi badan pada remaja.

2. Nutrisi yang Tepat.

nutrisi untuk tumbuh tinggi

Nutrisi yang tepat menentukan pola pertumbuhan tubuh dan juga menentukan pertambahan tinggi badan. Malnutrisi menyebabkan pertumbuhan terhambat dan anak-anak ini gagal mencapai tinggi badan mereka yang sebenarnya pada saat mereka mencapai pubertas. Oleh karena itu, asupan nutrisi yang tepat sangat diperlukan untuk kecukupan gizi. Makanan harus kaya akan seng, mangan, dan fosfor yang membantu pertumbuhan. Selain itu, makanan kaya protein juga membantu menambah tinggi badan dan pertumbuhan karena protein adalah bahan pembangun tubuh.

Baca Juga  2 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membersihkan Wajah

3. Tidur dan Istirahat yang Cukup.

Pola tidur yang tepat dapat menentukan pertumbuhan tubuh. Ini karena ketika kita tidur, tubuh meregenerasi jaringannya untuk pertumbuhan dan perbaikan. Oleh karena itu, istirahat sangat penting. Waktu yang tepat harus ditetapkan untuk istirahat karena sangat penting untuk hormon pertumbuhan manusia yang akan dihasilkan dalam tubuh. Penting untuk mendapatkan delapan hingga sepuluh jam tidur setiap hari. Sekresi hormon yang tepat dibantu oleh istirahat dan waktu tidur yang tepat; karenanya, tidur yang cukup membantu dalam mencapai tinggi dan pertumbuhan .

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan ideal dapat membantu menambah tinggi badan bagi remaja. Obesitas telah diketahui bisa menyebabkan pertumbuhan terhambat. Untuk menambah tinggi badan, sangat penting untuk menjaga berat badan ideal.

Cara menghitung berat badan ideal bisa dengan menggunakan rumus BMI (Body Mass Index). Rumusnya sendiri tidaklah sulit yakni, berat badan dibagi dengan tinggi badan dalam meter kuadrat. Dan hasilnya nanti bisa dilihat di pedoman apakah termasuk kurang, ideal atau obesitas. Sebagai contoh saya yang tingginya 166 memiliki berat 66 kilogram berarti hasilnya adalah 24, ini masih termasuk ideal.

Baca Juga  Manfaat Teh Hijau Tiens untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Tinggi badan ideal di Indonesia adalah 168 cm untuk laki-laki dan 159 cm untuk perempuan. Tapi tentunya lebih mudah untuk mengatur berat badan daripada tinggi badan, menjaga hasil ideal diantara keduanya bisa dengan menerapkan gaya hidup sehat.

rumus bmi

5. Minum Banyak Air

Minum banyak air dapat membantu menambah tinggi badan untuk remaja. Ini adalah salah satu tips menambah tinggi badan paling sederhana, Air akan mendetoksifikasi tubuh dan membersihkannya. Ini membantu dalam penyerapan nutrisi yang membantu dalam penambahan tinggi badan.

6. Biasakan Postur yang Baik

Mempraktikkan postur tubuh yang baik dapat membantu menambah tinggi badan bagi remaja. Postur tubuh yang baik membantu menyelaraskan struktur tubuh sehingga tumbuh lebih tinggi. Hindari duduk membungkuk yang bisa membuat struktur tulang terganggu.

7. Olahraga

Tinggi badan bisa bertambah jika rutin melakukan olahraga seperti berenang, basket, yoga dan skipping. Berenang diketahui bisa melatih otot dan tulang belakang juga membantu membentuk postur tubuh yang baik. Dengan berenang secara rutin maka tubuh dilatih untuk bergerak dan berkontraksi secara konstan sehingga bisa membantu untuk menambah tinggi dengan cepat.

Baca Juga  Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tidak Terserang TBC

Lalu apakah suplemen penambah tinggi badan itu bermanfaat? Sayangnya jika usia sudah melewati masa pertumbuhan maka suplemen ini tidak akan memberikan manfaat untuk meninggikan badan. Tetapi walau begitu suplemen ini masih berguna untuk menjaga kesehatan tulang karena adanya kandungan protein dan kalsiumnya.

Jadi jika saat ini kamu masih dalam usia pertumbuhan, maka jangan malas untuk terus bergerak dan menjaga pola makan yang sehat. Olahraga yang teratur serta istirahat yang cukup akan membantu untuk menjaga kebugaran dan juga membentuk tubuh yang ideal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.