Tips Agar Pidato Singkat Kita Menarik dan Tidak Membosankan

contoh pidato singkat bahasa indonesia
contoh pidato singkat bahasa indonesia
source: unsplash

Menyusun pidato pendek akan sangat menantang, ini karena dalam keterbatasan waktu kita harus bisa menyampaikan materi dengan baik. Jika kita membawakannya dengan tidak tepat maka kita bisa kehilangan perhatian audiens dan bahkan fokus kita sendiri. Manajemen waktu dan materi sangatlah penting, jika melebihi waktu bicara yang disediakan ini akan menunjukkan bahwa kita kurang melakukan persiapan atau kurang memahami materi.

Sebuah pidato singkat yang sukses harus dapat membuat dampak yang positif ke audiens. Dan ini perlu persiapan yang memadai sehingga kita dapat menunjukkan kompetensi dan profesionalisme dalam menyampaikan pidato dengan singkat padat dan jelas.

Persiapan untuk pidato singkat

Pelajari contoh pidato yang memiliki tema yang sama

Contoh pidato singkat bahasa indonesia saat ini bisa dengan mudah kita temui di internet. Kita bisa mempelajarinya untuk menyusun naskah pidato sendiri. Kita bisa melihat struktur kalimat seperti apakah yang efisien. Ini karena pada pidato singkat kita harus memadatkan informasi menjadi hanya poin yang paling penting saja.

Baca Juga  Ponsel Xiaomi HP Keren di Tahun 2017

Tentukan Tujuan Pidato

Tentukanlah tujuan pidato dan pertimbangkan konteksnya, apakah itu untuk berbagi informasi, memberikan arahan, atau himbauan. Selain itu kita juga harus melakukan riset pada topik yang akan disampaikan. Dengan waktu yang terbatas, kita harus mampu menerangkan semua argumen yang diperlukan untuk mendukung poin utama.

Pertimbangkan audiens

Pertimbangkan apa yang akan menarik minat pendengar sehingga mereka bisa menyerap informasi dari pidato singkat tersebut. Strategi ini dapat bervariasi berdasarkan jenis audiens yang akan kita hadapi. Misalnya, cara kita berbicara kepada teman sekelas tentu akan berbeda dengan cara kita berbicara kepada forum yang lebih umum.

Improvisasi

Pidato singkat bisa menjadi kesempatan yang baik untuk kita melakukan improvisasi yang lebih bebas dalam menyampaikan materi. Membaca naskah akan membuat kita terlihat kaku dan kurang berinteraksi dengan audiens, selain tentunya juga menunjukan bahwa kita tidak memiliki persiapan yang matang. Untuk itu, cobalah untuk berimprovisasi secara langsung. Namun untuk bisa melakukannya dengan lancar tentu tidak ada jalan lain selain harus latihan dengan sungguh-sungguh.

Baca Juga  3 Objek Wisata Alam di Ciamis yang Wajib Dikunjungi

Akhiri dengan Hebat

Sama pentingnya dengan bagaimana kita memulai dan menyusun pidato, maka mengakhirinya juga merupakan momen penting yang tidak boleh diabaikan. Kita perlu kalimat yang pas untuk bisa sampai pada premis yang di ingikan. Sebuah pidato singkat juga bisa diakhiri dengan pertanyaan yang menggugah pikiran sehingga membuat audiens juga ikut tergugah untuk ikut berfikir dalam tema pidato yang disampaikan.

Terus latihan

Latihan akan membuat penampilan kita semakin sempurna. Ketika kita yakin dengan materi yang disusun maka tugas selanjutnya adalah membawakannya dengan hebat. Untuk itu, rajinlah berlatih di depan orang lain, dengan demikian kita bisa mendapatkan saran dan kritik yang bermanfaat. Minta mereka untuk menilai unsur-unsur berikut dari pidato yang kita sampaikan:

  • Nada
  • Kecepatan bicara
  • Kejelasan
  • Bahasa tubuh
  • Kebiasaan yang mengganggu seperti mengatakan “um”

Nah itulah beberapa tips yang akan sangat berguna agar pidato singkat kamu berkesan dan sukes di hadapan audiens. Yang terpenting dari semuanya, teruslah berlatih dan lakukan evaluasi dari kritik dan saran yang diberikan oleh orang-orang. Goodluck, Jangan Menyerah.

Baca Juga  Manfaat Bermain bagi Perkembangan Kecerdasan Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published.