Perkembangan dan Sejarah Musik Jazz di Indonesia

Sunday, April 14th, 2019 - Sejarah

Siapa yang mentonton Java Jazz 2019 bulan kemarin ?, mungkin akan banyak orang yang menunjuk tangan ketika ditanya seperti itu. Wajar saja karena acara musik Jazz ini memang selalu ramai oleh pengunjung pada setiap tahun penyelenggaraannya. Ini menjadi bukti bahwa musik jazz memang telah banyak diterima oleh berbagai kalangan, terutama kaum muda tanah air. Ini tidak lepas dari evolusi yang terjadi pada musik Jazz dari masa ke masa yang membuat musik ini menjadi punya tempat di hati banyak orang. Kondisi ini jauh berbeda ketika Jazz baru pertama kali muncul di Tanah air, yang dicap sebagai musik yang susah untuk dinikmati dan hanya cocok bagi kalangan atas saja.

sejarah musik jazz indonesia

Menurut sejarah, musik Jazz ini mulai diperkenalkan di Indonesia sejak zaman kolonial Belanda, pada tahun 1919 The American Jazz Band menjadi band jazz pertama yang datang ke Batavia. Lalu sekitar tahun 1930-an para musisi yang berasal dari Filipina datang memainkan Jazz dengan ritme latin menggunakan beberapa alat musik tiup seperti saksofon, dan terompet. Mereka melakukan pertunjukan di hotel-hotel di Batavia jaman dahulu. Baru kemudian pada pertengahan tahun 1950an muncul musisi Jazz asli orang Indonesia dan membentuk grup bernama jazz riders.

contoh musik jazz

Musik jazz pernah memasuki masa keemasan pada tahun 1980-1990an, pada masa ini banyak musisi jazz tanah air yang meniti puncak popularitasnya. Sebut saja Ireng Maulana Elfa Secoria dan Benny Likumahuwa di era 80an, lalu dilanjutkan oleh Fariz RM, Indra Lesmana, Donny Suhendra, Dwiki Darmawan, dan Gilang Ramadhan yang meghadirkan musik jazz yang lebih fresh yang mengkolaborasikannya dengan aliran rock dan fusi.

Contoh musik Jazz di Indonesia sendiri saat ini ada Tompi, Maliq & D`essentials, Andien, Petra Sihombing dan juga Tulus. Bahkan beberapa lagu dari Raisa juga merupakan lagu jazz seperti “Could it Be, Bye-bye“. Melihat hal ini, bisa dipastikan musik Jazz masih akan terus berkembang lagi kedepannya di Indonesia. Apalagi beragam festival jazz digelar di banyak kota, sehingga akan memuaskan dahaga para penikmat musik Jazz.

Tags:

siapakah yang pertama kali mencantumkan musik jazz
Perkembangan dan Sejarah Musik Jazz di Indonesia | admin | 4.5