Menyeruapai Hewan, Inilah 7 Tumbuhan dengan Bentuk Tak Biasa

Monday, March 2nd, 2020 - Animalia

Tumbuhan merupakan sumber makanan utama bagi banyak makhluk hidup lain. Keberadaannya di alam sangatlah penting. Guna mempertahankan kelangsungan hidupnya, tumbuhan memiliki mekanisme pertahanan tersendiri, mulai dari regulasi gerak pada tumbuhan, pengaturan fotosintesis, hingga bentuk serta warnanya. Namun siapa sangka jika ternyata bentuk dari beberapa jenis tumbuhan justru terlihat unik bagi manusia. Berikut ini adalah tumbuh-tumbuhan dengan bentuk atau tampilan menarik dan tak biasa.

1.Bunga Bangkai
Termasuk dalam suku Araceae atau talas-talasan, Bunga Bangkai merupakan salah satu jenis tumbuhan endemik yang ada di Pulau Sumatera. Ukurannya sangat besar dan menyerupai lingga yang dikelilingi oleh semacam seludang. Merupakan jenis bunga berumah tunggal, di mana bunga betina akan masak terlebih dahulu, baru diikuti oleh bunga jantan. Baunya yang menyengat membuat bunga ini dinamakan Bunga Bangkai.

2.Rafflessia
Mirip dengan Bunga Bangkai, Rflesia juga memiliki bau yang khas. Bunga yang Rafflesia memiliki bentuk yang melebar dan bersifat endoparasit. Indonesia sendiri saat ini telah menjadi tempat berkembang bagi 17 spesies Rafflesia.

3.Pohon Darah Naga
Pohon ini pertama kali diidentifikasi pada tahun 1882 oleh ilmuwan Isaac Bayley Balfour. Ditemukan di kepulauan Socotra di Yamana dan merupakan tumbuhan endemik di sana. Pohon ini berbentuk seperti payung berdahan banyak dan lebar. Dijuluki sebagai pohon darah naga karena getah yang keluar dari batangnya berwarna merah. Masyarakat lokal sebelumnya memanfaatkan getah ini sebagai pewarna alami.

4.Angrek Bermuka Monyet
Anggrek yang satu ini merupakan salah satu spesies anggrek yang sangat unik, karena jika diamati, bunganya memiliki bentuk yang menyerupai wajah monyet. Dengan nama ilmiah Dracula simia, tumbuhan berbunga yang satu ini juga dianggap mirip dengan tokoh drakula yang memiliki taring. Anggrek bermuka monyet ini biasanya tumbuh di kawasan hutan di Peru hingga Ekuador pada ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut.

5.Bunga Bibir
Bunga dengan bentuk unik yang satu ini bisa ditemukan di kawasan hutan hujan tropis Amerika Tengah dan Selatan seperti Kolombia, Kosta Rika, Panama hingga Ekuador. Memiliki nama ilmiah Psychotria elata, Tumbuhan ini sangat menarik karena bunganya yang berbentuk seperti bibir manusia berwarna merah. Warna bunga ini salah satunya sangat berguna untuk menarik perhatian serangga penyerbuk hingga burung kolibri untuk membantu pembuahannya.

6.Bunga Darth Vader
Penikmat film Star Wras pasti tidak asing dengan nama Darth Vader. Salah satu karakter penting dalam film tersebut memang memiliki bentuk tubuh dan topeng yang khas. Tanaman Aristolochia salvadorensis yang berasal dari Brasil ini tak disangka memiliki rupa yang mirip dengan topeng Darth Vader yang cukup menyeramkan. Tanaman ini juga sering ditemukan di padang rumput yang lembap hingga yang biasa terendam banjir.

7.Victoria amazonica
Termasuk dalam keluarga Nymphaeaceae atau lili air, tumbuhan ini memiliki ciri khas berupa daun yang sangat lebar, bahkan diameternya bisa mencapai 3 meter. Hal yang tak kalah menarik, daun yang mengambang di permukaan air ini juga mampu menahan beban hingga 50 kg. Tumbuhan air ini banyak ditemukan di cekungan Sungai Amazon, Amerika Selatan.

Menyeruapai Hewan, Inilah 7 Tumbuhan dengan Bentuk Tak Biasa | admin | 4.5