Fakta Menarik Hewan Kungkang atau Sloth Mamalia Termalas di Dunia

kungkang

Satu hal yang begitu identik dengan hewan ini adalah dia sangat lambat. Tapi tahukah kamu, bahwa walaupun mereka lambat, tidak berarti mereka memiliki hidup yang membosankan. Faktanya, sloth adalah salah satu dari hewan ekstrim yang ada di planet ini.

Alasan Kenapa Kungkang atau Sloth bergerak sangat Lambat

Sloth benar-benar sangat lambat, kecepatan bergerak mereka hanyalah 0,25 kilometer per jam, dan dengan demikian membuat mereka menjadi hewan mamalia paling lambat di planet ini. Menurut ahli zoologi, alasan kenapa kungkang bergerak lambat adalah karena ia tidak bisa benar-benar melihat. Sekitar 60 juta tahun lalu, mereka kehilangan kemampuan untuk melihat dan hampir buta sama sekali.

Jadi, di siang hari, sebenarnya sloth tidak bisa melihat apapun karena terlalu terang. Hal ini menjadi masuk akal, bayangkan saja ketika kamu kehilangan penglihatan dan tidak bisa melihat kemana kita akan pergi, maka tentu saja kita tidak bisa bergerak cepat karena ada resiko jatuh dari pohon. Bergerak perlahan menjadi seperti sebuah kewajiban, terutama jika kita hampir buta,.

Baca Juga  Inilah Ciri ciri Kontraksi Saat Akan Melahirkan

Bergerak lamban tidak serta merta menjadi kekurangan, tetapi juga sebenarnya memiliki beberapa manfaat. yang pertama mereka dapat menyimpan energinya dengan efektif. Faktanya, sloth menggunakan sekitar 90% lebih sedikit energi dari rata-rata mamalia. Untuk mengimbanginya, mereka melakukan diet dengan hanya memakan camilan berenergi rendah yang terdiri dari daun-daunan.

Dan ternyata, bergerak lambat juga membantu sloth menghindari deteksi predator. Karena kungkang merupakan mangsa empuk bagi predator seperti jaguar dan elang, maka dengan nyaris tidak bergerak sepanjang hari, predator tidak akan bisa menemukannya.

Cara lain yang dipakai sloth untuk menghindari predator juga berkat konfigurasi tulang belakang di lehernya, yang memungkinkan kungkang memutar kepalanya 270 derajat. Hal ini memungkinkannya mencium predator hampir dari semua arah. Itu akan berguna saat dia menghabiskan hampir sepanjang waktu dengan tidak bergerak di pohon.

Fakta Kungkang atau Sloth

Faktanya, sloth tidur, sobat, dan bahkan melahirkan dalam posisi sambil menggantung terbalik di cabang pohon. Dan, itu membutuhkan adaptasi yang ekstrim. Mereka memiliki otot tendon spesial di tangan mereka, sehingga bisa terkunci pada tempatnya. Dan,ditambah dengan kuku panjangnya yang seperti kait, membuat mereka dapat menggantung dengan mudah.

Baca Juga  Tips Mengatasi Nafsu Makan Berkurang Pada Ayam Bangkok Aduan

Untuk mencegah aliran darah ke kepala, yang biasanya terjadi saat kita menggantung terbalik. Mereka memiliki jenis katup khusus di peredaran darah yang membentuk sistem agar menghentikan pengumpulan darah di kepala.

Buang Air Besar Seminggu Sekali dengan Mempertaruhkan Nyawa

Saat mengetahui fakta ini kamu mungkin akan bilang bahwa Ini benar-benar esktrim, karena sekali seminggu, sloth akan mempertaruhkan nyawa mereka dalam perjalanan yang berani dari menggantung di pohon menuju ke tanah. Misi mereka? Untuk buang air besar.

Dan itu benar-benar berisiko, karena menurut peneliti, ada 60% kematian yang terjadi saat mereka buang air besar. Mereka benar-benar mempertaruhkan hidup mereka hanya untuk turun ke tanah. Dan itu masih belum cukup karena, saat melakukannya, kungkang bisa kehilangan 30% berat badannya.

Namun berita baiknya adalah, mereka mungkin akan mendapatkan jodoh dari aktifitas ini. Bagaimana cara menemukannya pasangan jika hampir sepanjang waktu sendirian dan kamu tidak bisa bergerak terlalu jauh? Yah, mereka harus menggunakan feromon dan penanda aroma. Saat mereka turun, ia akan menyisakan sedikit aroma di bawah pohon favorit sebagai semacam papan penunjuk jalan kecil.

Baca Juga  Pengertian Animalia, Ciri – Ciri Kingdom Animalia, dan Sistem Organ Kingdom Animalia

Fakta Bulu kungkang

Bulu kungkang yang kasar memiliki ekosistemnya sendiri. Karena mereka tinggal di hutan hujan sehingga bulu mereka sering basah itu bisa menciptakan kesempurnaan lingkungan untuk pertumbuhan alga dan memberi sloth kamuflase warna hijau.

Tapi bukan hanya lumut yang memanfaatkan bulu kungkang sebagai rumah. Kita juga bisa menemukan kumbang, kecoak, dan spesies ngengat yang tidak ditemukan di tempat lain kecuali pada kemalasan se ekor sloth. Dan bagi kungkang, ia sama sekali tidak keberatan sedikit pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *