Cek Skor Kredit dan Kategori Resikonya

Cek Skor Kredit

Tertarik untuk mencari tahu berapa skor kredit Anda? Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang cek skor kredit perorangan. Tapi sebelum memeriksa skor kredit pribadi, pastikan untuk memahami dulu syarat skor kredit yang bagus, sedang, dan rendah.

Berbagai skor kredit dikelompokkan berdasarkan besarannya. Skor yang lebih tinggi merupakan skor yang lebih baik dan sebaiknya dipertahankan atau ditingkatkan. Karena skor yang tinggi akan masuk ke kategori resiko rendah. Sebagai hasilnya, limit pinjaman yang diberikan akan lebih besar.

Kategori Skor Kredit yang Baik

Seperti disinggung sebelumnya, ada beberapa kategori penilaian kredit berdasarkan skor kredit. Lima kategori tersebut adalah sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Penentuan kategori didasarkan pada tinggi rendahnya resiko. Berikut ini keterangan lengkapnya.

1.Resiko sangat tinggi
Kategori yang pertama adalah resiko sangat tinggi. Calon peminjam akan otomatis masuk ke kategori resiko sangat tinggi apabila skor kredit yang dimilikinya berada di angka 250 sampai 573. Biasanya, calon peminjam dengan skor yang sangat rendah ini akan sangat kesulitan untuk meminjam dana.

Baca Juga  D.E.S.E: Aplikasi Belajar Online yang Andal dan Berkualitas

2.Resiko tinggi
Meskipun skor kredit sudah meningkat, selama skor tersebut masih berada di angka 574 sampai 640, skor kredit tersebut masih termasuk kategori resiko tinggi. Periksa skor kredit Anda secara online dan pastikan skor kredit tidak berada di rentang angka tersebut.

3.Resiko sedang
Kategori resiko sedang merupakan kategori ketiga. Calon peminjam yang akan masuk ke kategori yang ketiga ini adalah yang skor kreditnya ada di antara 641 sampai 676. Pemberi pinjaman biasanya akan sangat berhati-hati saat akan memberikan kredit kepada debitur yang masuk dalam kategori ini.

4.Resiko rendah
Kemudian kategori berikutnya adalah resiko rendah. Jika skor kredit seseorang ada di antara 677 sampai 712, maka orang tersebut akan masuk ke kategori resiko rendah dan akan lebih mudah mengajukan pinjaman dana dibandingkan dengan debitur di kategori sebelumnya.

5.Resiko sangat rendah
Yang terakhir adalah resiko sangat rendah dengan skor kredit yang sangat tinggi yaitu di angka 713 hingga 900. Gunakan KTP Anda untuk mengecek apakah skor kredit Anda masuk ke kategori yang terakhir ini. Pemberi pinjaman akan dengan senang hati memberikan kredit pada debitur kategori ini.

Baca Juga  Prulink NextGen, Asuransi Jiwa yang Sangat Penting dalam Mengatasi Risiko Finansial

Bisa disimpulkan bahwa semakin tinggi skor kreditnya berarti semakin rendah resikonya. Dengan resiko yang sangat rendah, maka para pemberi pinjaman akan lebih mempercayai debitur. Tingkatkan terus skor kredit dengan membayar pinjaman tepat pada waktunya atau segera melunasi pinjaman.

Pastikan untuk cek skor kredit setiap saat untuk selalu mengetahui skor kredit terkini. Perbaiki skor kredit sesegera mungkin agar bisa masuk ke kategori resiko sangat rendah. Dengan begitu, semua pemberi pinjaman akan berlomba membantu Anda mendapatkan dana untuk memenuhi kebutuhan.